• Start Your Day With Personal Story

    5 Manfaat Bawang Putih


    Gambar diambil dari sini.

    Bawang putih dan bawang merah adalah dua bumbu dapur yang wajib selalu ada. Tidak punya kunyit atau jahe, tidak masalah, tapi kalau tidak punya bawang putih dan bawang merah, bisa masalah, karena bumbu dasar menumis sayur adalah bawang dan garam. Hehe. Selain untuk memasak, dua bumbu dapur ini punya manfaat yang luar biasa. Bawang putih misalnya, bisa buat sembuhin sakit maag, dan bawang merah misalnya, bisa buat sembuhin gejala pilek. Dua manfaat itu sudah saya rasakan. Tidak percaya? Ya tidak apa-apa. Hehe.

    Hari ini saya pengen menulis tentang manfaat bawang putih. Ada yang sudah saya buktikan, ada yang hasil membaca di internet. Karena saya bukan dokter atau ahli ini-itu, jadi saya tidak tahu kandungan apa yang berada di bawang putih sehingga dapat menyembuhkan dan/atau mengurangi sakit kecuali efek anestesi.

    Mau tahu apa saja manfaat bawang putih? Baca sampai selesai!

    1. Menyembuhkan Sakit Maag

    Sakit maag atau sakit lambung memang bikin serba salah. Gara-gara sakit yang satu ini, kepala pening bukan main, jantung berdebar lebih kencang, keringat-dingin, muntah-muntah, dan lain sebagainya. Tidak hanya itu, sakit maag juga menyerang psikis sehingga ada saja perasaan tidak enak atau tidak nyaman yang menyerang. Seperti rasa mau mati, mati, dan mati. Tahun 2009 saya menderita sakit maag parah sampai di-UGD-kan dan disuntik. Pola makan yang tidak teratur adalah salah satu penyebabnya. Dulu itu, saya makan kalau perut mulai perih saja.

    Kakak ipar saya lantas meracik obat tradisional yaitu bawang putih tunggal (katanya bawang putih jantan) dan madu. Caranya: siapkan madu setengah botol sedang, kupas bawang putih tunggal lalu digeprek dan dimasukan ke botol madu tadi. Banyaknya bawang: sampai botol madu tadi penuh (madu + bawang putih). Diminum satu sendok setiap pagi sebelum makan saat perut masih kosong, siang, dan malam. Apabila saat menuang madu ada bawang putih yang ikutan nyungsep di sendok, sekalian saja dimakan.

    Sekitar dua bulan sampai tiga bulan terapi bawang putih + madu ini, sakit maag saya sembuh. Awalnya sering sesak juga kan di perut dan dada, juga jantung rasanya pengen copot, tapi lama-kelamaan menghilang. Selain bawang putih + madu, saya juga pernah terapi kunyit + madu + kuning telur ayam kampung.

    2. Mengurangi Sakit Gigi
    Saya dan gigi memang tidak bersahabat baik hehe. Sejak dulu sering sekali sakit gigi gara-gara gigi berlobang sampai gusinya bengkak. Pernah saat ujian kenaikan kelas di SMA, saya terpaksa tidak mengikuti ujian bahasa Inggris dan agama hanya karena punya jadwal cabut gigi di Puskesmas Kota. Walhasil saya pingsan di depan kursi pasien sakit gigi itu sampai diketawain dokter Dewi. 

    Di rumah, apabila gigi mulai cenat-cenut entah gara-gara cuaca dingin, atau karena terlalu ditusuk, atau karena makanan manis, saya memakai: garam dan/atau bawang putih. Kalau garam, direndam di air hangat dan dipakai untuk berkumur. Sedangkan bawang putih dikupas dan digosok/diletakkan di gigi yang sakit. Insha Allah sakitnya berkurang. Tapi bukan untuk menyembuhkan ya. Kalau mau sembuh sakit giginya, pergi ke dokter gigi. Jangan lupa untuk rutin membersihkan karang gigi setiap enam bulan sekali agar gigi sehat ceria. 

    Mamatua punya resep agar gigi sehat dan kuat, tapi tidak saya tulis di pos ini. Tunggu saja :)

    3. Pembersih Wajah

    Ternyata bawang putih dapat digunakan sebagai bahan pembersih wajah. Bawang putih mengandung antiseptik, antiviral, dan anti jamur yang kuat. Artinya bawang putih dapat membantu kalian mengobati jerawat, bekas jerawat, dan banyak penyakit alergi kulit lainnya. Kalian bisa baca di sini untuk lebih lengkapnya.

    4. Mengobati Kaki Berjamur

    Haha! 

    Siapa yang bisa nyaman jika kaki ada perhiasannya? Alias ada jamurnya! Rasanya pasti mengerikan. Bawang putih dapat digunakan untuk mengobati jamur pada kaki kita. Caranya sangat mudah. Cukup masukkan bawang putih ke dalam air panas dan rendam kaki selama tiga puluhan menit. Menurut yang saya baca di internet, jamur sangat sensitif terhadap bawang putih. Bawang putih itu anticandidal dan dapat menjadi obat yang sangat efektif.

    5. Pengusir Vampire

    Waduh! Jadi horor begini yaaaa ...?

    Kalau kalian sering nonton filem horor (filem yang mana yaaaak) biasanya bawang putih dipakai untuk mengusir vampir. Di Ende saya sering melihat ibu-ibu yang sedang hamil memakai peniti yang dikaitkan dengan bawang putih tunggal dan satu jenis tanaman yang saya lupa namanya. Hehe. Entahlah. Kebenarannya hanya vampir dan setan sendiri yang tahu.

    Selain lima manfaat di atas, konon bawang putih juga dapat dimanfaatkan untuk menghentikan infeksi telinga, memperbaiki gelas yang retak, dan obat nyamuk. Tapi Indra Pharmantara paling senang melihat bawang putih yang sudah diblender di wadah penyimpanan di kulkas. Dia bakal mengolesi roti dengan bawang putih dan minyak/margarin, lantas memanggangnya di penggorengan. Ada-ada saja.

    Jadi jika kalian menderita sakit maag atau kaki berjamur, coba saja menggunakan bawang putih, bumbu dapur yang sehari-hari pasti ada di dapur rumah kita.


    Cheers.

    5 komentar:

    1. Eh iyaa .. jadi teringat di film-film horror tentang vampire.
      Rupanya vampire takut sama bawang putih.
      Bener ngganya, coba yok kita buktikan manfaatnya 😁

      ReplyDelete
      Replies
      1. Jiahahah kalau vampir dan syaiton :p saya kurang tahu inih hahahaha ... mitos atau fakta?! :D

        Delete
    2. Manfaatnya banyak bangat ya. tapi malah ingat legenda bawang putih bawang merah

      ReplyDelete
    3. Terimakasih atas informasinya, Silahkan Kunjungi website kami ^^
      http://mitoha-goldengamat.com/

      ReplyDelete
    4. Makasi kakak encim, sangat bermanfaat ilmunya yg telah djbagikan.

      ReplyDelete

     

    2teh

    Tuteh Pharmantara
    Email: tuteh.pharmantara@gmail.com
    Twitter & Foap: @tuteh
    FB: Tuteh Pharmantara
    WA: 085239014948


    flobamorata
    Internet Sehat

    Advertisement

    Labels