Blogger Perempuan

- Saturday, December 01, 2018

#SabtuReview, artinya pada Sabtu selalu hadir pos soal filem, buku, maupun lagu. Kalian pasti sudah terpingkal-pingkal membaca tentang Tikil, jadi ikut deg-degan membaca tentang A Quiet Place, atau terbuai dengerin lagunya Kings of Convenience. Tapi hari ini, spesial beud, saya ingin menulis tentang sesuatu di luar filem, buku, dan lagu. Ini tentang sebuah komunitas perempuan yang kece badai. Komunitas yang baru saya ikuti, menjadi member, tapi langsung bikin saya punya banyak teman. As simple as that. Begitu cepat blog ini dikunjungi pula oleh member komunitas lainnya! Jadi terharu *peluk monitor, terus kesetrum dan berubah jadi lebih cantik*.

Baca Juga : Lagu-Lagu Ini Punya Kembaran

Nama komunitas ini adalah Blogger Perempuan. Jaringan Blogger Perempuan Terbesar di Indonesia. Salah satu komunitas blogger khusus perempuan yang saya ikuti. Lebih jelasnya, silahkan baca kutipan di bawah ini: 

Blogger Perempuan Network adalah tempat yang nyaman bagi blogger wanita Indonesia untuk belajar, berbagi, dan menginspirasi satu sama lain melalui konten. Sejak 2015, komunitas kami telah berkembang pesat dan menjadi komunitas blogger wanita terbesar di Indonesia. Kami menciptakan platform di mana blogger wanita dapat berbagi konten mereka dengan niche tertentu, mengirimkan blog mereka di direktori, dan bergaul dengan orang lain. Kami juga mendukung aktivitas digital komunitas dengan melakukan acara offline dan online dengan pengetahuan tentang blogging.

Gabung sama Blogger Perempuan gara-gara blogwalking ke blog-nya ... saya lupa *dilempar batako*. Yang jelas, saat itu juga saya meluncur ke situs Blogger Perempuan, mendaftar, memenuhi persyaratan seperti memasang banner Blogger Perempuan di blog ini dan follow akun media sosialnya, menunggu proses diterima, dan voila ... jadilah saya member Blogger Perempuan termuda dan tercantik. Beberapa hari kemudian, trafik blog saya semakin meningkat. Yang saya ingat, blog pertama dari member Blogger Perempuan yang saya kunjungi itu blog milik Kakak Uphiet Kamila yang waktu itu masih pakai Blogspot belum domain sendiri.

Apa saja keuntungan menjadi member Blogger Perempuan? Banyak! Diantaranya: punya banyak teman yang artinya network kita semakin luas, setiap pos blog boleh di-publish di situs Komunitas Blogger Perempuan yang artinya Blogger Perempuan secara tidak langsung turut mempromosikan blog kita - gratis, diperbolehkan untuk berkontribusi dengan cara menulis artikel untuk Blogger Perempuan, dan mengikuti ragam lomba dan/atau kompetisi dan/atau kesempatan me-review produk ini itu yang pasti selalu diinformasikan di sana yang artinya kesempatan untuk mengisi pundi-pundi Rupiah terbuka lebar. Satu lagi nih, kalian boleh mengunduh dan memanfaatkan Freebie.

Bagi saya, mengikuti atau menjadi member komunitas blogger tidak pernah merugi.

Baru-baru ini Blogger Perempuan menantang member-nya melalui BPN 30 Days Blog Challenge. Member ditantang untuk ngepos konten blog tanpa jeda selama tiga puluh hari dimulai 20 November 2018 sampai 20 Desember 2018.


