Instructables, How to Make Anything



Do It Yourself (DIY) merupakan konsep daur ulang barang bekas menjadi barang baru bernilai ekonomi lebih tinggi. Memanfaatkan barang bekas itulah yang membikin konsep ini begitu menariknya sehingga berlomba-lomba orang mulai mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari. Soalnya hasilnya itu unik dan tidak bakal sama dengan barang yang dijual di IKEA, misalnya. Bagaimana koper jaman dulu yang berdebu di gudang dijadikan bangku cantik dengan sentuhan seni, atau pigura foto yang nyaris masuk tong sampah disulap menjadi papan informasi di rumah, hingga ban bekas mobil yang mengisi ruang tamu setelah di-DIY menjadi kursi dan meja. 

Saya adalah pecinta DIY. Sebagai pecinta (DIY) yang sudah berhasil mengantongi Rupiah demi Rupiah dari koran bekas, kardus, bekas, botol plastik bekas, dan lain sebagainya, saya terkejut dengan situs yang satu ini. Lucu keun, masa iya saya baru tahu situs ini setelah bertahun-tahun bergumul dengan barang bekas dan di-cap pemulung? Yaaaah *hela nafas* mau bagaimana lagi? Kenyataannya memang seperti itu dan sulit untuk dipungkiri walaupun ingin. Bagi kalian para pecinta DIY, situs ini dapat menjadi salah satu situs wajib kunjung. Hukumnya fadhu'ain!

Ini dia INSTRUCTABLES!

Instructables, dengan jargon how to make anything, merupakan situs khusus DIY, terutama tutorial. Maksud saya,
Instructables tidak saja menampilkan gambar seperti beberapa situs lain, tetapi juga tutorial lengkapnya, step by step ooh babyyyy ... oke ... NKOTB mode OFF. Ibarat guru nih, diajarin sampai paham.

Di Instructables, tutorial-teknologi yang digunakan tidak hanya teknologi paling sederhana saja, tetapi juga yang canggih. Misalnya cara membuat robot. Coba yaaa saya saja tidak kepikiran untuk membikin robot. Eh, tergantung kapasitas otak juga sih, kalau otak saya mah yang sederhana saja dan tidak bikin setres. Selain DIY yang sering kita bikin seperti meja dari bekas laci dan kayu nganggur di rumah, atau membikin hanging gear clock, ada juga yang lebih rumit seperti membikin robot. Misalnya; wi-fi controlled camera slider (wah ini sih dibutuhkan banget sama videografer yak!), bikin poster filem yang ada LED-nya, sampai Arduino Air Bonsai Levitation.

Ini semacam surga keun yaaa ... bagi pecinta DIY. Hihihi.

Selain ragam tutorial, Instructables juga punya ragam kontes atau tantangan yang bisa diikuti oleh kita. Misalnya Oil Contest, Pet Challenge, Planter Challenge, atau Clock Contest. Beneran, semacam surga lah! Saya sendiri kepingin bisa ikut kontesnya, tapi setelah dipikir-pikir, kemampuan saya terbatas pada yang sederhana saja.

Situs ini membikin saya teringat pada semua proyek DIY yang sampai sekarang masih saya lakukan dan akan terus berjalan; tempat tisu dan keranjang dari koran dan karton, tempat penyimpanan perkakas make-up, hiasan dinding dari karton dan botol bekas, tas dari kaos dan celana jin, bahkan alas pot kaktus super mini dari sampul belakangnya Samsung Tab 3 yang hancur dilindas fuso. Masih ada? Banyak lah! Ada yang dipakai sendiri, ada yang dijual, ada yang rencananya dipakai sendiri tapi diminta sama orang. Saat ini saya diminta Dessy (teman kantor) membikin tempat cincin bernuansa biru bakal hari nikahnya.

Dalam rangka bentar lagi hari raya, saya meminta banyak jerigen bekas minyak ke Kakak Niniek dan Sony. Setelah dicuci bersih, jerigen-jerigen tersebut saya potong dan cat. Kini, sudah menjadi rak-rak penyimpanan di dapur. Kata kakak saya, "Ada sajaaaa!" hahaha. Keler kayu bekas buah pun sudah saya dapatkan, lagi, dari Lino Pua Djombu si sepupu paling baik hati itu. Rencananya bakal di-DIY menjadi sesuatu yang lebih berfaedah. Saya juga sudah bikin/punya meja dari keler kayu dan tegel kok. Setengah rencana saya untuk menyambut hari raya sudah terlaksana; setengahnya lagi adalah membikin pot gantung dan sedang memikirkan bakal diapain aquarium kaca yang sudah lama berdebu itu hehehe. DIY ini bikin setres hilang pokoknya.

Kembali ke Instructables. Kalian dapat menjadikan situs tersebut sebagai tempat panduan ber-DIY. Siapa tahu kalian yang sedang mentok dan kesal sama barang-barang bekas di rumah, bisa terinspirasi dari situs tersebut.

Semoga bermanfaat!


Cheers.

Posting Komentar

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak