Kita, Orang Indonesia

- Monday, October 01, 2018

Indonesia, negara kita tercinta ini, merupakan negara kepulauan. Karena kepulauan, sulit untuk menyamaratakan pembangunan. Karena, biaya untuk membangun satu gedung sekolah di Jakarta, misalnya, tidak sama dengan membangun satu gedung sekolah di Ende. Biaya material tentu berbeda, biaya transportasi berbeda, dan biaya jasa tukang bangunan juga berbeda. Berbeda yang saya maksudkan di sini adalah bisa saja harga semen di Jakarta lebih murah Rp 5.000 ketimbang di Ende. Atau bisa saja biaya jasa tukang bangunan di Ende jauh lebih murah ketimbang di Jakarta. Iya, karena di Ende kan seringnya pakai jasa keluarga atau saudara. Hehe.


Biaya dua gedung sekolah di Jakarta mungkin bisa sama dengan biaya satu setengah gedung sekolah di Ende.

Kita, Orang Indonesia yang terpisah pulau dan berbeda adat budayanya ini, disatukan oleh Bhineka Tunggal Ika. Tapi semboyan itu tidak selamanya dapat menyatukan kita karena perbedaan pandangan politik, misalnya. Yang lebih parah, perbedaan pandangan politik ini dapat berkembang menjadi dasar penilaian keberhasilan dan kemajuan negara ini. Kelompok A akan berkata kelompok B (yang sedang berkuasa) tidak baik dan menyengsarakan rakyat. Kelompok B juga bisa mengatakan sebaliknya terhadap kelompok A dan/atau kelompok C (apabila ada kelompok C). Harusnya setiap kelompok tunjukkan dan buktikan saja pada masyarakat keberhasilan masing-masing. Salah satu kalimat yang pernah saya baca di internet berbunyi : balas dengan karya untuk semua omongan jelek tentang kita.

Kita, Orang Indonesia yang terpisah pulau dan berbeda adat budayanya ini, selain disatukan oleh Bhineka Tunggal Ika, juga dapat disatukan melalui olahraga. Hari ini kita musuhan, tapi apabila tim jagoan kita ternyata sama, besok kita adalah sahabat dan harus saling mendukung. Bila perlu, hancurkan mereka yang tidak sepaham dengan kita. Kadang, nyawa bukan lah sesuatu yang patut dihormati. Harusnya kita bisa menghargai perbedaan tim jagoan karena kalau semuanya sama, tidak seru.


Kita, Orang Indonesia yang terpisah pulau dan berbeda adat budaya ini, selain disatukan oleh Bhineka Tunggal Ika dan olahraga, juga disatukan oleh bencana alam. Tidak ada seorangpun di dunia ini yang menginginkan bencana alam terjadi. Akan tetapi, kehendakNya tidak bisa kita tolak. Tapi apabila terjadi bencana alam, Orang Indonesia termasuk yang paling kompak, bahu-membahu, memberikan pertolongan kepada saudara-saudara yang menjadi korban bencana alam. Lewat kampanye di media sosial, #PrayForLombok dan #PlayForPalu, misalnya. Bisa juga dengan menjadi relawan dan menyumbangkan dana dan/atau barang. 


Kita, Orang Indonesia yang terpisah pulau dan berbeda adat budayanya ini, selain bisa disatukan oleh Bhineka Tunggal Ika, olahraga, dan kejadian (yang tidak kita inginkan) bencana alam, juga dapat disatukan lewat musik. Konser Sheila On 7 misalnya, kaum muda berdesakan dengan yang sudah lewat 40 tahun karena kesamaan selera. Lagi pula, siapa sih yang tidak cinta Sheila On 7? Mereka salah satu legenda Indonesia yang tidak akan pernah pudar. Buktinya, sahabat saya Effie dan si Kakak Pacar masih suka menyanyikan lagu-lagu mereka.


Kita, Orang Indonesia, juga kadang menjadi bahan lelucon satu sama lain. Tapi saya pikir, tidak perlu merasa terhina apabila kita juga sering membuat lelucon tentang orang lain. Karena, Life Is Fun and Life Is Funny :) Selalu ada timbal-balik bukan?


