• Start Your Day With Personal Story

    5 Cara Mengundang Pengunjung Blog




    Dalam Kelas Blogging NTT, sebagai penambah materi, saya sering menulis di grup WA tersebut tentang kekayaan konten dan blogwalking. Apabila kalian ingin blog kalian dikunjungi, maka jadilah pengunjung blog orang lain terlebih dahulu. Apabila blog kalian sudah dikunjungi dan dikomentari, lakukan kunjungan balik ke blog si pengunjung! Karena, hei, kita bukan artis yang kehidupannya setiap saat di-kepo-in penggemar. Kata orang: emang lu sapeeee, hah? Hehehe.

    Baca Juga:


    Awalnya blog memang hanya sekadar menjadi diary online, tempat blogger mencurahkan keluh-kesahnya atau menceritakan aktifitas sehari-hari. Pada blog lama saya, kalian akan membaca aktifitas berebutan tempat wudhu setiap Adzan Maghrib. Hehe. Blog menjadi tempat para blogger berbagi pengalaman. Tentu, setiap blogger mengharapkan blog-nya dikunjungi oleh banyak orang, terutama blogger yang telah me-monetize blog-nya tersebut.

    Karena, kalau hanya ingin menulis tanpa dibaca dan diapresiasi oleh orang lain, beli buku diary tema Frozen - tulis - simpan di lemari.

    Bagi yang blog-nya sudah di monetize seperti Google Adsense, misalnya, pasti tahu bahwa pengunjung blog merupakan salah satu kunci untuk mengalirkan Rupiah ke pundi-pundi yang sudah disiapkan. Perhitungan dari sekian banyak pengunjung blog, pasti ada satu atau dua yang meng-klik iklan dari Google Adsense tersebut untuk Rupiah yang lebih besar. Kesempatannya juga sama jika bermain afiliasi atau menjadi influencer.

    Tapi bagaimana agar blog kita dikunjungi orang lain? Berikut saya coba merangkum lima cara mengundang pengunjung blog. Cekidoooot!

    1. Konten Orisinil

    Apalah artinya sebuah blog tanpa konten? Apalah artinya jika kontennya semata-mata mengkopi-paste bulat-bulat artikel dari situs lain? Bikinlah konten kalian sendiri dan paling baik dari pengalaman kalian sendiri. Percayalah, konten dari situs-situs ternama rata-rata sama, tapi konten dari blog pribadi itu unik karena menceritakan pengalaman personal dari si pemilik blog. Dan tentu saja tidak asal-asalan, asal jadi satu pos, begitu saja.

    Contohnya:
    Pengalaman mendaki Rinjani.
    Pengalaman menjahit totebag pertama kali.
    Pengalaman mengajar.
    Pengalaman menjadi influencer.
    Pengalaman menjadi EO.
    Pengalaman berkebun.
    Pengalaman nge-craft.
    Pengalaman mengedit video.
    Pengalaman fotografi.
    Pengalaman merantau/bekerja di tanah orang.
    Pengalaman memasak.

    Dan lain sebagainya. See? Banyak kan yang bisa kalian tulis dan menjadikannya konten blog? Ingat, konten yang orisinil jauh lebih 'mahal' nilainya ketimbang kopi paste sana sini. Apakah kopi paste tidak boleh? Boleh, asalkan tulis sumber artikel tersebut. Itu jauh lebih terhormat.

    2. Memperbanyak Konten

    Katanya konten yang sedikit belum tentu bikin orang tidak mengunjungi blog kita. Betulkah demikian? Menurut saya, konten yang banyak bakal bikin arus pengunjung blog lebih meningkat dari hari ke hari. Minimal dua sampai tiga konten per minggu. Karena, ketika orang datang ke blog kita dan belum menemukan konten baru, ada kemungkinan dia akan absen selama satu dua minggu. Kecuali kalian melakukan interaksi yang intens melalui komentar (akan dibahas pada poin ketiga di bawah).

    Bagaimana caranya memperbanyak konten, apalagi yang orisinil? Mudah!

    Ambil contoh teman-teman dari EndeTV yang datang ke rumah untuk meminta bantuan saya menulis narasi perjalanan dan liputan mereka ke Kecamatan Maurole. Pada pertemuan itu, saya menyarankan pada Alan, Udin, dan David Mozzar tentang pemecahan materi.

