• Start Your Day With Personal Story

    5 Manfaat Madu Dalam Keseharian Kita


    Gambar diambil dari sini.

    Semua orang pasti tahu madu kan. Meskipun sudah tahu, Wikipedia memperjelas sebagai berikut:

    Madu adalah cairan yang menyerupai sirup, madu lebih kental dan berasa manis, dihasilkan oleh lebah dan serangga lainnya dari nektar bunga. Jika Tawon madu sudah berada dalam sarang nektar dikeluarkan dari kantung madu yang terdapat pada abdomen dan dikunyah dikerjakan bersama tawon lain, jika nektar sudah halus ditempatkan pada sel, jika sel sudah penuh akan ditutup dan terjadi fermentasi.

    Rasa manis madu disebabkan oleh unsur monosakarida fruktosa dan glukosa, dan memiliki rasa manis yang hampir sama dengan gula.

    Madu memiliki ciri-ciri kimia yang menarik, dioleskan jika dipakai untuk pemanggangan. Madu memiliki rasa yang berbeda daripada gula dan pemanis lainnya. Kebanyakan mikroorganisme tidak bisa berkembang di dalam madu karena rendahnya aktivitas air yang hanya 0.6.

    Sejarah penggunaan madu oleh manusia sudah cukup panjang. Dari dulu manusia menggunakan madu untuk makanan dan minuman sebagai pemanis atau perasa. Aroma madu bergantung pada sumber nektar yang diambil lebah.

    Jadi ingat lagu: maduuuu orangnya manis semanis maduuuu. Si penghasil madu, yaitu lebah, juga manis karena warnanya kuning-hitam. Beda sama Tawon. Kalau nonton filem Mr. Holmes pasti tahu bedanya.

    Baca Juga:

    Madu punya banyak manfaat dan kali ini saya merangkum lima manfaat mandu dalam keseharian kita. Mari kita cek satu-satu ...

    1. Obat Sakit Maag

    Bersama bawang putih seperti yang sudah saya ulas di pos yang ini, madu dapat menyembuhkan sakit maag. Caranya: siapkan madu setengah botol sedang, kupas bawang putih tunggal lalu digeprek dan dimasukan ke botol madu tadi. Banyaknya bawang: sampai botol madu tadi penuh (madu + bawang putih). Diminum satu sendok setiap pagi sebelum makan saat perut masih kosong, siang, dan malam. Apabila saat menuang madu ada bawang putih yang ikutan nyungsep di sendok, sekalian saja dimakan.

    2. Menurunkan Kadar Gula dalam Darah

    Meskipun Wikipedia menulis madu dapat menyembuhkan luka penderita diabetes dan menyembuhkan diabetes, tapi saya menulis: menurunkan kadar gula dalam darah. Karena diabetes tidak dapat 100 persen sembuh tanpa upaya lain dari si penderita (diet teratur dan rajin olahraga). Apabila gula tebu diganti madu maka akan sangat menolong para penderita diabetes karena manisnya dari madu berupa fruktosa yang masuk ke dalam tubuh akan langsung diubah menjadi energi tanpa perlu insulin untuk mengubahnya.

    3. Mengurangi Batuk

    Mamatua paling sering minum madu apalagi jika sedang batuk. Setelah mencari-cari, akhirnya ketemu juga tentang dekstrometorfan (DM) yang terkandung di dalam madu. Wikipedia mengatakan bahwa Dekstrometorfan (DXM atau DM) adalah obat dari kelas morphinan dengan sedatif, disosiatif, dan stimulan (pada dosis tinggi). Untuk batuk jangka panjang dan juga batuk yang mengeluarkan dahak tidak dianjurkan untuk menggunakan obat ini. 

    4. Berkhasiat Untuk Kulit

    Terutama kulit wajah, paling bagus dimasker madu. Konon madu dapat melembabkan kulit yang kering dan memuluskan kulit wajah. Perlu dicoba? Harus! Hahaha. Si Ocha paling doyan yang kayak beginian. Kakak-kakak sepupu saya sih sering sekali maskeran madu dan putih telur. Uih ... jadi pengen coba.

    5. Mengatasi Rambut Rontok

    Selain untuk kulit (terutama wajah), rambut juga mengatasi rambut yang rontok. Situs ini menjelaskannya dengan sangat rinci. Untuk perawatan rambut rontok, madu bisa dicampur dengan jojoba oil, dan lain sebagainya.

    Tapi bagi saya, dari ke-lima manfaat madu yang sudah saya rangkum di atas, madu paling enak dioles di roti tawar, dicampur sama es jeruk, dan dibikin ramuan buat sembuhin maag (bersama bawang putih tunggal atau bersama kunyit induk). Hehe. Selain madu, di NTT juga ada yang namanya gula Sabu, gula kental yang diproduksi di Pulau Sabu. Gula Sabu ini paling ampuh buat menambah stamina. Waktu SMA, setiap pagi saya selalu minum air gula Sabu (satu atau dua sendok gula Sabu dicampur segelas air hangat). Sampai sekarang saya masih penasaran sama proses pembuatan gula Sabu hehe. Nanti tanya ah sama Ama yang kerja di rumah kakak sepupu saya.

    Jadi, jangan lupa untuk selalu menyediakan sebotol madu di rumah! Buat jaga-jaga.

    Semoga bermanfaat :)


    Cheers.

    7 komentar:

    1. yang terakhir baru tahu nih mbak, selama ini madu tahunya cuma untuk campuran telur saat minum jamu hihi

      ReplyDelete
      Replies
      1. Ha ha ha saya juga baru tahu waktu searching soal madu ini ... dicoba yuk :D

        Delete
    2. Pengin nyobain akh buat maskeran wajah 😁
      Cowok boleh juga kan ya, kak ?

      ReplyDelete
      Replies
      1. Cowok juga boleh dooonk hahaha...

        Delete
      2. Aseeek boleh juga ternyata ... 😃

        Cowok kalo kulitnya juga terawat, bawaannya jadi lebih percaya diri.
        Betul ya kan , kak 😉 ?

        Aku termasuk rajin membersihkan wajah loh, kak.
        Hehehe

        Delete
    3. Madu tuh udah enak manis terus banyak manfaatnya lagi..
      Jadi kepengen nikmatin madu terus..

      ReplyDelete

     

    2teh

    Tuteh Pharmantara
    Email: tuteh.pharmantara@gmail.com
    Twitter & Foap: @tuteh
    FB: Tuteh Pharmantara
    WA: 085239014948


    flobamorata
    Internet Sehat

    Advertisement

    Labels

    Backpacker (53) Blogger (27) BlogPacker (32) Buku (23) Daily (35) Ende (107) Filem (13) Flores (11) Indonesia (10) Inspirasi (177) Jalan-jalan (39) Kabupaten Ende (9) Kaki Kereta (18) Komunitas (6) Komunitas Blogger NTT (15) NTT (47) Nusa Tenggara Timur (31) Quotes (6) Review (47) Thought (33) Traveling (61) Yellow (3)