• Start Your Day With Personal Story

    5 Manfaat Buah Sirsak



    Kalau menulis sirsak, saya pasti ingat es sirup + sobekan buah sirsak, dinikmati siang hari saat udara panas. Kalau ada yang minta, kasih senyum manis, jangan kasih es sirsaknya. Ah, ingatan yang bakal merusak kadar gula dalam darah. Etapi kalau tidak setiap hari dikonsumsi kan boleh. Boleh kan? Ya boleh donk! Penderita diabetes juga boleh! Pokoknya!

    Loh ... kok marah :p

    Baca Juga : 5 Manfaat Bekam

    Sirsak, dari Wikipedia, disebut juga nangka belanda atau durian belanda dengan nama latin annona muricata. Herannya, nama annona ini identik dengan buah nona atau di Ende disebut buah ata nona. Sirsak ini berasal dari Karibia, Amerika Tengah dan Amerika Selatan dan dapat tumbuh di sembarang tempat termasuk di hatiku. Nama sirsak sendiri berasal dari bahasa Belanda yaitu zuurzak yang berarti: kantung yang asam. Hmmm, banyak sekali kata dalam bahasa Belanda yang masih digunakan di Indonesia sampai sekarang ini. Salah satu warisan Belanda untuk Indonesia adalah Burgerlijk Wetboek atau KUHPerdata.

    Jenis-jenis sirsak yang ada di Indonesia antara lain: sirsak ratu, sirsak irian, sirsak asam, sirsak bali, sirsak mandalika, sirsak ido, hingga sirsak sabun. Entah bagaimana pula bentuk sirsak sabun ini, yang jelas rasanya tetap rasa sirsak. Kalau rasanya stroberi berbusa itu baru dipertanyakan.

    Baca Juga : 5 Manfaat Minyak Ikan (Paus)

    Setelah mencari sana-sini, ternyata manfaat sirsak ini sangat banyak, kawan. Di perpustakaan mini milik Pusar Pariwisata Uniflor, saya dipertemukan dengan sebuah buku berjudul Dahsyatnya Sirsak Tumpas Penyakit. Tetapi karena pos ini bukan review, maka buku itu akan dibahas di lain kesempatan. Isi buku itulah yang cocok dengan semua temuan dari pencarian saya tentang manfaat sirsak. Dan ternyata ada puluhan manfaat sirsak untuk kesehatan umat manusia *muka serius*.

    Jadi, sekarang mari kita simak apa saja manfaat yang dapat kalian peroleh jika mengkonsumsi sirsak (baik buah maupun daunnya).

    1. Diabetes Melitus

    Ini dia manfaat pertama yang harus kalian tahu, eh maksudnya harus saya tahu. Makanya di awal pos saya ngotot penderita diabetes juga harus boleh mengkonsumsi sirsak (tanpa es sirup atau pemanis tentunya). Haha. Ternyata ada maksudnya. Buah dan daun sirsak dapat mengobati diabetes melitus (ekstraknya) untuk memperbaiki produksi insulin.

    Baca Juga : 5 Manfaat Lidah Buaya Ini Perlu Kalian Tahu

    2. Infeksi Virus

    Ekstrak etanol daun sirsak memiliki aktivitas sebagai anti virus herpes simplek. Senyawa aktif dari sirsak dan tanaman dari genus Annona, menurut NIH berdasarkan skrining yang dilakukan oleh Universitas Purdue Amerika Serikat, ternyata juga memiliki khasiat anti-AIDS.

    3. Hipertensi

    Buah sirsak dapat menurunkan hipertensi karena mengandung vasodilator yaitu zat yang bersifat melebarkan pembuluh darah.

    4. Pencegah Kanker

    Mengkonsumsi sirsak secara rutin juga berkhasiat mencegah timbulnya penyakit kanker (bersifat sebagai kemoterapi alami). Konsumsi rebusan daun sirsak daj jus sirsak secara rutin.

    5. Obat Diare

    Jus buah sirsak dapat memulihkan kondisi akibat diare dalam waktu 48 (empat puluh delapan jam). Seng yang terkandung di dalam sirsak berperan menurunkan kehilangan cairan usus.

    Terimakasih Tuhan, obat semua penyakit sebenarnya sudah Engkau kirimkan ke bumi ini. Enak pula :D

    Begitu banyak manfaat dari buah sirsak, sebenarnya apa saja kah kandungan yang ada di dalamnya? Banyak sekali! Diantaranya pestisida (zat yang dapat mengendalikan, menolak, memikat, atau membasmi organisme pengganggu tanaman), sedatif (zat yang bersifat menenangkan), emetik (zat yang merangsang muntah), nervin (menguatkan saraf/tonik saraf), hipoglikemik (zat yang bersifat menurunkan kadar gula dalam darah), antiparasit (menghambat perkembangan parasit), antikonvulsan (anti kejang), dan masih banyak lagi kandungan di dalam buah sirsak yang bermanfaat bagi tubuh manusia.