    "Dari perjalanan ke Maurole, kalian bisa bikin tiga video untuk EndeTV. Sesuai temanya. Pertama video tentang pariwisatanya. Kedua tentang kearifan lokal dan para pengrajin. Ketiga tentang pendidikan. Tinggal nanti melihat mata acaranya ..."

    Jujur, para pejalan itu paling mudah bikin konten blog karena mereka bisa memecah cerita perjalanan itu menjadi tiga bahkan lima konten berbeda. Ada contohnya, Teh? Ada donk. Hehe. 

    Contoh: perjalanan saya dan teman-teman ke Danau Kelimutu. 

    Perjalanan itu dapat menjadi tiga tulisan berjudul:

    1. Danau Kelimutu dari Masa ke Masa.
    2. Sensasi Mengunjungi Arboterum di TNK.
    3. Kisa Para Penjaja Kopi Panas di Tugu Danau Kelimutu.

    Bahkan, bisa saya tambah:
    4. Waturaka, Desa Agrowisata Entrance Menuju Danau Kelimutu.
    5. Beni, Penjual Bensin Eceran Penyelamat Perjalanan.
    6. Trekking ke Puncak Kelimutu Lewat Jalur Alternatif.

    Dan lain sebagainya he he he.

    Kalau kalian bukan tipe pejalan? Mudah! Bukankan dari poin nomor satu di atas sudah saya tulis tentang contoh konten blog? Bahkan aktifitas memasak pun bisa dipecah menjadi beberapa judul, seperti:
    1. Resep Cumi Kuah Hitam.
    2. Manfaat Tinta Cumi.
    3. Kandungan Nutrisi dalam Cumi.
    Mudah :)

    3. Blogwalking


    Di awal pos saya sudah menulis tentang blogwalking ini. Ingin mengundang pengunjung blog, berikan umpan terlebih dahulu dengan cara menjadi pengunjung blog orang lain. Kalau saya Jenifer Lopez, tentu saya tidak perlu repot mengunjungi blog orang lain karena toh penggemar sudah pasti bakal senang membaca semua tulisan kegiatan saya di blog tanpa diundang. Kebanyakan, kita enggan mengunjungi blog orang lain, tapi berharap blog kita banyak pengunjung.
    Paling parah adalah saya, pada jaman dulu, karena pernah merasa sudah lama nge-blog, jadi malas mengunjungi blog orang lain. Ngerasa seniioooor. Senior gundulmu, Teh! Hasilnya? Trafik pengunjung blog saya turun drastis. Alasan lainnya selain tidak blogwalking adalah konten pada blog jaman dulu itu sangat tidak berfaedah hahaha.
    Ingat, blogwalking itu: tidak hanya kunjung tapi juga memberi komentar. 

    4. Promosi Blog

    Mempromosikan blog itu wajib. Banyak media, GRATIS, yang bisa kalian gunakan untuk mempromosikan blog sendiri. Media tersebut adalah media sosial, aplikasi chatting, dan forum. Media sosial yang paling sering saya gunakan untuk mempromosikan blog adalah Twitter dan Facebook. Baru-baru ini gara-gara Idris dari Ngayap[Dot]Com saya juga mempromosikan blog di Instagram.

    Selain itu saya menggunakan aplikasi chatting yaitu WhatsApp (WA) untuk promosi blog. Semakin banyak grup, semakin baik, hahaha. Kalau forum sih karena Forum Blogfam sudah tidak tahu alamatnya jadi tidak pernah promosi di forum lagi.

    5. Menggunakan Hotspot Pribadi

    Silahkan baca pos saya yang satu ini.

    Jadi begini, mengaktifkan hotspot pribadi dengan nama hotspot yang merujuk pada blog atau situs kita, akan membantu menambah pengunjung blog. Dengan sendirinya itu akan terjadi karena orang-orang bakal penasaran. Apalagi jika kalian ikutan pesta / resepsi pernikahan begitu, hidupkan saja hotspot pribadi yang tentunya harus di-password. Percayalah, semakin ke sini, orang-orang ke pesta hanya sekadar hadir, tapi pikiran dan tangan mereka ada di smartphone.

    Mengaktifkan hotspot pribadi di tempat umum (password pasti) dengan nama hotspot merujuk pada blog atau situs bakal bermanfaat untuk meningkatkan pengunjung blog. Efektif atau tidak, bukan masalah, yang jelas pasti ada yang penasaran, terkhusus anak-anak pengguna smartphone yang selalu mencari wi-fi gratis di mana pun mereka berada.

