Goodreads

Goodreads

Sudahkah kalian memiliki akun di Goodreads? Kalau sudah, Alhamdulillah, tentu banyak manfaat  yang bisa dipetik dari sana. Kalau belum, Alhamdulillah, karena mungkin setelah membaca ini Anda pun ingin bergabung di sana *digampar* Sudah lama saya gabung sama Goodreads, tapi baru sekarang kepikiran untuk membuat postingan tentangnya.

Bagi saya, Goodreads adalah tempat nongkrong yang asyik bagi para pembaca buku dari seluruh dunia. Apa saja keuntungan kita bergabung dengan Goodreads?

1. List Buku.
Goodreads mempermudah saya me-list buku-buku yang sudah dibaca sejak jaman pra sejarah *kalem aja, nggak usah emosi :p* Dan ternyata hingga kini ada 144 buku yang sudah saya baca. Itu pun hanya buku-buku yang berhasil saya ingat saja. Maklum, sejak belum sekolah saya sudah membaca buku yang dibawa Mamatua dari perpustakaan sekolahnya ke rumah sebagai bekal saya mengenal dunia *tsah* hehehe. Yakin ada lebih dari 144 buku yang sudah saya baca termasuk KUHP dan Buku Hadist ;))

2. Review Buku.
Ini termasuk hal yang penting. Ketika membaca sebuah buku setiap orang punya komentar sendiri-sendiri kan? Ada yang bilang buku Casual Vacancy itu bagus! Ada juga yang berkomentar J.K. Rowling kehilangan daya sihir. Dengan mereview buku yang sudah kita baca, maka akan memberi gambaran kepada orang lain yang belum membaca buku tersebut. Mungkin saja setelah membaca review dari kita, mereka memasukkan buku tersebut ke dalam daftar buku yang hendak dibaca? Mungkin.

3. Stars and Twitter.
Di Goodreads, kita diberi kesempatan untuk memberi bintang pada buku yang telah dibaca/direview. Paling tinggi 5 bintang. Paling rendah 1 bintang. Ini sih tergantung pada pembaca itu sendiri. Dan setelah kita memberi bintang, dan bila terkoneksi dengan Twitter, bintang-bintang kita itu pun akan nampak di TL Twitter. Keren kan? *halah*

4. Reading Challenge.
Di Goodreads, kita dapat menantang diri kita sendiri untuk membaca buku. Misalnya dalam tahun 2013 taruhlah kita berencana membaca 50 buah buku. Lihat saja di akhir tahun sudah berapa jumlah buku yang kita baca. Tahun 2013 saya berencana membaca 25 buku tetapi sampai postingan ini dipublish saya baru membaca 16 buku. Sisanya? Sedang dibaca, dan dalam daftar hendak dibaca! :D

5. Widget.
Dengan skrip yang dikopi ke blog atau website, orang bakal tahu aktifitas kita (paling tidak salah satunya) di Goodreads. Termasuk di blog saya ini pun ada.

Dan masih banyak lagi keuntungan lainnya ketika kita bergabung dengan Goodreads. saya secara narsis pun telah menambahkan buku-buku saya ke sana meskipun tidak ada seorang pun yang tertarik membacanya. Ha ha ha.

Tahun 2014 nanti akan lebih banyak buku yang akan saya baca, tidak hanya 16 (dari tantangan diri sendiri yang 25 buku itu). Termasuk nanti juga e-book yang menumpuk selain tumpukan buku di samping tempat tidur hehehe. Bagaimana dengan Anda? Share yuk!


Wassalam.

0 comments:

Post a Comment

 

2read






Tuteh's bookshelf: read


Negeri 5 MenaraSamanMadreTitaniumSupernova: Ksatria, Puteri, dan Bintang JatuhThe Lost Symbol

More of Tuteh's books »



kontraktor pameranNamira Consulting Jasa Psikotes Tes Psikologi

2teh

Ende - Flores | tuteh.pharmantara@gmail.com |
ym: tutehpharmantara
Twitter : @tuteh | FB : Tuteh Pharmantara

Rolling Fairy yang suka nyebarin VIRUS BLOG. Senangnya JALAN-JALAN ke mana saja, apalagi dibayar :p Masih suka MOTRET ASAL-ASALAN dan pastinya teteup suka DIPOTRET!


flobamorataBlogFam CommunityInternet Sehat Jump To Top