    Baca Juga : 5 Manfaat Bawang Putih

    Bagaimana, kawan? Setelah membaca pos ini, masihkah menolak mengkonsumsi buah sirsak dan/atau ramuan dari buah serta daunnya? Jangan, doooonk. Kalau sudah tahu manfaatnya, kenapa tidak dicoba? Lagipula tidak ada ruginya mengkonsumsi buah sirsak ... enak iniiiiiy.

    Semoga bermanfaat.

    Sumber: Dahsyatnya Sirsak Tumpas Penyakit oleh Dr. Adji Suranto, Sp.A.


    Cheers.

    13 komentar:

    1. Tau ngga, kak setelah buah sirsak mulai dikenal sebagai obat alami ampuh melawan bermacam penyakit, di kotaku ikut melambung loh harganya.

      Dokter pun sering menyarankan untuk mengkonsumsi buah sirsak.
      Daunnya juga ampuh membunuh sel tumor.

      Jadi pengin nanam tanaman sirsak lagi.
      Dulu sempat ada di halaman belakang rumahku, tapu entah kenapa cerita selanjutnya kok setelah aku mudik pulang kampung saat itu, tanamanya sudah ngga ada.

      Kak Tuteh nanam pohon sirsak di hati, eh di pekarangankah 🙂 ?

      ReplyDelete
      Replies
      1. Wah luar biasa, jadi kotamu penghasil sirsak kah? Pasti masyarakat juga memanfaatkan sirsak ini untuk berbisnis, kalau bisa dalam skala besar kan ya, karena manfaatnya yang luar biasa sampai bisa membunuh sel tumor/kanker itu.

        Yuk ditanam ditanam hahaha.

        Enggah, saya nggak nanam sirsak di hati, di hati cukup nanam kasih sayang LOL :p hahahaha. Tidak ada pohon sirsak di pekarangan :( tak apa, biar tanam yang lain saja.

        Delete
      2. Tepatnya kotaku bukan penghasil sirsak skala besar sih,kak.
        Tapi kabupaten kotaku yang areanya di lereng gunung Merbabu, tanahnya cukup subur untuk tanaman sirsak.
        Tanaman sirsak mudah tumbuh subur disana.

        Hahaha .., betul itu,kak.
        Lebih baik tanam pohon kasih sayang dihati, daripada tanam pohon berduri di dalam hati 😅

        Delete
    2. aku suka sirsak kak, tapi dicampur gula biar gak asam asam kali.. kira kira masih dapat gak ya manfaatnya khasiatnya...

      ReplyDelete
    3. Ternyata sirsak banyak macamnya ya, baru tau. Manfaatnya buat kesehatan juga banyak.
      Aku suka sirsak, biasanya dibuat jus. Enak!

      ReplyDelete
      Replies
      1. Sekalian ngejuss sekalian buat kesehatan juga dapet hehehe

        Delete
    4. Tentunya banyak sekali manfaat dari buah sirsak selain sebagai dibuat minuman segar.

      ReplyDelete
    5. Aku sukanya dibuat jus.
      Dulu pas masih kecil suka makan sirsak kalau dapat yang matang. Rasanya asam-asam gimna gitu hahahhaha

      ReplyDelete
    6. selama kurang lebih 5 tahun di Jakarta baru dengar lagi lewat postingan ini, sebutan sirsak, padahal zaman SD dulu (di Papua), bapak sampai bawah kayu besar usir kami gara-gara sirsak kwkw, dunia sunggu seperti terbalik.

      Setiap mas punya kisah, dan setiap kisah punya masa (periode waktunya) tersendiri. Terima kasih Ine, tentang sirsak, bagi saya memori tempo dulu yang kembali hadir hehehhee

      ReplyDelete
    7. waktu hamil kemaren, aku ngidam makan sirsak hahahah abis enak dan asem2 gitu jadi bikin ngga mual. Selain itu emang banyak manfaatnya juga, daaan yang aku rasain kalau abis makan sirsak BAB jadi gampang, soalnya kl lagi hamil kadang2 susah BAB :D

      ReplyDelete
    8. pernah denger sih beb untuk mengobati kanker.. tapi daunnya yang direbus.. bukan buahnya..

      kalau buahnya aku suka yang masih belum terlalu mateng.. jadi masih bisa di iris dan manisnya itu rada ada masemmnya hmmmmm :)

      ReplyDelete

     

    2teh

    Tuteh Pharmantara
    Email: tuteh.pharmantara@gmail.com
    Twitter & Foap: @tuteh
    FB: Tuteh Pharmantara
    WA: 085239014948


    flobamorata
    Internet Sehat

    Advertisement

    Labels

    Backpacker (53) Blogger (27) BlogPacker (32) Buku (23) Daily (35) Ende (107) Filem (13) Flores (11) Indonesia (10) Inspirasi (177) Jalan-jalan (39) Kabupaten Ende (9) Kaki Kereta (18) Komunitas (6) Komunitas Blogger NTT (15) NTT (47) Nusa Tenggara Timur (31) Quotes (6) Review (47) Thought (33) Traveling (61) Yellow (3)