Angkatan II Kelas Blogging NTT

- Monday, September 24, 2018

Setelah Kelas Blogging NTT berjalan, yang perlu saya tulis sebagai Angkatan I, banyak permintaan dari teman-teman lain untuk bergabung. Kami tentu tidak bisa langsung menambahkan mereka ke dalam WAG Kelas Blogging NTT karena kelas sudah berjalan selama lima minggu atau lima kali pertemuan (every Monday, 09.00 pm). Sudah banyak materi yang disampaikan, bertahap, mulai dari bagaimana membuat blog di Blogger, mengenal panel-panel dashboard, ide menulis, kepenulisan, niche blog, hingga terakhir tentang html dan mengganti tema baik tema bawaan Blogger dan tema yang bukan bawaan Blogger.


Karena semakin banyaknya permintaan teman-teman lain untuk mengikuti Kelas Blogging NTT maka kami memutuskan untuk memulai Angkatan II. Setelah melalui japri mereka menyetujui persyaratan untuk menjadi peserta Kelas Blogging NTT, termasuk waktu yaitu setiap Rabu malam, satuper satu peserta ditambahkan ke dalam WAG. Jumlahnya lumayan banyak: duabelas peserta. Itu pun satu pesertanya bakal ditambahkan kemudian karena kekhilafan saya. Iya, saya khilaf ... lupa menambahkannya, padahal dia adalah orang pertama yang daftar untuk Angkatan II. Haha. Untung orangnya tidak mengamuk.

Angkatan I - Senin - 21.00 Wita.
Angkatan II - Rabu - 21.00 Wita.

Kenapa beda hari? Jawabannya pasti kalian juga tahu. Karena kalau pada hari yang sama, kasihan mentornya, dan kasihan pesertanya (mungkin) bakal jengkel banget. Sedangkan waktunya kenapa harus jam sembilan malam? Perkiraan kami jam segitu orang-orang sudah tiba di rumah dari berbagai kegiatan di luar, sudah mandi, sudah lumayan santai, dan tentu bisa belajar dengan tenang.


Beberapa peserta Angkatan II sudah dapat dilihat blog-nya, sedangkan yang lainnya lagi malam itu masih terkendala dengan koneksi dan perangkat yang, ternyata, erorejing. Oh la la. Tapi tidak mengapa, buktinya satu dua hari setelah Rabu kemarin, ada yang mulai menyetor alamat blog. Mau berkenalan dengan mereka? Angkatan I maupun Angkatan II? Cek blog mereka berikut ini:

http://tinhartina.blogspot.com (Twitter @Hartinaaa_)
http://page-ummu.blogspot.com (Ummu)
http://hanashidik.blogspot.com (Hanna Sidiq)
http://kodim1602ende.blogspot.com (Bang Agung)
http://aram-smile.blogspot.com (Twitter @ISMAILHARUN203)
http://ludgerbudwologai.blogspot.com (Ludger)

Katanya ada duabelas peserta Angkatan II? Kenapa baru enam blog yang jadi? Sabar, kawan. Namanya juga melalui WAG, prosesnya tidak sekilat kelas tatap muka. Hehe. Tatap muka pun kalau tidak kontinyu tidak bisa bertahan lama blog-nya. Saya pernah diminta menjadi mentor untuk dosen-dosen muda PBSI - Uniflor, juga oleh BEM Uniflor, namun blog-nya mungkin sudah mereka lupakan. Karena tidak kontinyu atau tidak ada yang terus memberi semangat. Bedanya dengan WAG Kelas Blogging NTT, setiap hari kami saling memberi semangat, memberi masukan ini itu, sehingga silaturahmi karib terjalin dan peserta selalu bisa mengingat bahwa mereka mempunyai blog yang harus dikelola. Jika ingin maju.


Yang seperti itulah yang, menurut saya, harus dilakukan. Ketimbang sekali tatap muka - semua langsung punya blog - tapi kemudian terlupakan. Kalau begini kan enak, antara peserta dan mentor berada dalam satu grup dan bisa berinteraksi setiap hari. Lagi pula Om Bisot dan Kak Anazkia siap menjawab pertanyaan kapan pun saat ada peserta yang merasa kesulitan.

Mentor Kelas Blogging NTT patut saya apresiasi dengan sepuluh jempol. Setelah Om Bisot dan Kanaz, sekarang kami punya satu mentor lagi yang bakal menyiapkan materi tentang kepenulisan. Karena beliau adalah guru Bahasa Indonesia. Keren kan? Dia adalah pak guru atau Pak Martin! Terima kasih Pak Martin sudah bersedia menjadi mentor Kelas Blogging NTT. Kepenulisan itu penting meskipun blog lebih mengacu pada bahasa tutur/sehari-hari, bukan bahasa baku. Karena di pasar tidak ditulis dipasar kan?