    Untuk hotspot pribadi dengan nama hotspot merujuk pada blog atau situs, bukan ide saya, saya membacanya dari pos seorang anggota Kumpulan Emak Blogger di grup Facebook. Nah, saya lupa nama emaknya. Nanti kalau sudah ketemu nama si emak saya bakal perbarui pos ini.

    ***

    Ternyata tidak hanya Roma saja yang dapat dicapai melalui banyak jalan, mengundang pengunjung blog juga dapat dilakukan dengan banyak cara. Tergantung cara mana yang mau kita pakai. Mau pakai semuanya justru lebih bagus lagi kan? He he he.

    Semoga pos ini bermanfaat dan bakal lebih erat tali silaturahmi antara kita, yess.


    Cheers.

    33 komentar:

    1. Replies
      1. Memang berat hihii, apalgi yang nomor 2 kan om :D karena untuk rajin posting itu suliiiitttnya minta ampun.

        Delete
    2. ngikik aku bacanya beb.. "emang lu sapeeee" kikiki pengalaman memang tidak bisa di bohongi..
      dulu waktu pertama nulis boro boro dapet penunjung ada yang baca aja kagak hihihi, yah meski sekarang masih nambah dikit tapi alhamdulillah kan beb..

      promosinya ini yang belum aku beb, paling cuma share g+ doang. hmmmm mulai mikir ini.. sengkyu beb ilmunya

      ReplyDelete
      Replies
      1. Hahahah iya, "emang lu sape, Teh?!" :D Alhamdulillah masih ada yang mengunjungi blog kita :D
        Ayo dipromosikan lewat berbagai cara. G+ adalah salah satunya. Tetap semangat, yang sudah gajian dari GAdsense :*

        Delete
      2. kata terakhirnya itu yang gak nahan beb.. kikiki.. mesti nabung lagi biar sampe 100$,

        Delete
    3. Ini menurut saya ulasan paling spektakuler seantero jagat.
      Pertama dari segi gaya Bahasanya. wuiii mantap.

      tengok saja kata-kata seperti ini, "lue sapa", 'emang kamu jenifer lopes" dan gundulmu kwkwkwk kata-kata yang sa su tra tahu mau bilang apa tapi satu yang pasti saudariku, "kenapa tidak coba peruntungan di stand up komedi si" kwkwkw. #canda ya..

      Alasan kedua soal isi, dari satu sampe 5 itu sudah yang harus dilakukan. Dan itu benar adanya. Seratus untuk saudariku di seberang sana. Mantap.

      Untuk para guru jika menulis banyak hal yang bisa ditulis. Menurut saya pribadi guru diberi keistimewaan soal konten.

      Contoh jika kita menulis tema gado-gado ala guru bisa. tapi nice atau topiknya masih tentang pendidikan dalam skup yang luas. Jika ini yang dipilih maka para guru bisa menulis tentang materi pelajaran, kegiatan sekolah, rapat di MGMP, tips menangani siswa yang 'spesial'. sampai dengan kemah pramuka pun bisa ditulis karena skupnya masih tentang pendidikan. Itulah istimewanya para guru hehehe. satu lagi kalau bapak dan ibu guru 'jago' bahas soal UN dan USBN beserta teknik pengerjaannya. percaya itu pasti paling banyak dikunjungi.

      Namun jika bapak ibu guru mau lebih profesional lagi bisa bahas KIMIA saja jika guru kimia, bahasa Indonesia saja jika guru Bahasa Indonesia. Yang tidak boleh adalah guru Bahasa Indonesia bahas tupoksi guru SD, kelihatan mudah tapi saran saya jika boleh jangan karena kelihatan tidak kompotennya konten yang dihadirkan (maaf lho bapak ibu ini pendapat pribadi).

      atau yang paling keren lagi bahas hanya satu nice. misalnya menjadi guru era baru. Fokusnya pendidikan dan teknologi, bisa.

      intinya jika anda seorang pendidik banyak nice yang dibahas. jadi mari menulis.

      Ine trapa to saya tambahkan kwkwk. salam hangat. ulasan yang cerdas, intlektual namun dengan gaya yang santai. Hebat...

