Malam Itu Ende SERU!


Rajin menagih postingan dari teman-teman Flobamora Community saya sendiri belum menulis tentang ulang tahun ke-4 Komunitas Blogger NTT tersayang. Aih, ke mana saja? Tapi sebenarnya saya sudah publish foto-foto kegiatan di Facebook dan menulis report untuk website Flobamora Community kok. Suer. Hmmm … websitenya sedang di-ehek-ehek jadi saya posting saja di sini, beda versi. Dan ini akan jadi postingan yang sangat panjang! Siapkan cemilan dan minuman Anda ;))

 One Big Familly


Sejak ulang tahun ke-2, Flobamora Community (singkatnya saya tulis FC) lebih rajin melakukan kegiatan-kegiatan yang tidak saja fokus pada dunia blog tetapi juga isu-isu sosial lainnya seperti : bakti sosial ke panti asuhan, menanam bakau, menggalang bantuan saat bencana alam, donor darah, nobar video Linimassa, trip ke lokasi wisata, hingga mengadakan lomba mewarnai untuk anak-anak. Inilah kekuatan sebuah komunitas yang dimanfaatkan secara positif. Saya sadari itu, sebagai ketua terpilih sejak tahun 2010, bahwa banyak hal dapat dilakukan oleh sebuah komunitas meskipun sebenarnya komunitas blogger bagi saya adalah komunitas ‘hore’ yang doyan kumpul-kumpul untuk sharing knowledge, tidak ada paksaan untuk berkegiatan, hanya berlandaskan komitmen. Saya sadari kemudian bahwa justru dengan tidak adanya paksaan, ibarat tidak coba menggenggam pasir, teman-teman justru lebih loyal terhadap komunitas ini.


Ulang tahun ke-4 FC telah dirancang sejak malam perayaan ulang tahun ke-3 meski pekerjaan baru dimulai dua bulan sebelum tanggal 31 Januari 2013. Kami memang menginginkan ulang tahun yang unik : dirayakan di luar ruangan dengan begitu banyak pendukung. Oleh karena itu kami mengundang dua komunitas untuk bergabung dalam panitia tamu yaitu Komunitas Pecinta Alam Laskar Ambruk dan Rapper Family Clan. Why not? Tantangan bagi semua orang ketika tiga komunitas beda jalur berbaur dalam satu kepanitiaan yang solid. 

 Membawakan Materi ala Stand Up Comedy :D


Karena tanggal 31 Januari 2013 jatuh padahari Kamis maka kami memutuskan untuk menunda hari H pada tanggal 2 Februari 2013. Ya, betul, malam minggu. Rangkaian kegiatan ulang tahun ke-4 FC telah dimulai pada tanggal 1 Februari 2013 yaitu dengan diadakannya “Seminar Manfaat Blog & Komunitas Blog” di SMK Syuradikara Ende. Dalam seminar tersebut hadir 50 murid SMAK Syuradikara, 2 perwakilan OSIS SMAN 1 Ende, 2 perwakilan anggota PMKRI. Selain itu turut hadir Pak Ambros, guru SMAK Syuradikara yang begitu ramah sejak inisiasi awal, juga member FC dari luar Ende! Wow! Ada Dicky Senda, Romo Patris, dokter Sandra Frans dan tentunya Djho Ismail. Semua penulis hebat bahkan ada yang telah menerbitkan buku.


Dalam “Seminar Manfaat Blog & Komunitas Blog” saya membawakan materi tentang fakta internet dan penggunanya di Indonesia di mana sebagian data saya peroleh dari Kang Acep Internetsehat/ICTwatch, tentang blog, dan tentang komunitas blog. Betapa antusiasnya para peserta menanggapi lelucon demi lelucon sehingga saya merasa seperti sedang ber-stand-up-comedy. Setelah saya, atas permintaan khusus dari saya, Dicky memaparkan materinya yang berjudul : “Sumpah, Ngeblog Itu Asyik!” Seorang blogger yang sukses menerbitkan buku adalah contoh baik yang langsung dilihat oleh para peserta.

 Peserta Seminar. Kuning!


Usai seminar saya masih harus mengurus persiapan-persiapan lain untuk Sabtu, 2 Februari 2013.


