• Start Your Day With Personal Story

    5 Tempat Menjual Foto



    Teknologi, gadget super canggih, dapat menjadi benda kesayangan kita untuk jepret-jepret. Menghasilkan foto super bagus, tidak semua bisa melakukannya, karena kadang modalnya bukan sekadar gadget. Skill juga bermain di sini. Tapi dengan adanya gadget, semua orang bisa jepret-jepret, mengabadikan momen penting, yang mungkin momen penting itu tidak sempat tertangkap kamera super bagus atau oleh fotografer profesional. Alangkah menyenangkannya jika foto hasi jepret-jepret, baik pakai gadget maupun pakai kamera super bagus, bisa dijual/diuji di tempat-tempat yang dipercaya membeli foto berkualitas.
    Mungkin kalian belum pernah membaca postingan saya tentang Foap. Foap adalah salah satu aplikasi yang bisa diunduh di Playstore, instal, dan jalankan sesuai petunjuk. Di Foap, kita dapat mengunggah foto-foto pilihan, memberi caption, memberi label/tag, dan menjawab Legal Question untuk meningkatkan ranking foto kita (very low, low, good, top rank). Jika beruntung, foto kita akan dibeli seharga $5 sampai $100. Bagusnya jika membuat album berisi foto-foto pilihan sesuai tema album. Foto orang lain yang laku melalui album kita akan dibeli seharga $5 sedangkan kita sebagai pemilik album akan mendapatkan komisi sebesar $0,25. Mengikuti misi akan lebih menguntungkan. Selain bersifat tantangan, hadiah yang ditawarkan juga lebih besar antara $100 sampai $400.

    Selain Foap, kita bisa membuka lapak foto di beberapa tempat. Salah satunya berhubungan dengan blog, satu lainnya berhubungan dengan media sosial, satunya aplikasi yang bisa diunduh di Playstore, dan sisanya merupakan website tempat kita menjual foto.

    Apa saja kah?

    Cekidot!

    1. Blog

    Blog dapat dimanfaatkan untuk menjual foto. Mungkinkah? Mungkin saja! Cara kerjanya sama dengan blog pada umumnya, namun harus lebih kreatif. Langkah-langkahnya, bikinlah blog khusus untuk mengunggah foto-foto kalian, cari dan pilih layout/template yang temanya mendukung sebuah blog foto sehingga tampilan blog menjadi lebih cihuy. Kalian bisa menggunakan layout/template baru bawaan Blogger (jika pakai Blogger) seperti Soho. Saran saya:
    - Unggah foto berukuran kecil.
    - Beri tanda air tepat di tengah foto.
    - Beri harga pada foto kalian.
    Tentu saja jangan lupa ditambahkan tulisan "Pembeli akan mendapatkan file asli foto beserta ukuran sekian x sekian". Ukuran maksimal untuk sebuah foto. Boleh juga jika kalian menawarkan foto dengan dua format yaitu RAW dan JPEG. Kebanyakan pembeli foto pasti senang jika mendapat format RAW juga.

    Bagaimana agar blog foto kalian ramai dikunjungi dan foto-fotonya berpotensi dibeli orang? Rajinlah mempromosikan blog tersebut di media sosial lain, ikuti grup dan forum fotografi baik yang berskala nasional maupun internasional, rajin juga ikut kompetisi foto. Jaman sekarang, urusan promosi seharusnya tidak menjadi kendala yang berarti.
    Beberapa penyedia layanan blog gratis bisa diintip berikut ini:
    http://blogger.com
    http://wordpress.com
    http://blog.com

    2. Instagram

    Hai para pengguna Instagram, yang ke mana-mana pasti suka sama lokasi yang instagramable! Kalian bisa memanfaatkan akun IG untuk menjual foto. Generally sama lah dengan menjual foto melalui blog di atas. Saran saya:
    - Unggah foto berukuran kecil.
    - Beri tanda air tepat di tengah foto.
    - Beri harga pada foto kalian.
    Tentu saja jangan lupa ditambahkan tulisan "Pembeli akan mendapatkan file asli foto beserta ukuran sekian x sekian". Ukuran maksimal untuk sebuah foto. Boleh juga jika kalian menawarkan foto dengan dua format yaitu RAW dan JPEG.

