• Start Your Day With Personal Story

    Hobi Fotografi Berpotensi Dollar




    Tiga kali mengganti judul, akhirnya saya memilih judul di atas. Hobi fotografi berpotensi Dollar. Menggiurkan, bukan?

    What?

    Adalah Foap, sebuah aplikasi yang bisa diunduh di Playstore (pengguna Android) dengan sangat mudah. Pengguna iOS coba cari tahu ya, apakah tersedia aplikasi ini atau tidak. Kalau tertarik, buruan unduh.

    How?

    Cara kerja Foap juga mudah. Kalian hanya cukup mendaftar gratis. Sertakan alamat surel yang jelas, dan akun Paypal (yang juga merupakan alamat surel) karena pembayaran dilakukan melalui Paypal. Setelah mendaftar, silahkan unggah foto pilihan pada menu yang tertera di dashboard, memberi caption, tag, hingga legal answer untuk bisa menjadikan foto tersebut top ranked. Kalau tidak di-caption, apalagi sampai tidak menjawab legal answer-nya, rank foto kalian adalah very low atau low. Artinya, akan susah bagi foto kalian ditemukan oleh calon pembeli. Foto-foto dengan status top ranked lebih available. Masih ragu? Tidak masalah. Setelah mendaftar kalian dapat melihat-lihat terlebih dahulu apa saja yang terjadi di ranah Foap.

    About Photos

    Apakah foto yang diunggah itu harus super bagus? Harus merupakan hasil jepretan dengan
    kamera super mahal? Harus berkomposisi oke? Pencahayaan memukau? Tidak juga, hehehe. Foto apapun boleh kalian unggah. Tapi, tentu saja, ada mutu ada harga. Foto berkualitas bagus dengan komposisi cahaya dan warna yang menawan, akan lebih menggoda para calon pembeli. Ukuran foto juga cukup menentukan. Ukuran yang terlalu kecil, tidak sesuai dengan standar Foap, tidak akan terunggah dengan sendirinya.

    Album

    Kalian bisa membuat Album foto di Foap. Album, seperti sebuah folder dengan tema khusus. Misalnya saya membikin tiga album dengan judul: Yellow Is The Colour of Hope yang berisi semua foto dengan warna kuning baik mayor maupun minor, The Sky of Blue yang tentu saja foto langit, dan Kiddos yang berisi foto anak-anak. Foto-foto di album ini tidak selamanya harus foto milik sendiri, bisa kok foto milik anggota Foap lainnya. Silahkan eksplor dan pilih foto yang kalian sukai, masukkan ke album. Foto-foto yang sudah diikutkan dalam misi tidak bisa dimasukkan ke album. Alasannya? Baca sampai selesai. Hahaha.

    Mission

    Di Foap, selalu ada misi, semacam lomba, yang ditawarkan. Silahkan pilih misi apa yang disukai. Tawaran misi bisa datang dari Foap, bisa juga datang dari brand tertentu seperti Nivea, bisa juga tentang liburan di sebuah negara (ya, negaranya ditentukan). Tema-temanya menarik. Misalnya yang saat ini sedang berjalan: #clash of colours!, dan Cats and Dogs in Real Life.

    Price

    Tentang penawaran harga, saya pikir cukup serius ketimbang bisnis PTC, PTD, dan lain sebagainya. Untuk foto regular, harga yang diperoleh adalah $5. Dirupiahkan menjadi Rp 50.000. Untuk foto orang lain yang ada di album, jika dibeli, pemilik album berhak mendapatkan $0.25 meskipun itu bukan fotonya dia sendiri hehehe. Sedangkan untuk foto yang diikutkan pada misi, harga sudah ditentukan oleh penawar dengan kisaran paling rendah $100 sampai $400. Inilah sebabnya saya bilang di Foap duitnya cukup serius.

    Follow

    Jangan lupa untuk follow. Dengan mengikuti orang lain, kalian bisa lebih kaya informasi. Lagipupa, orang yang kalian follow pasti akan followback. Jika kalian memberi nilai pada foto orang lain, dari 1 bintang sampai 5 bintang, tentu orang lain juga akan melakukan hal yang sama pada foto kalian. Rating tinggi yang diperoleh melalui nilai akan membuat foto kalian lebih mudah ditemukan oleh calon pembeli.

    Jangan pesimis. Mulai saja dulu. Siapa tahu kalian sukses menjual foto di Foap. Awal tahun, pemenang salah satu misi berasal dari Indonesia. Fotonya adalah foto seseorang sedang memegang kembang api di depan wajahnya (yaaa agak jauh dari wajah ya, kalau tidak bisa kena bunga api). Komposisinya keren lah. Dia berhak mendapatkan $100 (kalau tidak salah).

    Jadi, kalau kalian doyan foto, apalagi foto lanskap, kenapa tidak mencoba Foap? Yang penting hobi tersalurkan karena bakal kenal dengan banyak fotografer lainnya. Urusan foto dibeli atau tidak, adalah bonus.


    Salam Foap!

    0 komentar:

    Post a Comment

     

    2teh

    Tuteh Pharmantara
    Email: tuteh.pharmantara@gmail.com
    Twitter & Foap: @tuteh
    FB: Tuteh Pharmantara
    WA: 085239014948

    Internet Sehat

    Labels

    Backpacker (39) Blogger (18) BlogPacker (17) Daily (35) Ende (73) Inspirasi (74) Jalan-jalan (23) Kaki Kereta (15) Komunitas (6) NTT (35) Quotes (6) Thought (26) Traveling (46) Yellow (2)