5 Cara Mengatasi Kerontokan Rambut

- Wednesday, August 15, 2018
Ocha.


Mengapa rambut kita rontok? Kata teman saya Mei Ing alias Inggi yang punya salon dan pusat kebugaran di Kota Ende, salah satu pemicu kerontokan rambut adalah kebiasaan merokok. Informasi dari sini mengatakan bahwa: merokok meningkatkan kadar hormon yang dapat memicu kerontokan rambut, kata penelitian Harvard School of Public Health. Merokok juga membunuh darah kecil yang memberi makan kulit kepala, membuat rambut Anda lapar akan nutrisi yang dibutuhkan untuk pertumbuhan.

Baca Juga:


Selain kebiasaan merokok, penyebab kerontokan rambut lainnya adalah sering menggunakan alat catok rambut tanpa dibarengi dengan perawatan rambut (sehingga tidak imbang). Akibatnya jangan kaget jika setiap kali menyisir rambut, ada saja helai rambut yang ikutan menempel di sisir. Kalau dibiarkan lama-kelamaan dapat mengakibatkan kebotakan. Jangan tanya, saya sudah mengalaminya, tapi bukan karena rajin mencatok rambut, melainkan karena alasan-alasan lainnya - mungkin karena ubun-ubun saya selalu panas setiap saat meskipun baru selesai keramas.

Oh my God ... why?

Why not! (He's answer).

Apakah kalian juga mengalaminya? Dimana ubun-ubun senantiasa panas seakan ada magma yang siap dilontarkan? Atau hanya saya saja yang mengalami ini ... di dunia ini ... hiks *usut air mata*.

Kembali ke topik. 

Lantas, bagaimana cara mengatasi kerontokan rambut ini? Banyak situs yang sudah membahasnya. Berikut 5 (lima) cara mengatasi kerontokan rambut yang sudah saya rangkum dari berbagai sumber. Siapa tahu kalian sedang mengalami kerontokan rambut.

1. Hindari Semua Penyebabnya

Kata orang percuma rajin olahraga apabila pola makan tetap bar-bar. Hehe. Atau, percuma sedekah tapi sering pamer soal sedekahnya itu. Sama juga dengan masalah rambut rontok ini. Percuma dikasih obat ini-itu apabila kalian mengabaikan penyebabnya. Kalian tentu lebih tahu alasan kenapa rambut mengalami kerontokan segitu parahnya. Laki-laki jangan abaikan ini, meskipun beberapa laki-laki lebih suka botak ketimbang gondrong hehe. 

Apa saja penyebab kerontokan rambut?

a. Kebiasaan merokok.
b. Kebiasaan mencatok rambut tanpa perawatan.
c. Kebiasaan mengikat rambut terlalu kencang.
d. Stress berkepanjangan.
Dan lain sebagainya.

Oleh karena itu, hindari semua penyebab rambut rontok, kemudian mulai mengobatinya, untuk mencapai hasil yang maksimal.

2. Menggunakan Obat Perawatan Rambut Tradisional

Saya sering mendengar Inggi berkata tentang obat perawatan rambut yang tinggi kadar kimianya. Menurut saya, itu jelas sekali, kawan. Karena kalau tidak tinggi kadar kimianya, bagaimana rambut yang keriting mendadak lurus begitu? Masa iya minta bantuan jin-nya Aladin? Bisa berantem kita sama Aladin ;)

Bagi saya rambut kriwil lebih oke ketimbang memaksakan diri mencatok rambut.

Obat tradisional ini maksudnya bahan tradisional yang dapat diambil dari lingkungan sendiri tanpa perlu mengeluarkan uang. Diantaranya adalah lidah buaya dan kemiri. Ini adalah obat tradisional yang sudah sering saya dengar dari Mamatua maupun dari tetangga sekitar rumah. Jangan-jangan kalian sudah pernah mencobanya? Selain itu, air dari batang pohon pisang juga dipercaya dapat menjaga kebaikan rambut. Dulu waktu kecil sering sih mencolok batang pisang milik Nenek Sisi terus airnya ditampung.

Tapi ini bukan alasan begitu banyaknya pot lidah buaya di teras rumah saya ya :D hehe.

3. Lakukan Pijat Kulit Kepala

Beberapa kali saya pergi ke salon si Inggi hanya untuk keramas. Si Inggi menyangka saya hendak body massage, padahal, atau facial. Mau tahu kenapa untuk keramas saja saya sampai pergi ke salon si Inggi? Karena saya suka minta sama asistennya memijat kepala saya! Rasanya enak sekali saat keramas kulit kepala dipijat. Jadi mengantuk dan pengen tidur di salon hahah.

Urusan pijat kulit kepala ini tidak saja dilakukan saat saya keramas di salon si Inggi tapi juga hampir setiap hari dilakukan oleh Mamasia, Thika, atau si Ocha. Karena eh karena kalau saya sulit tidur, hanya dengan sentuhan di kulit kepala saya bisa terlelap sampai ngorok. Jadwal pijat kepala di rumah saya dilakukan sekitar pukul 15.00 saat pekerjaan Mamasia sudah tuntas atau saat Thika belum siap-siap ke kampus.

Sumpaaaah, enak bangeeeettt :)

Pijat (kulit) kepala melancarkan sirkulasi ke kulit kepala dan merangsang pertumbuhan rambut.

4. Memakai Obat Penumbuh Rambut

Yaaa mau bagaimana lagi. Obat penumbuh rambut sangat bermanfaat untuk kalian yang mengalami rambut rontok parah. Tapi jangan lupa untuk mencari obat yang ramah dengan kulit kepala ya. Dan jangan lupa pula untuk mengonsumsi makanan yang mengandung banyak vitamin seperti vitamin D dan vitamin B.


Yoga juga bisa dijadikan terapi untuk mengatasi rambut rontok. Beberapa pose-nya diantaranya adalah camel pose, downward-facing dog pose, dan knees to chest pose. Penjelasannya dapat kalian lihat pada tautan di atas.


Yess! Yoga selalu baik untuk kesehatan.


Katanya rambut adalah mahkota perempuan yang harus dijaga. Sebenarnya bukan hanya perempuan, laki-laki juga kok, karena tidak semua laki-laki suka berkepala botak kecuali Stanis DMBC ha ha ha. Oleh karena kata mahkota itu, rambut harus dijaga agar tidak hilang perlahan-lahan dari kulit kepala. 

Semoga pos ini bermanfaat bagi kalian yang membacanya.


Cheers.
Advertisement

3 komentar

avatar

Sepertinya saya baru mempraktekkan beberapa point seperti tidak merokok, mengikat rambut terlalu keras ( maklum rambut tak pernah sempat berkenalan dengan ikat rambut ) dan mencatok ( tak punya catokan dann rambut cuma 1-2 cm jadi susah )

selebihnya saya setuju mbak, apalagi tentang rambut ikal itu lebih cantik ketimbang lurus misalnya nathalie emanuelsaat main di game of throne dan fast furious atau kehlani di video clip lagu good life.

cmiiw

avatar

Wuakakakakakaka ... ada-ada aja sih komentar Pakudin 😅
Gimana rambut mau dicatok yaa kalo panjang rambutnya cuma 1-2 senti alias cepak ...

avatar

Ha ha ha akyu ngakak asliiiiii ... :D Pakudin iniiiii :P

Btw iya rambut kriwil lebih awesome :D

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search