Kita, Orang Indonesia, berbeda itu sudah menjadi hal dasar kehidupan kita. Tapi jangan jadikan perbedaan sebagai alasan untuk bertindak semena-mena atau sesuka hati. Mari membangun. Mari memajukan bangsa ini. Mari mendidik penerus bangsa. Mari menjadi Orang Indonesia yang berbudi dan punya tanggungjawab moral terhadap diri sendiri serta orang lain.

Saya, Orang Indonesia ... entah kenapa menulis ini ...


Cheers.
Advertisement

25 komentar

avatar

Karna memang hakikatnya manusia itu diciptakan berbeda beda untuk saling mengenal , kalau mereka mereka yang tidak suka dengan perbedaan , maka dipertanyakan fitrah kemanusiannya.

avatar

kalau sama, darimana manusia itu bisa belajar hihi ya gak sih. dari perbedaan juga terkadang mampu memacu semangat untuk belajar memahami yang lainnya.

avatar

yup setuju 1000% indonesia bukan cuma di jawa kok beb... kami sumatra juga indonesia :)

btw request lagu ding kikiki : Sahabat sejatiku

avatar

Betul ... setuju sekali! :)

avatar

@Pakudin : lama tidak kelihatan ... ke mana saja kah? :) qiqiqiqiq.

avatar

Benar, sayangkyu qiqiqi :D
Sahabat Sejatiku by Sheila on 7? Nanti yak bakal saya nyanyikan untukmuuuu :*

avatar

Perbedaan bukan memisahkan, tapi sebaliknya menyatukan, karena banyaknya perbedaan membuat kita makin beragam, dan beragam itu rame dan indah, kalo rame dan indah sudah seharusnya kita bersatu, hehee...

avatar

Indonesia indah karena berbeda. Wisata ke Indonesia bagaikan mengunjungi banyak negara. Itu yg bilang tourists asing. Jadi marilah kita bersatu dlm perbedaan.

avatar

Alhamdulillah sekarang Indonesia sudah maju dalam segala bidang hanya kita harus berhati-hati dengan budaya luar yang mungkin kurang bermanfaat segera buang jauh-jauh. Salam buat semua. .

avatar

setuju 100%...
thank you for sharing

avatar

Siapa Kita ???? Indonesia meski berbeda beda tetap saling menghormati pebedaan

avatar

Kita satu, kita sama, dan kita hidup di Negara yang mempunyai kultur budaya berbeda. Tapi kita tetap bisa menerima dengan lapang dada. Kita bangga berkata kalau kita Indonesia

avatar

Betul sekali *toss* heheheeh :D

avatar

Mariiii ... dan apa yang dibilang sama turis asing itu luar biasa!

avatar

Kembali pada filter masing-masing ya hehehe. Semoga kita tetap bisa mengambil yang baik dan meninggalkan yang buruk.

avatar

Hyess!!! Betul sekali! :)

avatar

Kita bangga berkata kalau kita Indonesia. Keren sekali kalimatnya *toss*.

avatar

Orang Indonesia yang terpisah pulau dan berbeda adat budaya ini, selain disatukan oleh Bhineka Tunggal Ika dan olahraga, juga disatukan oleh bencana alam.


Poin pertama *TOS DULU*

Orang Indonesia, berbeda itu sudah menjadi hal dasar kehidupan kita. Tapi jangan jadikan perbedaan sebagai alasan untuk bertindak semena-mena atau sesuka hati. Mari membangun. Mari memajukan bangsa ini. Mari mendidik penerus bangsa. Mari menjadi Orang Indonesia yang berbudi dan punya tanggungjawab moral terhadap diri sendiri serta orang lain.

*Paleng TOS*

Ehm sebuah tanya?


Saya, Orang Indonesia ... entah kenapa menulis ini ...

Baiklah saya jawab.

Karena saya peduli dan karena Indonesia adalah kita, bukan hanya dia, mereka, atau kami.

TOS lagi, sekaligus ada sentialn dikit kwkwk.. salam, keren sekali ine...

avatar

memang perbedaan itu yang membuat semua terasa indah ya kak...

avatar

hwakakakak toss lagi! :) terima kasih Pak Martin ...

avatar

Betul sayangkyuuu :*

avatar

Hehhhehe Ine tidak pakai kopi dan kue seperti om bisot kah kwkwkkw, piss canda

avatar

manusia diciptakan berbeda agar dunia penuh warna !

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search