5 Manfaat Garam

- Wednesday, November 21, 2018


Otak manusia merupakan organ perkasa yang bahkan dinosaurus pun membutuhkannya yang mampu menyimpan banyak perkara. Bahkan, hebatnya perkara-perkara yang disimpan itu, tanpa diminta, saling bertaut. Saling nge-link kayak network. Tidak percaya?

Fulana: Ternyata lidah buaya banyak manfaatnya.

Fulane: Tuteh.

Fulana: Tuteh? Emang kenapa?

Fulane: Dia pernah nulis soal manfaat lidah buaya.

Fulana: Oooh iya! Dia juga pernah nulis manfaat kopi!

Dan seterusnya. Bertaut ke sana, bertaut ke sini. Sampai habis itu Fulana dan Fulane ngomongin isi blog saya dari cerita perjalanan sampai review filem, dari hal-hal berbau teknologi sampai manfaat ini itu, dari dunia nge-blog sampai cerita lama yang pernah dilakukan. Hahaha. Senangnya kalau percakapan itu terjadi di dunia nyata. Sayang ... hanya imajinasi saya saja. 

Baca Juga : 5 Manfaat Bawang Putih

Nulis soal otak manusia dan perkara-perkara saling bertaut yang tersimpan di dalamnya, wajah eksotik Nusret Gokce sering terlintas di benak saya kalau orang ngomong atau nulis soal garam. Nusret yang asli Turki ini dikenal dengan julukan Salt Bae karena gaya menabur garamnya itu fenomenal betul. Ambil garam sejumput, lengan ditekuk seksi, miringkan posisi berdiri sekian derajat, taburkan garam pada potongan daging, serrrrr ... sambil mata ngintip dari balik kaca mata. Rambutnya yang agak gondrong, otot lengannya, sixpacks-nya. Eh. Maaf, jadi bertaut ke fisik. Gagal fokus. Silahkan cari di Youtube video-video chef keren yang satu ini dan silahkan gagal fokus berjamaah.


Tapi kali ini saya tidak menulis tentang Nusret. No no no. Bisa kesulitan tidur kalau ingat fisik dan gayanya. Saya mau menulis soal garam yang identik dengan si chef Salt Bae itu. Garam? Kenapa harus garam? Karena garam yang punya empat bentuk itu memberikan banyak manfaat bagi kehidupan manusia. Lagi-lagi literasi utama tulisan ini adalah buku karya Jerry D. Gray

Empat bentuk garam itu adalah: garam batu, garam hitam, garam laut, dan garam danau. Kalau garam-garam kamu ... itu lagunya Slank. Eh ;)

Komposisi garam antara lain:
Sodium untuk membantu menyembuhkan keasaman dan membersihkan darah, Klor untuk membersihkan tubuh dari elemen-elemen asing, Kalsium untuk membantu tulang untuk tumbuh dan berkembang, Fosfor yang sangat penting untuk fungsi otak, Zat Besi untuk membantu tubuh menyerap oksigen dan mengeliminasi gas CO2, Mangan untuk membantu mendistribusikan garam ke seluruh tubuh, Kalium untuk menguatkan jantung - hati - dan saraf-saraf, Sulfur untuk membersihkan darah dan kulit, Silikon untuk menguatkan mata dan telinga, Magnesium yang penting bagi kesehatan tubuh secara umum, dan Fluorine untuk memperkuat tulang dan mengatur kadar keasaman.

Di atas *tunjuk-tunjuk* itu baru kandungan atau komposisi garam. Belum manfaatnya loh. 

Baca Juga : 5 Cara Mengatasi Kerontokan Rambut

Lantas, apa saja manfaat garam? Garam ternyata dapat mengatasi:

1. Jerawat

Oleskan campuran jus jahe dan garam pada jerawat untuk menghilangkan jerawat tersebut.

2. Ketombe

Cuci rambut dengan air bergaram. Hal ini akan membantu menghilangkan ketombe. Gray mengatakan bahwa sebagai seorang scuba diver dia telah membuktikan bahwa hal ini benar. Tidak ada ketombe selamanya.

3. Masalah Gigi dan Mulut

Berkumur secara teratur dengan air garam akan mengurangi rasa sakit karena gigi keropos dan menyegarkan mulut serta menghilangkan bau tak sedap. Memasukkan garam (batu) ke dalam lubang di gigi akan mengurangi atau menghilangkan sakit gigi dalam beberapa menit.

Tapi jangan ditelan yaaaa.

4. Cacing

Makan pisang ditaburi garam batu dan jus lemon pada perut kosong pada pagi hari akan menghancurkan cacing perut.

5. Masalah Perut

Campurkan satu atau dua sendok teh jus bawang merah (air perasan bawang merah) dengan sejumput garam batu sesudah makan akan meringankan pencernaan. Mencampurkan sedikit garam dengan air panas akan menyembuhkan sakit perut dan juga akan membantu memperbaiki BAB (yang tidak lancar).

Ini bagus banget ya, apalagi yang mengalami masalah cacingan (atau anaknya). Kira-kira si Nusret juga mengalami masalah cacingan tidak yaaa ... semoga tidak ... kan dia bergaul terus sama garam, qiqiqi ;)

Baca Juga : Manfaat Telur Bagi Tubuh

Semoga bermanfaat!



Cheers.
Advertisement

11 komentar

avatar

Baru tau kalo bisa untuk jerawat, ketombe sama cacing.
Kalau teman2 saya kadang di olesin di bibir biar keliatan pucat kayak orang sakit. Gak bagus yaπŸ˜‚

avatar

Sspertinya saya harus praktek yang berkumur dengan air garam, tapi harus gerilya ambil garamnya kalau tak hm..emak bisa marah gara - gara stok garam cepat habis.

avatar

Saya kalau sakit Gigi obatnya kumur pakai air garam..meski ga kontan sembuh tapi berkurang sakitnya

avatar

saya pernah menggunakan garam untuk obatin jerawat dan sakit gigi, perih dimuka... :)

avatar

Masalah gigi dan mulut, tatkala saya kena sakit gigi, sering saya berkumur-kumur dengan air garam. Aduh asinnya tidak ketulungan.

avatar

wahh bisa buat jerawat baru ngeh.. biasanya garam buat kumur aja klo sakit gigi atau sariawan

avatar

To all : semoga masalah-masalahnya teratasi ya dengan garam heheheh asal jangan minum air garam, bahaya katanya wkwkwkwk :D

avatar

Garam banyak manfaatnya ternyata ya. Anakku pernah tuh sariawan, terus dia kasih garam, cepet sembuhnya tapi periiiih. Entah dia baca darimana itu garam untuk sariawan haha.

avatar

Wkwk.. Lucu deh, jadi ngebahas chef idamanπŸ˜‚πŸ˜‚, saya nya juga jadi ikutan kepo sama nusret.
Tapi saya juga suka banget sama garam lho, lebih suka asin dari pada manis, dulu waktu kecil makan apa aja sukanya dikasih garam bahkan makan jeruk sama ubi rebus aja dicampur garam. Tapi kalau nasi sama garam, nggak lah.. Kan masih ada sambal goreng sedap buatan emak hi...hi..😁😁

avatar

Hahahaha jadi kayak keponakan saya si Thika, sejak kecil doyan ngemil garam πŸ˜‚ kalau nggak garam ya penyedap rasa 🀣🀣🀣. Hwaaaaaaa ... bagi donk sambel goreng buatan Emak. πŸ€—

avatar

Hahaha jangan-jangan si dedek baca di blog ini, Mom? *GR* qiqiqiqi πŸ˜πŸ˜πŸ˜πŸ˜€

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search