      ReplyDelete
      Replies
      1. Nah, ini yang saya suka dari komentar-komentarnya Pak Martin. Berkomentar sekaligus berbagi informasi/ilmu. Betul sekali, guru punya banyak ide mengisi konten blog. Ada saja yang bisa ditulis, apalagi jika punya niche tertentu.

        Trapapa Nara jo hahaha. Justru dengan begini tali silaturahmi semakin erat.

        Salam.

        Delete
      2. hehehe, saya harap kesan yang timbul positif sebab saya jujur tidak menggurui Hanya BERBAGI SAJA KWKWKWK. siap, terima kasih atas apresiasinya. Sederhana kata itu namun menghadirkan 'energi' makasih ine... semangat...

        Delete
      3. Bagi saya tidak menggurui kok pak guru heheheh kita ngeblog kan berbagi inspirasi, berbagi pengalaman, berbagi ilmu :D jadi apa pun yang dikritik itu pasti membangun, menurut saya ... *toss*

        Delete
    4. Wahwah, tak luput satu kata pun aku baca di postingan yang ini, ehehehe.

      Beberapa waktu terakhir aku memang termasuk golongan blogger murtad. Nulis sekali, lalu ngilang berbulan-bulan sampai domain habis, hehehe.
      Tapi alhamdulillah sekarang pelan pelan udah mulai konsisten lagi :D

      Nomor 1 dan 2 memang yang paling sulit. Tapi kalau sudah bisa menjaga 'gairah' dan konsisten menulis, rasa-rasanya menulis tulisan orisini yang panjang pun membutuhkan waktu yang semakin singkat.

      Terima kasih teh tuteh.. Tulisannya menginspirasi sekali :D

      ReplyDelete
      Replies
      1. Aaaaaak! Terima kasihi banyaaaak sudah membaca tanpa luput satu kata pun qiqiqiqi *toss*

        Dulu saya pernah begitu, blogger murtad juga, tapi lama-kelamaan kok sayang yaaaa kalau tidak menulis lagi, yang rajin. Permasalahannya dulu memang saya ada aktivitas yang bikin capek dan tidak kepikiran menulis blog, tapi otak malah jadi semacam tumpul begitu.

        Nomor 1 dan 2 memang sulit, tapi bisa kalau dicoba dan konsisten terlebih dahulu hehehe.

        Terima kasih juga kalau tulisan saya menginspirasi :D yuhuuuu.

        Delete
    5. Konten orisinal memang sungguh berat tapi kalo pengalaman pribadi biasanya orisinal. Klo memperbanyak konten memang harus blognya gado-gado gitu, klo tematik sulit kayaknya. kecuali yang hanya asal comot dari google

      ReplyDelete
      Replies
      1. Betul. Sulit sekali kalau tematik itu. Makanya saya memilih blog gado-gado, tulisn orisinil, kalaupun ada referensi dari mananya, saya pasti menulis sumbernya hehehe. Tetap semangat!

        Delete
    6. Sejauh ini aku ngeblog buat berbagi pengalaman aja sih. Ada yang baca syukur, gak ada juga gak apa-apa. Tapi memang gak bisa dipungkiri kalau yang baca banyak hati senang :) Dan blogwalking itu memang efektif. Sayang aku sudah lumayan lama gak sempat jalan-jalan, padahal seru bisa dapat banyak bacaan bermanfaat.

      ReplyDelete
      Replies
      1. Heheheh berbagi pengalaman pada banyak orang itu sesuatu sekali kan yaaa. Btw saya suka blognya Indi dan suaranya ituuuu luar biasa! Akyu kok iriiiiiiii :(

        Delete
    7. Asyik, dapat pelajaran baru. Terima kasih kakak

      ReplyDelete
      Replies
      1. Sama-sama, Andi :) hehe. Sama-sama belajar ...

        Delete
    8. Walaupun dirimu bukan seorang Jeniper Lopis ..., eh# maksudku Jennifer Lopez ... wuakakkaa emang kue Lopis 😂 ..., aku tetap mengidolakanmuuuuu kak Tuteh 😉

      Blogger senior yang down to earth dan ngga somsek.
      Nyatanya ..., mau ngebewe blogku ... hehehe

      ReplyDelete
      Replies
      1. Wahahah boleh juga ituh saya jadi Jenifer Lopis :p sebungkus limarebuan LOL! :D

        Blogger senior apanyaaaa ... biasa saja syalalaaa. Btw kan emang harus BW jadi menjalin tali silaturahmi antara kita semua :P

        Delete
    9. Dari semua point yang mbak Tuteh tulis diatas, aku jujur aja berat di point nomor 2 yang perbanyak konten. Kadang suka sibuk jadi ga sempet update. Emang penting sih perbanyak konten, biar pengunjung ga bosen kalo artikel baru ga dirilis. Hehe. Mantap share nya mbak.

