5 Ide Kandang Natal DIY



Holaaa Kamis manis :)

Senin kemarin saya ngepos soal Lomba Membikin Kandang Natal antar unit di Universitas Flores. Penilaian yang akan dilaksanakan Sabtu besok tentu membikin saya harus putar otak. Seperti apa modelnya, apa bahannya, bagaimana cara membikinnya. Tidak mudah memang. Apalagi ada kata 'minimalis' dalam persyaratan lomba. 

Baca Juga: 5 Manfaat Tidak Menonton Televisi

Gara-gara kata 'minimalis' ini, kandang gede yang sudah dibikin harus saya rombak menjadi lebih mini, minimalis, tapi tetap manis, seperti Kamis. Ini sih penampakan yang sudah jadi:


Tapi harus dirombak hehe.

Karena kemarin saya cukup lama ngeronda di Youtube dan IG demi mencari informasi tambahan untuk membikin kandang Natal ini, maka hari ini saya pengen menulis tentang ide membikin kandang Natal yang Do It Yourself (DIY). Mudah dibikin dan hanya membutuhkan sedikit percikan kreativitas.

Mari kita lihat, apa saja ide itu?

1. Koran


Kandang Natal berbahan koran ini memang tidak semudah kandang Natal berbahan kardus. Karena eh karena harus membikin pipa berbahan koran (yang dipelintir). Setelah itu bikin pola alasnya, dan mulai menganyam. Caranya kira-kira sama dengan membikin Pohon Natal yang pernah saya bikin tahun lalu. Tingkat kecermatan dan detail sangat diperlukan untuk membikin kandang Natal berbahan koran.

2. Botol Plastik


Dari yang saya lihat di Youtube, banyak juga yang membikin kandang Natal berbahan botol plastik. Bentuknya bisa macam-macam, tergantung mal yang dipakai juga. Jangan lupa, harus berani bereksperimen untuk mendapatkan hasil yang bagus. Selain botol plastik, bisa juga menggunakan gelas plastik.

3. Kayu dan Bambu


Kalau ini sih bahan yang umumnya digunakan untuk membikin kandang Natal. Biasanya untuk atap digunakan alang-alang, sedangkan untuk alas/rumput digunakan serbuk kayu yang bisa diperoleh dari bengkel kayu. 

Baca Juga: 5 Peserta Favorit Kelas Blogging

4. Piring Kertas


Salah satu video yang saya nonton adalah tutorial membikin kandang Natal menggunakan piring kertas (bundar) yang ditekuk-tekuk, dihekter, lalu membentuk gua. Prosesnya memang mudah dan bakal jadi sangat manis apabila bentuknya sempurna.

5. Kardus + Koran


Inilah bahan kandang Natal yang saya bikin seperti gambar di atas. Menggunakan kardus dan koran. Oh tentu, harus menggunakan cat juga dooonk supaya jadi tjakep hehe.

Masih banyak ide lainnya, silahkan dicari sendiri, siapa tahu kalian juga ingin membikin sendiri kandang Natal untuk diletakkan di depan atau di pojok rumah, berdekatan dengan Pohon Natalnya.

Saya tidak ingin berlama-lama menulis ini, karena harus kembali ke bengkel kerja alias ruang tamu yang sudah kacau balau begitu hahaha. Lihat saja penampakannya:


Maafkan kami, Mamasia, telah membuatmu lelaaaaah menyapu dan membersihkan semua benda-benda ini haha. Sampai tadi saat Mamasia hendak menyapu saya bilang: nanti saja lah, Mamasia, kalau sudah selesai kami bereskan. 

Baca Juga: 5 Yang Unik Dari Ende (Bagian 2)

Demikian ... semoga bermanfaat ya, kawan! Selamat berkreasi.



Cheers.

Posting Komentar

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak