The Power of Cium Tangan

- Saturday, February 10, 2018


Jum'at, kemarin, kami dari UPT Publikasi dan Humas Universitas Flores mengikuti kegiatan Expo Perguruan Tinggi yang diselenggarakan oleh SMAK Frateran Ndao - Ende. Ini merupakan kegiatan tahunan di sekolah itu.

Ada hal yang sangat menarik perhatian saya, yaitu budaya mencium tangan. Rata-rata semua murid di sana akan mencium tangan orang yang lebih tua yang mereka temui. Sudah saya posting juga sih di Facebook: Tuteh Pharmantara (in case ada yang belum tahu akun Facebook saya).

Here is the post:

THE POWER OF CIUM TANGAN

Jari gatal pengen nulis ini di sela-sela kegiatan Expo Perguruan Tinggi di SMAK Frateran Ndao Ende. Sambil menunggu giliran Universitas Flores persentasi di hadapan murid SMAK Frateran Ndao dan perwakilan murid dari SMKN 2 Ende dan SMAN 2 Ende.

Tentang status saya sebelumnya; tingkat kesopanan murid.

The power of cium tangan. Kalian tahu, kenapa kita mencium tangan/salim terhadap mereka yang lebih tua atau yang lebih kakak? Karena cium tangan adalah perilaku termudah untuk menunjukkan sikap hormat (dan sayang) kita terhadap mereka. Saya pikir semua orang pasti melakukannya, terlebih dalam lingkungan keluarga.

Bagi murid paling bandel pun, jika di sekolahnya diwajibkan kebiasaan mencium tangan, pribadi si bandel/bengal akan terasah (mungkin) sedikit lebih baik. Kalian percaya kan tetesan air dapat melobangi batu? Sama juga dengan cium tangan jika dijadikan kebiasaan harian di sekolah-sekolah, SD sampai SMA.

Karena, pendidikan akademik saja belum cukup. Harus dibarengi dengan pendidikan moral dan etika.

Tadi, selain salah 1 murid mencium tangan saya, salah satu guru muda lulusan Universitas Flores juga melakukannya.

Saya rasa, selama di dunia ini masih terus lahir generasi penerus, kita masih bisa menanamkan / meneruskan / menggalakkan budaya cium tangan di lingkungan rumah dan sekolah. Jangan pesimis dengan satu dua oknum murid yang kurang ajar sama guru. Masih ada begitu banyak yang sopan santunnya tinggi.

#CiumTangan
#Salim
#LifeIsGood

Semoga postingan di Facebook itu bermanfaat *ngarep*

Mari, Kita budayakan mencium tangan, dimulai dari lingkungan keluarga, karena dampaknya sangat besar! Masih ada harapan untuk generasi muda kita.

Salam cium tangan.
Advertisement

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search