      ReplyDelete
      Replies
      1. Iya hahaha saya sendiri juga awalnya selalu sulit untuk memperbanyak konten yang orisinil (karena orisinil makanya susah) tapi sekarang Insha Allah bisa ... mungkin karena waktu itu tadi ya :)

        Delete



    10. Saya selalu berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan peminjam yang meminjamkan uang tanpa membayar terlebih dahulu.

      Jika Anda mencari pinjaman, perusahaan ini adalah semua yang Anda butuhkan. setiap perusahaan yang meminta Anda untuk biaya pendaftaran lari dari mereka.

      saya menggunakan waktu ini untuk memperingatkan semua rekan saya INDONESIANS. yang telah terjadi di sekitar mencari pinjaman, Anda hanya harus berhati-hati. satu-satunya tempat dan perusahaan yang dapat menawarkan pinjaman Anda adalah SUZAN INVESTMENT COMPANY. Saya mendapat pinjaman saya dari mereka. Mereka adalah satu-satunya pemberi pinjaman yang sah di internet. Lainnya semua pembohong, saya menghabiskan hampir Rp35 juta di tangan pemberi pinjaman palsu.

      Pembayaran yang fleksibel,
      Suku bunga rendah,
      Layanan berkualitas,
      Komisi Tinggi jika Anda memperkenalkan pelanggan

      Hubungi perusahaan: (Suzaninvestment@gmail.com)

      Email pribadi saya: (Ammisha1213@gmail.com)

      ReplyDelete
    11. Hihhihi...pengin ngikik pas baca kalimat kalau pengin nulis tapi nggak dibaca orang lain beli buku diary tema Frozen trus simpan di lemari. Hihi
      By the way kalau dulu diary aja pakai kita gembok ya mbak. Jadi ingat jaman dulu * penulis diary di masanya * hahaha

      ReplyDelete
      Replies
      1. Yihaaaaa! Kita adalah penulis diary di masanyaaaa *sya la laaa* :D

        Delete
    12. bermanfaat kali pun tipsnya... setiap seminggu 3 sekali aku sediakan waktu buat melalak ke blog orang , mau dikunjungi balik alhamdulillah gak pun tak apa, karena memang kalo lagi waktu luang..aku senang baca2 tips2...dan blog kaka tulisannya enak dibaca, gak panjang dan lebar kemana mana..hahah

      ReplyDelete
      Replies
      1. Hahahah maksudnya begitu, supaya tepat sasaran ya ;))

        Delete
    13. Penginnya sih update artikel dua kali seminggu, tapi sering meleset hehehe...

      ReplyDelete
      Replies
      1. Hehehe kudu siapkan waktu, tenaga, dan pikiran ya :D semangat!

        Delete
    14. Yang pakai hotspot itu kreatif banget ya, semoga nama emaknya cepet ketemu biar nggak penasaran. He..he...
      Emak-emak zaman sekarang juga udah makin kreatif, dan ngehits.
      Hormat buat emak-emak grak 💂

      ReplyDelete
      Replies
      1. Hyup betul sekali hahaha. Semoga ini masih nyari hahaha.

        Delete

     

    2teh

    Tuteh Pharmantara
    Email: tuteh.pharmantara@gmail.com
    Twitter & Foap: @tuteh
    FB: Tuteh Pharmantara
    WA: 085239014948


    flobamorata
    Internet Sehat

    Advertisement

    Labels

    Backpacker (53) Blogger (27) BlogPacker (32) Buku (23) Daily (35) Ende (107) Filem (13) Flores (11) Indonesia (10) Inspirasi (177) Jalan-jalan (39) Kabupaten Ende (9) Kaki Kereta (18) Komunitas (6) Komunitas Blogger NTT (15) NTT (47) Nusa Tenggara Timur (31) Quotes (6) Review (47) Thought (33) Traveling (61) Yellow (3)