5 Manfaat Klorofil

- Wednesday, October 31, 2018

Kalian pernah minum klorofil? Bagaimana rasanya? Ada klorofil yang rasanya mint-mint gitu. Saya pernah minum beberapa merek klorofil, yang cair maupun bubuk (dicampur air juga sih), untuk jaga-jaga kesehatan tubuh saja. Karena utamanya sehat adalah pikiran yang positif, menjaga pola makan dan pola hidup, serta berolah raga macam Jalan Malam Keliling Kota alias JMKK itu. Hehe. Teteup yaaa JMKK. Eh beberapa minggu terakhir saya JMKK-nya di Stadion Marilonga loh, jadi namanya JMKS -> Jalan Malam Keliling Stadion. Lumayan memeras keringat karena Stadion Marilonga jauh lebih besar dari Lapangan Pancasila sehingga cukup setara dengan Jalan Eltari. Enam putaran Stadion Marilonga = tiga kali naik-turun Jalan Eltari.

Baca Juga : 5 Manfaat Tertawa

Kembali ke klorofil ... 

Banyak manfaat klorofil bagi kesehatan tubuh seperti yang dilansir dari sini, dari sana, dan dari situ. Benang merah tiga informasi itu adalah bahwa klorofil membantu meluruhkan racun dari dalam tubuh (detoks darah), mencegah kanker, serta memperbaiki sel kulit mati. Hal yang sama juga disampaikan oleh Bidan Klinik Uniflor, Kak Narti, saat menyarankan saya untuk meminum klorofil (lagi). Klorofil itu dapat kalian lihat penampakannya pada awal pos. Botolnya mungil serta tidak berbentuk bubuk (dalam saset), tidak seperti klorofil lama yang saya minum. Rasanya? Segar-segar gimana gitu karena ada rasa mint-nya, seperti rasa klorofil berbentuk bubuk (dalam saset) itu.

Klorofil merupakan salah satu sumber makanan yang memiliki berbagai nutrisi yang penting bagi tubuh, diantaranya adalah: vitamin A, vitamin C, vitamin E, vitamin K, dan Beta Karoten. Klorofil juga sarat akan kandungan antioksidan serta berbagai mineral penting seperti magnesium, zat besi, kalium, kalsium, dan asam lemak esensial.

Jadi, apa saja sih manfaat klorofil?

Yuk kita cek seperti yang dilansir dari dilansir dari sini, dari sana, dan dari situ.  

1. Memperbaiki Kualitas Sel Darah Merah

Hwaaaa ini kan baik hehehe. Klorofilin dapat memperbaiki kualitas sel darah merah. Pada riset yang dipublikasikan pada tahun 2005 di Indian Pediatrics (kok jadi ingat dokter Green di ER?), tanaman wheatgrass atau rumput gandum yang mengandung sekitar 70% klorofil mampu mengurangi kebutuhan jumlah transfusi darah pada orang-orang dengan thalassemia, sebuah kelainan yang menyebabkan tubuh tidak mampu memproduksi cukup hemoglobin dengan baik. Oleh karena itu, orang dengan thalassemia membutuhkan transfusi darah secara berkelanjutan.  

Jadi ingat video #Linimassa3, salah seorang sutradara keren berasal dari Aceh dengan fokus tentang pasien thalassemia. Ambasador-nya Iwan Fals loh.

Baca Juga : 5 Obat Sakit Kepala

2. Dapat Mengontrol Baru

Klorofil juga memiliki sifat sebagai penghilang bau. Dapat digunakan untuk menghilangkan bau mulut yang disebabkan oleh pencernaan yang buruk secara efektif dan juga digunakan sebagai obat kumur. Hyaaa Kakak Narti juga menyarankan saya untuk kumur-kumur sama klorofil itu. Klorofil merupakan salah satu zat yang sangat baik untuk pengeluaran sisa-sisa zat yang dicerna oleh tubuh, termasuk bau tinja. Selain pengurangan bau, klorofil juga dapat meringankan sembelit dan mengurangi gas dalam tubuh.

