Kode Etik Online & Sosialisasi Blog

Hari ini benar-benar disaster’s day. Tapi ini disaster yang nyenengin. Kok nyenengin? Baca donk cerita saya hari ini hahaha.

Lembaga Publikasi Universitas Flores tempat saya bekerja punya kerjasama dengan RRI Ende untuk sebuah program bernama Universitaria. Program ini mengudara setiap Rabu sore pukul 4 menghadirkan narasumber-narasumber dari lingkungan Uniflor maupun dari luar, sesuai tema yang diusung di setiap mengudara. Hari ini seharusnya seorang dosen yang menjadi narasumber Universitaria dengan tema yang-saya-lupa-judulnya. Akan tetapi bapaknya tidak bisa menjadi narasumber karena harus mengisi kuliah sore. Team produksi kalang kabut!

“Kakak, tolong kakak saja yang isi Universitaria sore ini,” kata Mila. Panik. Ya pasti panik karena hari sudah menjelang siang dan bagaimana caranya mencari narasumber lain di waktu yang demikian mepet?

Saya menolak. Kenapa menolak? Karena saya sedang batuk-pilek. Jelas nggak enak didenger suaranya hahaha. Yang kedua karena saya bingung harus mengisi tema apa? Mau bicara apa? Tentang blog? Lagi? Bukannya saya sudah pernah jadi narasumber di Universitaria dan berbicara banyak soal blog? Alasan ketiga adalah karena saya sudah janji dengan pak Mansyur untuk sosialisasi dan pelatihan blog bagi mahasiswa/i PGSD yang diasuh oleh beliau. Lalu gimana donk?

“Itu tentang kode etik online saja, kakak! Yang kakak ke Jakarta itu,” usul Mila. Wah... saya jadi tertarik nih. Gimana yah?

Akhirnya saya putuskan untuk menerima tawaran itu. Pertama, harus memegang janji. Jadi saya hubungi pak Mansyur untuk ijin datang telat 1 jam (so jam 5 saya sudah bisa berhadapan dengan adek-adek mahasiswa/i itu). Urusan janji selesai. Beres. Saya segera membantu Eka membuat TOR siaran. Saya sendiri menyiapkan data-data yang sudah saya peroleh dari ICT Watch saat mengikuti FGD di Hotel Harris bulan September kemarin. Beres lah sudah J hehehe.

Jam 4 saya meluncur ke RRI Pro-1, bertemu Yudith. Iya, Yudith member FC juga dan penyiar Universitaria. Hehe. Kami bekerja di bawah payung yang sama *tsah* hahaha. Selain Yudith, penyiar lain bernama Irwan. Psstt... tapi nama udara mereka itu Sela dan Adit loh! Hahaha. Di sini sulitnya saya kuatir keceplosan nyebut nama asli ;))

Tepat pukul 4 mars Uniflor berkumandang. Acara pun dimulai.

Acara dimulai dengan memperkenalkan narasumber dan saya merasa seperti nostalgia saat dulu masih menjoki radio Gomezone hihihi. Trus mulai lah pertanyaan demi pertanyaan seputar Kode Etik Online. Apa itu Internetsehat? Mengapa harus ada Kode Etik Online? Mengapa kalau berinternet harus sehat? Dan saya juga menyertakan contoh-contoh perilaku di dunia maya yang akhirnya para netizen itu terseret ke ranah hukum. Gilaaa serem banget deh pokoknya hehe. Saya lebih suka membicarakan Kode Etik Online lebih santai... lebih segar... banyak banyolan... ya biar yang denger juga nggak bosan. Apalagi kan suara saya lagi bindeng aka nggak enak didengar akibat batuk pilek!

Tidak terasa bincang-bincang tentang Kode Etik Online ini memakan waktu 1 jam. Emang dijatah 1 jam saja sih ;)) disisipi pula dengan lagu-lagu yang ada kaitannya sama internet kayak Online-nya Saykoji, My Facebook-nya Gigi sampe Miss Chatting-nya Indra Bekti! Kece ih hehe.