Bagi blogger yang tidak terbiasa nge-blog setiap hari pasti sulit memikirkan ide konten blog kan. Tapi jangan kuatir! BPN 30 Days Blog Challenge sudah menyediakan tema untuk setiap harinya. Adalah Ewafebri, member keren yang blog-nya punya ciri khas ilustrasi yang dia bikin sendiri, telah membikin jadwal atau daftar tersebut sebagai berikut:


Membaca task tantangan selama tiga puluh hari di atas, ada perasaan meletup-letup dalam diri saya. Tapi sayang, saya tidak mengikuti BPN 30 Days Blog Challenge tersebut. Padahal asyik sekali kan hahaha. Melalui tantangan ini, selain untuk membantu target trafik, secara tidak langsung Blogger Perempuan membantu blogger yang, katanya, sering kehabisan ide untuk menulis konten blog. Lihat saja tiga puluh tema tantangan menulis di atas; mulai dari kenapa menulis blog, tema blog yang disukai, 5 fakta soal diri sendiri, hal yang disesali saat ini, sampai target blogging tahun 2019.

Baca Juga : Flores, Adventure Trails

Kalau dilihat, saya sudah menulis hampir sebagian tema di atas karena saya memang menantang diri sendiri untuk meng-update konten blog setiap hari. Hampir, jadi belum semua tema. Kalau kemarin-kemarin setiap Hari Minggu selalu ada Triplet, novel itu, karena sudah selesai jadi slot hari Minggu dikosongkan saja. Haha. Lagi pula Hari Minggu kita nikmati saja libur mingguan itu. 

Kalau Blogger Perempuan punya tiga puluh tema untuk BPN 30 Days Blog Challenge ini, maka saya sendiri juga punya tema untuk blog ini dari Senin sampai Sabtu. Alhamdulillah sampai sekarang saya masih bisa menjawab tantangan diri sendiri itu. #SeninCerita, #SelasaTekno, #RabuLima (Kesehatan), #KamisLima (Macam-macam), #PDL pada Jum'at tentang hal-hal remeh yang pernah dilakukan, dan #SabtuReview. See? Jadi tidak ada lagi alasan saya kehabisan ide menulis blog karena selalu ada hal yang bisa ditulis setiap harinya. Sudah cukup hiatus zaman dulu, sudah cukup malas-malasan, saatnya lebih giat menggali potensi diri karena dengan rajin menulis lama-kelamaan tulisan kita niscaya lebih bagus. Kalau saya sih tulisannya semakin hancur haha.

Seandainya blog saya suatu saat nanti tidak ter-update, itu bukan karena kehabisan ide, melainkan karena (1) Malas dan (2) Belum punya waktu untuk menuangkan pikiran-pikiran un-jenius ke blog.

Membaca tulisan teman-teman yang sudah mengikuti BPN 30 Days Blog Challenge ini, seperti Ewafebri, Ajengveran, atau Dinilint, begitu banyak ide menulis ter-big-bang di kepala saya. Ide-ide itu antara lain tentang: nama blog, blogger perempuan favorit (bagian 1, bagian 2, dan seterusnya), blogger unik, tempat makan favorit, dan lain sebagainya. Luar biasa, secara tidak langsung Blogger Perempuan telah menyiram avtur bergalon-galon pada saya. Dan saya patut berterima kasih pada Uphiet Kamila juga nih, soalnya dalam pos blog salah satu tantangan dari Blogger Perempuan, saya ditulis sebagai salah satu travel blogger perempuan favorit di sana haha. Horeeee!

Terima kasih Blogger Perempuan.

Kalian yang membaca pos ini, terkhusus perempuan, tunggu apa lagi? Jangan tunggu dinosaurus bangkit. Gabung yuk sama Blogger Perempuan dan rasakan manfaatnya yang luar biasa. 



Cheers.
Advertisement

19 komentar

avatar

wah sayang saya kalo ikutan bisa di gebukin

avatar

Wahana bagi para blogger perempuan yang hebat ini...

avatar

Asyik ya ada komunitasnya, pastinya berbagi ilmu dan pengalaman akan lebih asyik karena obrolannya bakal nyambung hihi..
kalo kumpulan blogger laki2 (jomblo akut) ada gak yah?