Jadi demikan sodara-sodara ... senang sekali menulis ini. Semoga semakin banyak orang yang nge-blog dan merasakan manfaatnya ... kelak.

Bagaimana dengan kalian?


Cheers.
Advertisement

24 komentar

avatar

6 dari 12, 50% itu udah bagus kok :) semangat kakah hehehe

avatar

Iya Om, ternyata masih banyak juga yang semangat ngeblognya membara :D

avatar

ngeblog sudah serasa kayak curhat sama kakak sendiri huehehee

regards,
www.CHIPPEIDO.co.vu

avatar

Saya tidak bisa berkata apa-apa, namun ucapan selamat dan support buat Neng TUTEH semoga makin hari makin eksis ngeblognya hingga ke puncak kesuksesan...amin

avatar

Sedari dulu pengen mengadakan kelas seperti ini di kampung. Tapi belum bisa merealisasikan :-(
Salut dengan orang-orang yang mau berbagi tentang blog. Dan aku kepo buka semua blog tersebut ahhahahahaha

avatar

wah ini pelatihannya lewat whatsapp ya? keren uey

avatar

Amin YRA. Terimakasih doanya ... you too :) *toss*

avatar

Semoga suatu saat nanti, harapannya :D
Hahahaha silahkan dikepo, masih baru semua :D

avatar

Iya sist, lewat WA, bisa juga ternyata meskipun tidak tatap muka langsung :D

avatar

Saya baru mulai blogging dan ini otodidak. Seneng mendengar ada blogging kelas seperti ini. pENGEN JUGA

avatar

semoga blogger bertambah marak.
aamiin

avatar

Saya ada di dalam grup kelas blogging NTT, Ine tuteh orang paling semangat, paling the best, paling total, aduh pokoknya terima kasih dan hanya doa untuk Ine Tuteh dan pak Bisot, anda berdua. entah mengapa saya begitu kagum... sangat kagum...Semoga amal dan kebaikannya selalu berkenan di hati sang Khalik. salam

avatar

Amiiiin. Itu menjadi doa kita bersama hehehe.

avatar

Amin... hehehe. Ayo pak guru, siap-siap materi kepenulisan ya *todong* hahahaha :D

avatar

Sama-sama Om Ludger ... simo gemi juga mau belajar Blogging :D

avatar

Adu Ineeeeee kwkwkkw, sa sonde bisa komen lagi. Mau tertawa atau malu. entahlah kwkwkwkwk. Adu saya dibilang mentor hebat kali si Martin itu, tulisannya pun tidak jelas, si Martin Ngajarin lagi orang lain. Si Martin benar benar parah kkwkwk...

Ine makasih untuk persahabatan serasa saudara yang ditawarkan. Mengenal dirimu, Mas Bumi, Mas Aris, Ade, Ajeng, Mas Himawan, Mas Mudariski, dan Pak Bisot adalah perjalanan online yang harus dibilang wah bangat hehhee...

Saya harus buat bagimana sebagai ungkapan rasa haru dan senang saya pada om Bisot dan Ine. Hanya doa dan menulis, walau tidak banyak yang baca, tapi itulah ucapan terima kasih yang tulus untuk sobat berdua. Semoga selalu sehat...

NOTES:
Ado bilang anak buah dong kalo komen balas kek, tidak perlu kumbal, tapi di blog sendiri ka, pengecualian pak Guru... beliau sip...

avatar

Harus itu pak guru. Sahabat rasa saudara, kenapa tidak? Sampai sekarang saya punya kakak-kakak angkat yang sampai bertemu langsung dan terus terjalin komunikasinya, bahkan hanya lewat MIRC dulu itu :D

Ditunggu kelas Kepenulisannya nanti ya pak guru ...

NOTES: mereka belum tahu kumbal atau balas komen itu penting hahahaha :p

avatar

Luar biasa semangat dan kemanusiaannya kak Tuteh, om Bisot dan mas Martin memajukan blogger NTT ..., patut diacungi 2 jempol.

avatar

Syukurnya saya belajar sama seorang kakak angkat dari mIRC dulu hehehe. Yang penting tetap semangat ya :)

avatar

Terimakasih Himawan ... semua dapat kita lakukan dengan menjadi seorang blogger ... banyak manfaat yang bisa kita raih sekaligus yang bisa kita berikan / tularkan pada orang lain.

avatar

Thanks mba...sudah mengizinkan saya untuk bergabung..

avatar

Sama-sama Om Aram :)

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search