Kesimpulan saya untuk pendengar, “marilah berinternet secara sehat dan bijaksana agar kita terhindar dari persoalan hukum. Mulailah dari hari ini untuk lebih baik menggunakan internet.”

Selesai siaran saya di bbm sama pak Mansyur. Katanya pelatihan blog di warnet Maranatha ditunda hari Sabtu saja. Walah! Saya langsung pulang donk. Tapi begitu sampe rumah, cek bb lagi, eh pak Mansyur bbm lagi katanya ditunggu di ruang FE, Uniflor. Meskipun nggak ada fasilitas internet, biar kita bincang-bincang soal blog terlebih dahulu. Boleh lah. Pas mau pergi ke kampus, saya di bbm sama Eddie! Walah saya lupa kalau untuk pelatihan / sosialisasi blog ini saya juga ngajak Eddie! Akhirnya saya jemput Eddie di warnet Maranatha dan kami meluncur ke kampus ;))

Ada sekitar 12-an mahasiswi (karena semuanya perempuan) sudah menunggu di kelas. Kelas ini harusnya berisi 40-an mahasiswa/i tapi khusus sore ini ya kelompok kompak ini dulu yang disosialisasi soal blog. Pak Mansyur memperkenalkan saya dan Eddie dan kami dipersilahkan untuk bercerita tentang pengalaman blog sejak awal hingga saat ini. Wah kesenangan saya ini! Bercerita dengan santai agar mereka paham dengan maksud omongan kita. Saya usahakan agar terarah karena saya agak kacau orangnya kalo ngomong wakakaka.

Cerita saya dimulai sejak 2003, diperkenalkan blog oleh mami vi3. Terus gabung sama Blogfam, terus berkembang hingga membentuk FC. Cerita yang panjang dan mereka nampak antusias mendengarkan. Wah bagus ini! Yang penting semangat dulu! Koneksi internet bisa kita dapatkan kapan-kapan! Hahaha. Setelah saya, giliran Eddie yang bercerita tentang pengalamannya ngeblog. Seru-seru lah.

Peserta bertanya macam-macam. Mulai dari alamat email yang boleh dipakai, twitter itu apa, sampai dengan youtube. Bahkan ada juga peserta yang bertanya tentang, “bbm itu apa ya, kak?” kami menjawab dengan sabar karena kami sendiri yang meminta mereka bertanya apa saja tentang dunia internet, komputer dan teknologi. Berbagi itu indah yah ;)) hehehe. Meskipun pengetahuan kami sedikit, tapi pengetahuan yang sedikit itu wajib dibagi pada siapa pun yang ingin dibagi. Bukan begitu?

Tidak terasa 1,5 jam ngobrol soal blog bersama adek-adek ini. Rasanya senang banget. Capek? Iya capek ngomong hahaha tapi terbayar sama rasa senangnya.

Pulang dari kampus saya buru-buru buat tulisan ini untuk berbagi pengalaman disaster’s day saya hari ini. Disaster yang nyenengin hihihi ;)) semoga semangat berbagi kebaikan ini akan terus berlanjut seterusnya! What a wonderful life!

Wassalam.


2 comments:

  1. nama saia yang mengandung kurang beretika nih.. gimana dong?

    ReplyDelete
  2. indahnya berbagi... teruskan perjuangan mu kak Tuteh...

    ReplyDelete

 

2read






Tuteh's bookshelf: read


Negeri 5 MenaraSamanMadreTitaniumSupernova: Ksatria, Puteri, dan Bintang JatuhThe Lost Symbol

More of Tuteh's books »



kontraktor pameranNamira Consulting Jasa Psikotes Tes Psikologi

2teh

Ende - Flores | tuteh.pharmantara@gmail.com |
ym: tutehpharmantara
Twitter : @tuteh | FB : Tuteh Pharmantara

Rolling Fairy yang suka nyebarin VIRUS BLOG. Senangnya JALAN-JALAN ke mana saja, apalagi dibayar :p Masih suka MOTRET ASAL-ASALAN dan pastinya teteup suka DIPOTRET!


flobamorataBlogFam CommunityInternet Sehat Jump To Top