avatar

biar blogger perempuan,,,,,,semakin produktif kedepanya ya,,,,, yaqni berkarya dan menulis yang banyak mengispirasi bagi kebanyakan orang

avatar

Aku malah posting tiap kelipatan tanggal 5. Dan pertengahan tahun bikin tulisan ngopi tiap pekan di tiap tanggal 5, 15, dan 25

avatar

Tantangannya seru banget, kudu punya komitmen yang kuat itu mah :)

avatar

Karena saya bukan berjenis kelamin perempuan, ya saya baca aja ini artikel tanpa ada komen hihihi

avatar

Sayangnya aku bukan perempuan, tapi kayaknya ga ada komunitas Blogger Laki-laki. wkwk

avatar

:( boleh ikut gak ya beb?

avatar

Kalau buat saya, tantangan 30 Day-nya BPN menantang karena temanya bukan hal-hal yang umum saya tulis. Jadi harus menggali kreativitas .

avatar

Berharap suatu saat bisa beneran nulis tiap hari dan bertema seperti punya kak Tuteh. Awalnya saya bikin sabtu buat traveling, rabu buat review buku. Apalah daya yang rabu masih jalan di tempat. Hehehe...Semangat terus kak Tuteh :)

avatar

@Mangs Abdul:
Hahah yoih :p khusus perempuan.

@Akhmad Muhaimin Azzet:
Betul, banyak blogger-blogger perempuan hebat di Indonesia yang kekuatan menulisnya luar biasa.

@Wiki Pebrianto:
Iya, kan asyik bisa bagi cerita ini itu. Wah kalau kumpulan blogger laki-laki jomblo akut itu pasti ada cuma enggak ngeksis hahaha :D

@Tanza Erlambang - Speed Up:
Terimakasih :P

@Triknews:
Betul. Blogger Perempuan di Indonesia ini banyak, banyak lupa komunitas tempat para blogger perempuan saling berbagi cerita dan berbagi inspirasi.

avatar

@Nasirullah Sitam:
Hehehe nah itu kan asyik jadi punya jadwal kan *toss*. Birpun kelipatan lima tapi teteup terjadwal rutin.

@Om Bisot:
Betul sekali om. Everyday soalnya mah hahaha.

@Aris Armunanto:
Hahahah setuju mas Aris :D Tapi siapa tahu bisa berbagi info dengan blogger perempuan lain yang dikenal ... ihiiirrr ....

@Rahmat Fadhli:
Betul juga yaaak ... hampir nggak ada komunitas yang khusus lelaki :D kenapa oh kenapa? Atau mungkin ada cuma kita aja yang nggak tahu? ;))

@Risna:
Ayo bebs, ikutan. Daftar donk ... hehehe.

avatar

@Dyah:
Betul. Sangat menantang tantangan dari BP ini. Semangat hingga sampai garis finish! *toss*

@Uphiet:
Hehehe dibikin pelan-pelan. Awalnya dua hari aja per minggu, ntar naik tiga kali ... dst. Insha Allah. Tapi semua kembali pada waktu kan ya hehehe.

avatar

Kaaaaak Tuteh.... 😭😭😭😭😭😭 Saya baru baca ini.. kok bisa terlewati.. *hadeeh*.. terima kasih sudah menyebut namaku di Blog mu ( jangan sampai nyanyi ). Ijin share ya.. ❤️❤️❤️❤️❤️

avatar

saya peluk siapa mbak?? hehe..
update konten penting banget ya mbak, bisa buat blog tambah kenceng larinya, apalagi gabung blogger komunitas,,
mantap..

avatar

@Ewafebri:
Hahahaha eh eh saya baru tahu itu namanya Bowgel kan ya karakter itu?

@de Eka Sas:
Ya kira-kira begitu menurut saya, entah menurut orang lain hahaha, beda-beda pendapat dan tips.

avatar

BP itu tempat pertama aku bergabung di komunitas dan komunitas pertama yang ngasih kerjaan dengan fee yang lupayan untuk blogger yang baru ikutan komunitas kayak saya hahaha, dari member BP saya baru tau ternyata banyak komunitas blogger lain yang bisa di eksplor trus banyak ilmu yg didapat untuk menggembangkan blog :D

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search