Pagi hari, di hari Sabtu itu, saya masih masuk kantor. Maklum, pekerjaan juga butuh perhatian. Pukul 10.00 saya sudah kabur ke PMI Ende karena akan ada kegiatan donor darah. Beberapa pendonor mengundurkan diri karena satu dan lain hal. Satu pendonor saat ditensi mengalami hipo sedangkan yang layak donor hanya satu orang saja yaitu Sony Listiono. Tidak mengapa, sudah biasa kami dengan kegiatan donor darah ini di mana belum tentu dari duabelas pendaftar semuanya layak mendonorkan darahnya. Alasannya ada saja : tensi rendah, tensi tinggi, berat badan tidak mencukupi, dan lain-lain. Yang penting adalah ada satu kantung darah yang Insya Allah dapat menyelamatkan tiga nyawa.


Siang hari, sepulang dari PMI Ende, saya bergegas ke rumah karena Vicky dan Ichan, teman-teman dari Laskar Ambruk sudah menunggu di rumah. Wah, persiapan kegiatan outdoor ulang tahun ke-4 FC memang luar biasa. Ryan dan Rifan sudah stand-by di areal Museum Tenun Ikat Ende untuk mengerjakan semua hal yang berhubungan dengan listrik dan lampu. Haha. Disusul kemudian satu per satu teman-teman berdatangan hingga para penari FC yang baru pulang sekolah termasuk para pengisi acaranya yang masih kecil-kecil. Hemat saya, selama semua keponakan dapat diberdayakan kenapa tidak? Bukan nepotisme sih, mereka punya bakat kok. Bakatnya itu yang mesti disiarkan pada khalayak.


Sayangnya langit sangat tidak bersahabat. Saya sudah gigit jari. Said, Ryan, Tozo, Rifan, Fandy, hanya melihat saya berlari-lari di bawah hujan dari teduhan sebuah lopo. Saya sedang menari-nari untuk mengusir hujan, itu kalau ditanya apa yang saya lakukan di bawah hujan berteriak-teriak pada para penari yang hendak gladibersih tetapi gagal? Kakak Nani Pharmantara, yess my the one and only sister, dan suaminya yang saya panggil Ka’e Dul, hanya terkikik melihat tingkah saya dari lopo utama tempat perangkat soundsystem diamankan. Wahai, hujan, berhentilah! Teriak saya dalam hati. Melihat saya begitu bersemangat di bawah siraman hujan, para penari yang hendak gladibersih akhirnya menyerah pada naungan atap, mereka menyongsong hujan! Haha.

 Pianica and Solo


Kata Kakak Nani : pawangnya sudah berusaha keras nih supaya hujan disingkirkan tapi yah, ada beberapa kendala. Hihihi ingat pantangannya euy :D


Pukul 17.00 saya memutuskan untuk pulang dan bersiap-siap karena pukul 18.00 sudah harus berada di lokasi. Itu memang niat untuk diri sendiri. Ada banyak hal yang tidak diketahui oleh orang lain yang mesti diselesaikan seperti misalnya apa yang terjadi antara saya-Ryan-Said-Rifan ketika kabel output audio dari laptop-infocus belum terpasang hingga pukul 17.00 itu. Aduh untung mereka pengertian dan sudah biasa sama tampang saya yang mendadak masam kecut persis mangga muda. Saking bersemangatnya pun sampai salah kirim sms itu juga biasa.


Pukul 18.00 saya kembali ke lokasi. Semuanya nampak begitu rapi. Aduh, keren sekali kerja teman-teman FC ini. Hujan pun berhenti total! Okesip. Laksanakan! Dua MC : Oskar dan Kharisma memulai acara. Kharisma begitu oke dengan pakaian adat Lio untuk laki-laki bernama Luka-Lesu. Sialnya ketika kata ‘hujan’ disebut, rintik demi rintik mulai berjatuhan. Maaaaa … hahaha. Untungnya saat itu pun menjelang adzan Isya sehingga praktis orang luar mengira kami memang menghentikan kegiatan menunggu adzan selesai dikumandangkan. Alhamdulillah. Usai adzan, hujan masih rintik. Kami mulai paham tentang pantangan yang tidak boleh sebutkan itu. Baiklah. Oskar dan Kharisma sudah mulai cuap-cuap. Dan saya, menerima satu mic lagi dari Ka’e Dul. Bagus! Tiga MC (saya sih sudah mantan MC sebenarnya, sudah lama mengundurkan diri dari dunia per-MC-an) kondang dan gokil dalam satu acara! Bagaimana tidak seru? 

 MC yang satu ini penuh kejutan!


