• Start Your Day With Personal Story

    5 Manfaat Mengangkat Kaki ke Dinding


    Gambar diambil dari sini.

    Sudah banyak yang membahas tentang olahraga ringan yang satu ini. Mengapa saya sebut ringan? Karena bisa dilakukan sore atau malam hari sepulang kerja. Bisa juga dilakukan sebelum tidur sambil baca-baca artikel pengantar tidur. Dari situs ini dan situs itu, ada lima manfaat yang diperoleh saat kita mengangkat kaki ke dinding ini. Saya tidak memplagiat tulisan mereka, tapi saya melakukan olah raga ringan tersebut dan mendapatkan manfaatnya. Apa saja manfaatnya? Cekidot

    Baca juga:

    1. Kaki Terasa Lebih Ringan

    Bukan kabar baru bahwa gara-gara diabetes kaki saya menjadi kebas sepanjang waktu dan berat. Mungkin pula karena sudah lama saya tidak jalan malam. Minggu lalu saya mulai mencoba mengangkat kaki ke dinding sesuai artikel yang tertera di internet. Awalnya selama 10 menit karena tidak kuat. Hari berikutnya 20 menit. Apa hasilnya? Kaki saya lebih ringan diajak melangkah apalagi kantor saya berada di tingkat tiga (di kantor belum ada lift hahaha). Kalau kaki terasa ringan, otomatis badan juga. Padahal sejak saya diet DEBM pun kaki saya mulai ringan, tapi ditambah olah raga ringan ini, menjadi lebih lebih lebih ringan.

    Dicoba deh, dan buktikan sendiri.

    2. Melancarkan Sirkulasi Darah

    Berdasarkan yang tertera di situs-situs tersebut, dengan mengangkat kaki ke dinding selama 20 menit dalam sehari, bakal melancarkan sirkulasi darah. Kalau ini saya tidak tahu macam mana indikasinya. Hanya saya yang lancar justru buang air besarnya. Kalian tahu, kalau diet itu kadang-kadang kurang serat (salah saya sendiri jarang makan sayur, bukan salah dietnya), jadi sering sekali sembelit. Yang saya alami beberapa hari terakhir ini, kalau buang air besar mah lancar jaya.

    3. Mengurangi Stress

    Okay. Sebelum melakukan olah raga ringan ini, sampai menulis pos ini, saya belum berada pada titik stress. Stress saya alami, biasanya, menjelang atau pada saat menstruasi. Apabila ada dari kalian yang membaca ini sudah membuktikan bahwa dengan mengangkat kaki ke dinding selama 20 menit setiap hari bisa mengurangi stress, bagi tahu di papan komentar, ya.

    4. Tidur Lebih Nyenyak

    Apabila lancarnya sirkulasi darah dapat dilihat dari tidur yang lebih nyenyak, maka saya sudah mengalaminya. Di sini, bukan saja tidur lebih nyenyak, tapi saya menjadi cepat terlelap. Biasanya, untuk bisa lelap itu dibutuhkan waktu sekitar minimal 1 jam dan maksimal 3 jam. Tetapi akhir-akhir ini prolog menuju tidur yang lelap menjadi lebih singkat. Bisa jadi. Jadi ... bisa. Kalian tidak tahu betapa sengsaranya saya gara-gara prolog menuju lelap yang begitu lama. Pikiran melanglang buana ke mana-mana. Hihi.

    5. Tidak Mudah Lelah Menggunakan High-Heels

    Saya tidak bisa membuktikannya. I just can't. Karena saya bukan pengguna sepatu bertumit tinggi. Pekerjaan saya berhubungan dengan kegiatan ini-itu, meliput ini-itu, sehingga sepatu harian saya adalah boot dan kanvas. So, untuk yang satu ini belum saya buktikan. Apabila sudah kalian buktikan, bagi tahu di papan komentar.

    Gerakan atau olah raga ringan mengangkat kaki ke dinding ini disebut Viparita Karana Asana (dalam Yoga). Sudah banyak teman yang mengajak saya ikutan yoga tapi selalu terbentur dengan waktu. Akhir-akhir ini memang ada saja yang saya kerjakan sehingga selalu lupa untuk bergabung dengan kelompok yoga yang diikuti juga oleh teman-teman. Next time kalau sudah tidak sesibuk sekarang. Insha Allah. Doakan, ya!

    Yoga itu tidak semudah gerakan yang kalian lihat, btw. Sesekali di rumah jika sedang tidak sibuk saya mencoba satu dua gerakan yoga. Gerakannya sederhana, bertahan dalam hitungan tertentu, tetapi keringat yang mengucur ... aduhai. Oleh karena itu saya bilang: jangan sepelekan yoga, tidak sesederhana yang kalian lihat di internet. Lagi pula jika tidak rutin melakukannya bakal lekas lelah, memang. Jadi, kalau memang serius pengen mencoba yoga, lakukan dengan benar yaitu mengikuti kelas-kelas yoga, dan tentu saja harus rutin untuk memperoleh hasil yang maksimal.

    Okay, itu dia lima manfaat mengangkat kaki ke dinding setiap hari selama 20 menit. Saya sudah merasakan beberapa manfaatnya, sekarang saatnya kalian.

    Hidup sehat itu bukan perlu, tapi harus.


    Cheers.

    10 komentar:

    1. Waowwwww bagus juga nih encim... Unee mau cobaa a'h😅😅😅

      ReplyDelete

    2. Terimakasih atas informasinya, Silahkan Kunjungi website kami ^^
      http://fauziaherbal.com/obat-herbal-vulvodinia/

      ReplyDelete
    3. Aktivitas mengangkat kaki ke dinding ini aku pertamakalinya diajarin kedua ortuku saat aku masih kecil dulu,kak.
      Saat itu kakiku pegel banget abis diajak jalan -jalan, lalu disarankan menaikkan kaki ke dinding sekian menit ... eh ternyata ampuh, pegel kaki ilang

      ReplyDelete
      Replies
      1. Iya bener. Mengangkat kaki ke dinding ini banyak manfaatnya. Buat pejalan apalagi :D

        Delete
    4. Saya kadang juga suka angkat kaki ke dinding itu. Memang terasa enak.

      Trims sudah berbagi ilmu.

      ReplyDelete
      Replies
      1. Benarrrr heheehe. Makasih sudah berkunjung ke sini :D

        Delete
    5. Mengangkat kaki seperti ini sering saya lakukan ketika banyak melakulan aktivitas. Setelah mengangkat kaki, rasanya kaki itu jadi enteng kembali

      ReplyDelete

     

    2teh

    Tuteh Pharmantara
    Email: tuteh.pharmantara@gmail.com
    Twitter & Foap: @tuteh
    FB: Tuteh Pharmantara
    WA: 085239014948


    flobamorata
    Internet Sehat

    Advertisement

    Labels

    Backpacker (52) Blogger (24) BlogPacker (31) Buku (21) Daily (35) Ende (102) Filem (12) Flores (8) Indonesia (9) Inspirasi (153) Jalan-jalan (38) Kabupaten Ende (9) Kaki Kereta (18) Komunitas (6) Komunitas Blogger NTT (15) NTT (44) Nusa Tenggara Timur (31) Quotes (6) Review (43) Thought (33) Traveling (59) Yellow (2)