Akyu suka kalau bisa mengurangi gas dalam tubuh :p

3. Mencegah Kanker

Suplemen klorofil dilaporkan dapat mencegah pertumbuhan kanker. Sebuah riset yang dipublikasikan tahun 2013 di Food Chem Toxicol NHS Public Access menunjukkan bahwa konsumsi ekstrak klorofolin dapat meningkatkan perlindungan terhadap kanker. Klorofil juga dapat melawan radikal bebas yang dapat menyebabkan mutasi genetik dalam tubuh. Namun begitu, temuan ini masih sebatas uji hewan lab. Ada sebuah riset pada manusia terkait manfaat antikanker dari suplemen ini di tahun 2009, diterbitkan pada American Association for Cancer Research Journal. Studi tersebut menemukan bahwa klorofil dan klorofilin mampu menghambat masuknya aflatoksin, sebuah zat yang mampu menimbulkan tumbuhnya kanker. Namun begitu, studi ini merupakan riset kecil yang hanya melibatkan 4 orang relawan.

Secara gambaran besar, masih diperlukan studi dan uji lebih lanjut seputar manfaat suplemen cair ini untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan.

4. Membantu Memulihkan Luka

Serupa dengan tumbuhan centella asiatica, klorofil juga memiliki manfaat utama untuk membantu memulihkan luka. Tentunya luka yang dimaksud di sini adalah luka ringan, ya. Saat diaplikasikan pada area luka, klorofil akan mencegah luka semakin parah dan infeksi, karena klorofil memiliki sifat anti-microbial dan anti-inflamasi untuk merawat area tersebut. Sifat ini akan membantu membunuh bakteri dan kuman yang kerap menjadi penyebab infeksi, sehingga luka pun dapat pulih lebih cepat. 

Oleh karena itu, Kakak Narti juga bilang kalau dia menggunakan klorofil ini untuk dioles ke muka/wajah. Terkait pula dengan poin nomor lima di bawah ini.

5. Meredakan Jerawat

Penasaran bagaimana cara klorofil bekerja untuk mengatasi jerawat? Pertama, kandungan anti-bakteri di dalamnya akan membantu melawan bakteri yang menjadi penyebab jerawat. Kedua, klorofil memiliki kemampuan untuk melakukan detoksifikasi alami. Berkat kemampuan ini, klorofil akan membantu mengeluarkan racun dan memberikan efek membersihkan darah, sehingga dapat mencegah jerawat semakin parah sekaligus merawatnya agar cepat hilang. 

Sebagian orang menganggap enteng klorofil ini, tetapi ternyata klorofil punya manfaat yang luar biasa!

Bagaimana? Setelah membaca ini, mau mengonsumsi klorofil? Mungkin ada yang mau, mungkin ada yang menggelengkan kepala. Kalau saya sih, selama bukan racun, kenapa tidak? Ha ha ha. Saya sudah mulai mengonsumsi lidah buaya mentah juga loh. Kalau si Ocha masih betah minum air rebusan daun sambung nyawa dan rebusan air daun afrika. Busyeettt rajin amat dia.

Terimakasih situs Hellosehat, Manfaat, dan Journal Sociolla. Informasi kalian menegaskan apa yang telah disampaikan oleh orang-orang baik ini pada saya. Terima kasih Kakak Narti, terimakasih Mas Bambang (alm.).


Cheers.
Advertisement

6 komentar

avatar

Jadi sebenernya klorofil ini obat, supleman, makanan atau apa? hehehehe

avatar

Di botolnya tertulis minuman kesehatan :D wkwkwkwkw...

avatar

wahh ini nih informasi yang aku cari-cari hihi thanks for sharing yaa!!

regards,
www.CHIPPEIDO.co.vu

avatar

Sama-sama ... hehehe. Semoga bermanfaat yaaaa :)

avatar

Dulu pernah mencoba ada teman yang baik dia memasarkan produk Krolofil yang memberikan tapi tidak paham betul Khasiatnya? eh ternyata bagus sekali untuk kesehatan dan daya tahan tubuh agar sehat selalu. Thanks informasi yang berguna bagi saya.

avatar

Hyuk mari kita minum klorofil :)

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search