    Di IG, jangan hanya mau di-follow tapi tidak mau mem-follow. Semakin banyak kalian mengomentari foto fotografer lain, tentu dia juga bakal mengunjungi profil IG kalian dan mengomentari foto kalian. Ada potensi kerja sama pula di sana. Siapa tahu mereka butuh kerja sama dengan kalian untuk foto-foto wisata lokal, budaya lokal, festival lokal, dan lain sebagainya. Saatnya membuka diri. Lebih luas pergaulan, lebih bagus bagi kalian.

    3. Foap

    Tentu saja! Inilah aplikasi lapak jualan foto yang terinstal di Android saya. Kalian bisa mengunduh Foap di Playstore, instal, dan jalankan sesuai petunjuk. Pilih foto-foto terbaik dengan ukuran minimal yang telah ditentukan oleh Foap, unggah, beri caption, beli label/tag, dan jawab Legal Question untuk meningkatkan ranking. Jangan lupa berinteraksi dengan Foapers lain seperti memberi nilai (bintang) dan komentar. Komentar sangat dihargai di Foap. Tentang Foap bisa kalian baca di postingan ini (masukan link)
    Khusus untuk misi, kalian boleh-boleh saja mengikuti misinya, tapi belum tentu lolos kurator. Oleh karena itu rajin-rajin mengecek apakah foto yang diikutkan misi sudah lolos atau sudah di submit.
    Foap juga bekerjasama dengan Getty Image.

    4. iStockPhoto

    iStock Photo merupakan situs stok foto yang sangat terkenal. Namun menjadi kontributor di iSthock Photo tidak sama dengan di Foap. Jika di Foap kalian bisa saja mengunggah foto dengan kualitas asal-asalan asalkan ukuran foto memenuhi syarat, maka di iStock Photo tidak segampang itu. Foto-foto di sini diseleksi dengan sangat ketat (kualitas baik, resolusi tinggi, komposisi, dan lain sebagainya). Pendapatannya dihitung berdasarkan royalti (15% sampai 45%). Sama seperti Foap, iStock Photo juga merupakan partner dari Getty Image. Kunjungi iStockPhoto di http://istockphoto.com.

    5. Getty Image

    Getty Image? Pasti kalian semua sudah tahu Getty Image (Situs http://www.gettyimages.com/). Selain bermitra dengan iStock Photo dan Foap, Getty Image juga membuka kesempatan bagi kalian yang ingin menjual foto berkualitas bagus di sana. Berdasarkan informasi yang saya baca, menjadi kontributor di Getty Image juga sulit karena mereka sangat ketat dalam tahap seleksi para kontributornya. Berdasarkan pengalaman saya di Foap, beberapa foto yang dibeli oleh Getty Image itu adalah foto-foto berkualitas super tinggi. Duh, jadi iri ;)

    Lima tempat menjual foto di atas merupakan pilihan yang saya tawarkan pada kalian. Masih banyak cara dan tempat lain kalian menjual foto. Jika di Facebook foto kalian hanya mendapat like dan mungkin rentan dimaling (kecuali tanda airnya segede gaban), mending coba dijual saja. Urusan terbeli atau tidak, belakangan. Tapi kalian jelas akan mendapat teman baru dari seluruh dunia. Sudah saya buktikan di Foap. Sekarang saatnya kalian.


    Cheers.

    0 komentar:

    Post a Comment

     

    2teh

    Tuteh Pharmantara
    Email: tuteh.pharmantara@gmail.com
    Twitter & Foap: @tuteh
    FB: Tuteh Pharmantara
    WA: 085239014948


    flobamorata
    Internet Sehat

    Advertisement

    Labels