Workshop Teknik Fotografi & Menulis


 Hi there ... 

Mau cerita-cerita nih. Hehehe.

Bagi saya belajar tak pernah mengenal tempat. Bagi saya, kepuasaan hanyalah tembok yang mengekang gerak maju manusia. Apa hubungan antara belajar dan sebuah kekangan? Begini, teman … ketika saya merasa sudah cukup atau sudah hebat maka saya tidak akan pernah mau belajar apa pun lagi untuk menambah pengetahuan dan kemampuan diri. Jadi, saya perlu merasa haus, lapar, bodoh, bengal, agar saya mau belajar lagi dan lagi.

Yah, tulisan ini seharusnya sudah lama saya posting tetapi sayang baru kali ini dapat memostingnya. Mohon maaf bila date postingan ini saya edit hehehe.
 
Sekembali saya dari Jakarta untuk mengikuti kegiatan workshop sutradara Linimassa3, saya langsung disibukkan lagi dengan berbagai kegiatan kantor (yang sangat saya sukai) dan kegiatan-kegiatan lain. Diantaranya "Workshop Akademi Merdeka di Hotel Grand Wisata Ende" dan "Workshop Teknik Fotografi dan Menulis di BK3D". 

Workshop Akademi Merdeka
Dalam kegiatan ini saya menjadi Panitia Lokal bersama Ibu Ibnu. Tidak sangka juga waktu diajak Ibu Ibnu untuk jadi panitianya. Kegiatan berlangsung sukses selama 3 hari (17 - 19 Juni 2013) dengan 3 narasumber dari Akademi Merdeka, Jakarta. Sebagai panitia kami menyaring 24 peserta yang merupakan gabungan mahasiswa dari beberapa perguruan tinggi di Ende yaitu Universitas Flores, STTPM, dan ABA Saint Mary. Kegiatannya seru; paparan materi, diskusi, menyusun resume, menyampaian pendapat, dan lain-lain. Yang jelas kami berharap wawasan para peserta dapat terbuka, berkembang dan kaya. Itu intinya.

Workshop Teknik Fotografi dan Menulis
Nah, ini kegiatan kedua yang saya ikuti setelah Akademi Merdeka di atas. Dalam waktu yang sama; Rabu,19 Juni 2013, sekelarnya acara di Hotel Grand Wisata saya meluncur ke Aula BK3D untuk mengikuti kegiatan Workshop Teknik Fotografi dan Menulis yang diselenggarakan oleh Balai Taman Nasional Kelimutu. Ceritanya; Flobamora Community (Komuntias Blogger NTT) mendapat undangan untuk mengikuti kegiatan tersebut, diwakili oleh 5 anggota yaitu; Dokter Said, Fauwzya, Eddie, Djho dan Irwan (tapi Djho berhalangan). Saya juga ikut sebagai anggota yang sangat luar biasa karena di luar daftar peserta hahahaha.

Yang paling keren dari kegiatan yang dilaksanakan oleh Balai Taman Nasional Kelimutu ini adalah pematerinya. Tidak tanggung-tanggung mereka mengundang dua pemateri dari National Geographic Indonesia (NGI). Wow! Kaget? Pasti. Hehehe. Dan saya lebih kaget lagi karena ternyata salah seorang pematerinya adalah sahabat, adik, traveler, teman Petualang ACI2010, fotografer keren, yaitu Yunaidi Joepoet. Uuuuh … long time no see, brother, tidak sangka kita ketemu di Ende setelah dia batal datang ke Ende beberapa waktu lalu waktu trip ke Labuan Bajo dan Bajawa. Terakhir ke Jakarta pun saya tidak sempat ketemu Yudi. Akhirnya ketemu di Ende.

Yunaidi Joepoet membawakan materi fotografi (kami dibagi dalam dua kelas) sedangkan Mas Bayu Dwi Mardana Kusuma membawa materi menulis. Selama 3 hari kami memperoleh ilmu-ilmu keren dari mereka. Selain teori, kami juga langsung disuruh praktek. Prakteknya di lokasi Tambang Batu, Sambas. Turun langsung ke lapangan untuk memotret dan kembali ke BK3D untuk menulis laporannya. Wow sekali deh pokoknya meskipun waktu turun lapangan ini saya tidak ikut serta. Dan intinya hidup saya tidak sia-sia karena setiap hari saya belajar hahaha.

Jumat, setelah acara di BK3D selesai saya, Yudi, Mas Bayu, om Apo (oleh karena beliau ini Flobamora Community dapat mengikuti banyak pula kegiatan-kegiatan keren), Yudit, adek Pyer, Nick, Said, pergi ke Pantai Ria untuk menikmati sunset khas Ende dan makan-makan. Dari Pantai Ria kami menuju ke Patung Bung Karno untuk foto-foto. Sudah berhenti? Belum! Dari lokasi Patung Bung Karno di Jalan Soekarno, rumah saja jadi incaran hahaha. Kebetulan pula teman-teman mau packing untuk Rokatenda Tahap 11 jadi ya sekalian ketemu dan ngobrol ngalor-ngidul.

Sabtu pagi, sebelum terbang ke Kupang, om Apo mengajak Yudi dan Mas Bayu untuk sarapan di kantin Universitas Flores (yang lokasinya hanya 5 langkah dari ruang kerja saya itu hahaha). Dan akhirnya harus pisah sama Yudi. Semoga kita dapat ketemu lagi, kopdar, makan, ngobrol sepuasnya :D

Terima kasih Balai Taman Nasional Kelimutu yang telah melaksanakan kegiatan keren ini. Dan terima kasih masih terus menggandeng Flobamora Community dalam kegiatan-kegiatan kerennya!

Wassalam.

0 comments:

Post a Comment

 

2read






Tuteh's bookshelf: read


Negeri 5 MenaraSamanMadreTitaniumSupernova: Ksatria, Puteri, dan Bintang JatuhThe Lost Symbol

More of Tuteh's books »



kontraktor pameranNamira Consulting Jasa Psikotes Tes Psikologi

2teh

Ende - Flores | tuteh.pharmantara@gmail.com |
ym: tutehpharmantara
Twitter : @tuteh | FB : Tuteh Pharmantara

Rolling Fairy yang suka nyebarin VIRUS BLOG. Senangnya JALAN-JALAN ke mana saja, apalagi dibayar :p Masih suka MOTRET ASAL-ASALAN dan pastinya teteup suka DIPOTRET!


flobamorataBlogFam CommunityInternet Sehat Jump To Top