5 Kelas Blogging

- Thursday, November 08, 2018

Alasan kenapa dulu mau diajak Kanaz buka Kelas Blogging NTT sudah saya jelaskan panjang lebar. Diantara alasan itu adalah nge-blog untuk melatih dan mengasah kemampuan menulis, serta nge-blog untuk promosi pariwisata Provinsi Nusa Tenggara Timur. Dan ketika melihat kemajuan satuper satu pesertanya, rasanya hepi banget meloncat kegirangan sampai terkapar. Tentu kemajuan peserta Kelas Blogging NTT ini, baik Angkatan I maupun Angkatan II, tidak terlepas dari peran luar biasa para mentor seperti Om Bisot dengan kesabaran tingkat tinggi untuk urusan teknis dan lain sebagainya, Kanaz, dan saya. Ah, saya mah apalah qiqiqiq. Ilmunya tidak seberapa. Dan juga salah seorang mentor lagi yaitu Pak Martin dengan materi Menulis Profil Blogger.


Lalu, saya diminta untuk berbagi pengetahuan tentang blog dan fotografi kepada adik-adik anggota Menwa Uniflor. Why not? Tidak berhenti sampai di situ, saya juga menawarkan kepada Mapala FLOPALA Uniflor for another kelas blogging. Dua kelas blogging ini memadukan WhatsApp Group (WAG) dan tatap muka. Kelas pertama Kelas Blogging FLOPALA sudah dimulai dengan pengenalan blog. Seterusnya belum dilanjutkan karena teman-teman FLOPALA sendiri sedang banyak kegiatan diantaranya turut membantu mengumpulkan dana bersama persatuan komunitas-komunitas yang ada di Kabupaten Ende, untuk membantu para korban musibah kebakaran Kampung Adat Nggela.

Baca Juga : 5 Game Jadul Pembunuh Waktu

Baru-baru ini, Kanaz mengatakan bahwa banyak temannya yang tertarik untuk ikutan kelas blogging. Akhirnya kami pun membuka Kelas Blogging Online; kelas belajar blog di Blogger yang dilakukan melalui WAG dan pesertanya berasal dari seluruh Indonesia. Tak hanya NTT, tak hanya anggota Menwa Uniflor, tak hanya anggota Mapala FLOPALA Uniflor. Pengalaman dari Kelas Blogging NTT menguatkan kami untuk membuka Kelas Blogging Online.


Yang mendaftar membludak, tapi harus kami filter *tsah* untuk orang yang betul-betul baru hendak membikin blog. Terbatas 15 (lima belas) orang saja. Sesuai e-poster di awal pos, kalian pasti tahu apa saja yang ditawarkan oleh para mentor Kelas Blogging Online. Betul-betul basic. Yang di-filter adalah mereka-mereka yang betul-betul belum punya blog dan/atau baru bikin blog di Blogger tapi belum ngapa-ngapain.

Kalau dihitung-hitung, ternyata sudah lima kelas blogging ini. Hyuk kita cek ...

1. Kelas Blogging NTT Angkatan I.
2. Kelas Blogging NTT Angkatan II.
3. Kelas Blogging (dan Fotografi) Menwa.
4. Kelas Blogging FLOPALA.
5. Kelas Blogging Online.

Dan semuanya mengandalkan WAG untuk berlangsungnya kelas-kelas ini.

Dulu, waktu masih menjadi Ketua Komunitas Blogger NTT (Flobamora Communnity), saya dan teman-teman sering berbagi ilmu tentang dunia blog dan internet sehat kepada orang lain baik anggota komunitas-komunitas maupun murid sekolah (SMA). Dulu, harus bikin materi di Power Point, pergi ke lokasi berusaha agar tidak ketiduran, colokin laptop ke infokus, bicara panjang lebar kalau tidak ada microphone leher sampai kejang, dan seterusnya. Tapi berhenti sampai di situ. Tidak ada komunikasi lanjutan seperti pertanyaan "Bagaimana blog-nya?" dan tidak ada kemajuan yang bisa dilihat karena tidak ada satupun yang membagi tautan blog yang baru di-update, misalnya. Tapi sekarang, semuanya menjadi lebih mudah. Hanya melalui WAG, para mentor jadi tahu perkembangan blog masing-masing peserta. This is awesome.

Baca Juga : 5 Pesan Gubernur NTT

Dari lima kelas blogging di atas, untuk Kelas Blogging NTT Angkatan I dan Angkatan II sudah selesai semua materinya. WAG-nya masih berjalan, dan mentor masih siap menjawab pertanyaan dari peserta. Tapi konsistensi nge-blog tidak bisa dipaksa, kembali pada hasrat masing-masing. Sedangkan Kelas Blogging Online baru akan berjalan karena masih dalam tahap seleksi peserta. Beberapa peserta sudah ditambahkan di dalam WAG. Masih menunggu yang lain, karena Senin nanti kita sudah mulai kelas pertama dari Kelas Blogging Online ini.

Doakan sukses ya :)

Karena berbagi tidak pernah merugi.


Cheers.
Advertisement

14 komentar

avatar

jadi ingin daftar nih, biar ilmu saya tentang blogging bertambah luas. Dan pastinya juga bertambah teman. Saya ingin mempromosikan wisata di daerah sekitar saya. biar banyak pengunjungnya.

avatar

setuju bgt. kalo dibuat filter itu bagu. bisa tahu siapa yyg bener2 mau dan minat menulis,, nggak asal gabung tapi nggak ada pergerakan blas.

avatar

Enak yach ada kelas blogging sebab kita bisa banyak belajar tentang blog dan akan menambah wawasan.

avatar

Terus Berbagi Mba... Semoga makin banyak blogger baru yang muncul

avatar

Salut 2 jempol untuk team kelas blogging online 👍👍
Semangat dan jiwa sosial kalian patut ditiru kita semua.

avatar

Bertambah teman itu default ya mas Bumi, hehehe. Mempromosikan wisata kita/daerah masing-masing bagus itu, Mas. Yuk ... didukung!

avatar

Betul. Gabung tapi nggak ada pergerakan sementara ilmunya bagus2 kan rugi ya hehehee.

avatar

Betul, Kang Nata... menambah wawasan, menambah teman / silaturahmi juga.

avatar

Insha Allah heheehha karena berbagi tidak pernah merugi ya :D semoga banyak blogger baru muncul dari kelas2 blogging ini.

avatar

Amin Amin. Makasih Himawan, memang harus begitu ya, supaya dunia perbloggeran ini tidak hanya berhenti di kita saja :D

avatar

Betul, kak.
Artikel info dari blogger penerus bisa juga nambah wawasan kita.
Mungkin dengan gaya ciri khas penulisan mereka atau juga info lokasi lain [ travelling ].

Aku ikut daftar ya ..

avatar

Saya di Tangerang apa boleh ikut kelas bloggingnya???

avatar

Betul itu Himawan hehehe. Btw mohon maaf ini khusus untuk yang betul-betul belum punya blog hehe. Maaf sebesar-besarnya karena kan Himawan sudah termasuk blogger yang skillnya sudah advance juga ...

avatar

Yaaaah hahaha Mas Irwin mah sudah master :D ini khusus buat yang sama sekali belum punya blog :D

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search