Blog31Hari #4 - Semangat Menulis Saat Lanjut Usia

"Tolong buka di... (www.nianalok.wordpress.com)."

Saya terperangah.
Beliau; sudah tua, berambut putih, berkemeja batik coklat air. Lidahnya fasih mengucapkan WORDPRESS! Sori blogger, nggak ada maksud hehehe.

Nah, saat membaca ini, apakah temans sudah mengakses alamat blog tersebut di atas? Iya, katanya itu blog yang berisi tentang Sikka, salah satu kabupaten di NTT dengan ibukota Maumere (di mana saya berdomisili sekarang). Awalnya saya nggak ngeh. Pikir saya, orang setua ini suka banget baca2 ya... kenapa nggak langganan koran aja sih? Kan lengkap juga berita2 di koran lokal NTT kayak Flores Pos, Pos Kupang atau yang baru ini namanya Flores Star?

Ternyata saya salah!

Dengan gagahnya, beliau membaca lembaran yang habis diprint, "seharusnya tulisan saya yang ini, sudah diposting di blog ini!"

What!???
Orang setua beliau menulis untuk BLOG!? Yang kita nggak tau dibayar atau enggak, tapi semangatnya... naujubileh!!! Hebat!

Kamu... ya KAMU YANG LAGI BACA! TEPUK TANGAN GIH!

Jadi maksud si Bapak ke warnet adalah untuk mengechek tulisannya, sudah diposting atau belum sama yang punya blog(?), sekaligus juga menge-print postingan tersebut. Padahal kan beliau sudah punya versi aslinya? Tapi dengan gigih minta di-print ulang, plus foto-fotonya, plus date post -nya, plus warnanya.

Orang setua itu punya semangat menulis yang tinggi. Bagaimana dengan kita yang masih muda? Ya... saya merasa masih muda lah bila dibandingkan sama kakek2 usia 70-an tahun hehehehe. Masalahnya, tulisan si Bapak itu bukan tulisan ringan. Itu tulisan SYARAT SEJARAH! Saya yakin banyak anak sekolah yang tertolong dengan tulisan itu. Tugas-tugas sekolah sekarang kan banyak yang mengupas tentang daerah masing-masing. Budaya, sejarah, seni... ah pokoknya si Bapak itu KEREN lah!

Satu hal yang saya sayangkan. Saya nggak bertanya nama beliau siapa. Jadi saya nggak bisa memastikan. Tapi kalo menurut tulisannya sih, nama beliau terpampang di bagian bawah judul postingan. Silahkan lihat. Apakah ada yang mengenalnya?
Mungkin juga saya terlalu shocked bahwa di kota sekecil Maumere (sama ketika saya menyebut Ende hehehe) ada seorang Bapak usia lanjut datang ke warnet, bukan buat nyari anaknya, tapi buat ngecek tulisannya di sebuah blog.

Mungkin beliau memang gaptek dan tidak punya blog sendiri, tapi beliau punya SEMANGAT MENULIS SAAT LANJUT USIA... semangat yang tetap menyala. Kata iklan sih; nggak ade matinye!

Saya tertampar keras :)
Seharusnya anak-anak muda juga tertampar keras. Kenapa sih cuma buang waktu pasang status nggak jelas di jejaring sosial yang itu-itu juga? Kenapa nggak manfaatin waktu untuk menulis? Jangan sampe nanti kehilangan waktu seperti saya... wkwkwkwkwk ;)) *gaya e*

Mau kah Pesta Blogger mengangkat hal ini nanti?

Wassalam.

6 comments:

  1. kita ajak ke workshop blog FC nantinya...Mau??? sebagai tamu istimewa. T, usulan gmn tulisan kita selama 31 hari kedepan di posting juga di FC...rata2 belakangan kita lebih melek dengan apa yg terjadi disekitar kita. NTT lebih terekspos menurutku. Setuju???

    ReplyDelete
  2. Boleh... makanya, kapan pulang? Kita bikin workshop.. ngundang orang2 yang sering datang ke warnet juga... boleh tuh :D

    Btw postingan T yang ini, dimasukkan ke FC yah?

    ReplyDelete
  3. wah keren juga thu.kakek2....masih hobyy menulis juga..hehehehe..ajak saja ke Kopdar pesta blogger 2010...hohohooo,,,maap sebelumnya..saye minta maap..kenalkan nama saye ahmil...dari Bajo maumere..nitip link yea,,.. gO blogger Flobamora NTT
    http://ahmilanakwajo.blogspot.com

    ReplyDelete
  4. semangat sharing ttg sejarah itu penting banget, salut... salam hormat saya yah teh :)

    ReplyDelete
  5. wah keren2...jadi malu ma diri sndri..bnyk yang pengen ditulis tp kadang rasa malas itu yang jadi satu tantangan besar...

    wah kapan tuh workshopnya??pengen ikutan juga kak...T.T

    ReplyDelete
  6. Hai..pakabar, mau numpang lewat aja..hahaha, mungkin yg di maksud Bpk. longginus Diogo. kalo mau di undang sy bisa bantu hubungi..
    oh iya kebetulan saya (topan) salah satu admin di http://nianalok.wordpress.com. sekalian makasih udah buat link ke blog saya.thks

    ReplyDelete

 

2read






Tuteh's bookshelf: read


Negeri 5 MenaraSamanMadreTitaniumSupernova: Ksatria, Puteri, dan Bintang JatuhThe Lost Symbol

More of Tuteh's books »



kontraktor pameranNamira Consulting Jasa Psikotes Tes Psikologi

2teh

Ende - Flores | tuteh.pharmantara@gmail.com |
ym: tutehpharmantara
Twitter : @tuteh | FB : Tuteh Pharmantara

Rolling Fairy yang suka nyebarin VIRUS BLOG. Senangnya JALAN-JALAN ke mana saja, apalagi dibayar :p Masih suka MOTRET ASAL-ASALAN dan pastinya teteup suka DIPOTRET!


flobamorataBlogFam CommunityInternet Sehat Jump To Top