Acara dibuka dengan permainan pianica oleh Salsa Ndale (anaknya sepupu saya) yang temani nyanyian oleh Indah Abdullah (ya, keponakan saya). Selanjutnya adalah atraksi para penari FC yang sudah saya latih sebulan sebelumnya. Ya ampun, menciptakan gerakan, memadukannya dengan dance moderen, memadukannya lagi dengan shuffle dance, dipadukan lagi dengan permainan rakyat itu … luar biasa. Saya kerja ekstra keras untuk hal yang satu ini. Bahkan musiknya pun saya edit sendiri supaya feel-nya dapat. Kerja keras ini membuahkan hasil yang luar biasa. Setidaknya ketika saya marah-marah gara-gara ada gerakan yang salah saat latihan itu memberi efek bagus. Hahaha. Dicky Senda dalam postingannya tentang ulang tahunke-4 FC ini mengatakan bahwa memorinya pada masa kecil langsung terbayang ketika melihat permainan rakyat itu … beta kaya kaya kaya mari yete mari yo!

Permainan Rakyat, Sijao Sijao :)


Dicky Senda kemudian tampil membawaha puisi karya Mario F. Lawi. Kalau saya bilang anak NTT itu kece, memang tidak salah. Sastrawan-sastrawan muda NTT ini begitu memukau. Tulisan Mario, cara Dicky membawakannya. Aish. Jempol. Lantas Rapper Family Clan, Xella dan kawan-kawan, menggebrak arena dengan ngerap! Yoooo asyik sekali. Request kami untuk lagu HBD dibawakan dengan gaya keren anak rapper, teman! Hebatnya mereka freestyle pula. Aduh, sumpah, saya pengen menangis. Ini keren. Belum juga keinginan untuk menangis terlaksana *tsah* acara berikutnya lebih heboh lagi! Fragmen dari Laskar Ambruk tentang mencintai alam. Duniaaa … malam itu Ende begitu keren oleh komunitas-komunitas ini. Acara masih berlanjut dengan penampilan kembali oleh RFC, makan malam dan mimbar blogger bicara. Di situ banyak blogger diundang untuk tampil dan bicara tentang : how they know blog? Since when? Experience? Namanya juga blogger, semua dijawab tanpa hambatan. Lancar jaya.

 Laskar Ambruk! Fragmennya seru!


Karena ijin yang kami peroleh hanya sampai pukul 23.00 maka sebelum waktu cinderella-fc pulang, kami harus selesai. Acara ditutup dengan nyanyian lagu HBD ala RFC yang mana para penyanyi FC langsung ambil alih mic dan mengeluarkan semua teknik bernyanyi. Tekniknya Mariah Carey, W.Houston sampai tekniknya Linkin Park semua ada. Dilanjutkan juga dengan tarian Gawi, tarian kebersamaan khas Ende.


Well, malam itu, malam perayaan ulang tahun ke-4 Flobamora Community sangat berkesan bagi kami semua. Ada pianica, ada solo, ada dance, ada permainan rakyat, ada puisi, ada rapper, ada pula fragmen. Apa lagi yang kurang? Belum lagi itu member FC semuanya kan emang super heboh sendiri jadi yaaa … hore-hore bergembira lah semua.


Apa yang terjadi pada malam itu usai acara? Baca di sini!


Postingan tentang ulang tahun ke-4 FC juga dapat dibaca di blognya Dicky, Sandra dan Fauwzya.


Terima kasih untuk :

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Ende

Kecamatan Ende Utara

Kelurahan Kotaraja

SMAK Syuradikara Ende

POLRES Ende

Satpam Museum Tenun Ikat dan Penjaganya

Balai Taman Nasional Kelimutu

Internetsehat / ICT Watch

Pemain pianica dan penari : Salsa, Indah, Ical, Ricky, Prili

Tamu blogger dari Kupang : Dicky Senda, Romo Patris

Tamu blogger dari Soe : Sandra Olivia Frans

Tamu blogger dari Nangapanda : Djho Ismail

Tamu blogger dari Maumere : Gina Ria

Tamu blogger dari Ndona : Mila Wolo

Imelda Marcos SM
Bapak Marthen Rohi
Bapak Usman Dean 

 We are blogger NTT


Terima kasih untuk semua member FC baik yang berdomisili di Ende maupun di luar Ende semoga kita masih dapat menyumbangkan kebaikan untuk negeri tercinta meski lewat langkah-langkah kecil dan yang kita sanggup melakukannya. Ingat, FC adalah komunitas yang TALK MORE DO MORE!


Molo dooo…



Wassalam.     

1 Komentar

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.

  1. hari yang panjang sepertinya. tapi terlihat seru memang. selamat ulang tahun sekali lagi :)

    BalasHapus
Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak