5 Cara Mengusir Jerawat dari Wajah

Maskeran dua tahun sekali, haha.

Apa itu jerawat? Kenapa orang-orang sebal kalau wajahnya ditumbuhi jerawat apalagi jerawat batu? Dan bagaimana cara mengusir jerawat bahkan sebelum dia hinggap di wajah mulus saya? Oke, mari kenalan dulu sama jerawat. Menurut Wikipedia: jerawat adalah suatu keadaan di mana pori-pori kulit tersumbat sehingga menimbulkan kantung nanah yang meradang. Kemungkinan penyebabnya adalah perubahan hormonal yang merangsang kelenjar minyak di kulit. Perubahan hormonal lainnya yang dapat memicu timbulnya jerawat adalah masa menstruasi, kehamilan, pemakaian pil KB, dan stress.

Baca Juga:
Apakah tipe kulit wajah berminyak dapat menyebabkan tumbuhnya jerawat di wajah? Menurut pengalaman pribadi, kulit wajah saya berminyak namun tidak berjerawat. Berjerawat hanya saat PMS, yang umumnya dialami oleh perempuan. Kesimpulannya: tidak semua tipe kulit wajah berminyak dapat mempengaruhi atau menjadi penyebab tumbuhnya jerawat di wajah. Setelah saya berjalan ke belakang melihat kehidupan masa lalu *tsah*, juga kehidupan sekarang, ternyata ada alasan wajah saya tidak berjerawat kecuali saat PMS, yaitu:

1. Tidak memakai kosmetik kecuali ke acara tertentu.
2. Rajin mengonsumsi air mineral/air putih.

Serius! Kehidupan sehari-hari saya tidak diwarnai oleh bedak, pinsil alis, perona pipi, gincu, apalagi maskara. Dalam aktivitas sehari-hari kulit wajah saya bebas dari bedak. Sesekali saya memakai sabun/foam wajah, itu pun tidak rajin. Dan tentunya, seperti yang pernah saya tulis, bahwa saya adalah orang yang paling rajin mengonsumsi air putih.

Berdasarkan pengalaman pribadi dan dari berbagai sumber, berikut lima cara mengusir jerawat a la saya :D

1. Rajin Membersihkan Wajah

Saya tidak berharap semua perempuan meninggalkan bedak dan gincu dalam aktivitas/kegiatan sehari-hari. Adalah alamiah jika ke mana pun pergi, perempuan selalu berdandan. Yang tidak normal itu saya, hahaha. Thika Pharmantara dan Ocha bisa menghabiskan waktu setengah jam untuk berdandan. Jadi, jangan lupa untuk selalu membersihkan wajah setiap tiba di rumah. Untuk make up super lengkap, gunakan make up remover. Untuk make up simple sehari-hari, gunakan sabun atau foam pembersih wajah.

Inilah sebabnya saya tidak memakai bedak dan gincu untuk kegiatan sehari-hari, karena setelah kulit wajah ditimpa bahan kimia dari bedak, misalnya, harus pula ditimpa bahan lain untuk membersihkan bedaknya.

2. Rajin Mengonsumsi Air Putih

Manusia wajib mengonsumsi air putih rata-rata delapan sampai sepuluh gelas per hari. Kalau saya: lebih dari takaran normal itu. Kenapa rajin mengonsumsi air putih dikatakan dapat mengusir jerawat? Karena air putih yang cukup dapat membikin kulit wajah lebih banyak memproduksi keringat yang keluar melalui pori-pori, sekalian mengeluarkan kotorannya.

Ayo mulai rajin mengonsumsi air putih, minimal membawa botol air minum ke mana pun kita pergi.

3. Kurangi Stres

Stres sudah menjadi bagian hidup manusia. Sedikit-sedikit stres hehe. Kayak si Akiem tuh, setiap kali ke rumah, kalimat pertamanya adalah "Kaka, saya stres na!" Selain menimbulkan jerawat, stres juga bakal bikin maag kalian kambuh. Jadi, kurangi stres. Caranya? Banyak ketawa, ikhlas, dan selalu melihat sisi baik dari setiap peristiwa. 

4. Rajin Memakai Molang

Hahahaha *ngakak dulu*

Kami menyebutnya molang (entah bagaimana molang ini sudah turun-temurun disebutkan begitu). Kalian mungkin menyebutnya lulur wajah atau masker. Ini khusus bagi kalian yang sering memakai make up sehari-hari. Memakai molang tidak saja baik untuk kalian yang rajin make up, tapi juga bagi siapa pun yang ingin kulit wajahnya menjadi lebih bersih, lebih cerah, lebih sehat. Suatu kali saya ditawari molang olahan rumah berbahan kunyit dan beras. Tapi hanya rajin pada minggu pertama, selanjutnya sudah lupa di mana menyimpan bubuk molang pemberian teman itu.

5. Rajin Minum Vitamin

Vitamin E adalah vitamin yang baik untuk kulit. Jangan lupa juga dengan vitamin C. Banyak vitamin untuk kulit (wajah) yang dijual di apotik maupun di toko. Silahkan dicari hehehe.

Bonus:
 
Menggunakan Obat yang Cocok dengan Kulit Wajah

Obat jerawat dijual bebas di apotik dan/atau toko. Kalian bisa mencari obat jerawat yang cocok dengan jenis kulit agar jerawat cepat pergi. Jangan pernah memencet jerawat dengan tangan, apalagi tangan yang kotor, kalian tentu tidak ingin hal-hal yang tidak diinginkan terjadi bukan? Misalnya terjadi peradangan pada kulit wajah/menjadi luka karena jari-jemari memaksa isi jerawat keluar.

Bagaimana? Sederhana kan?

Menurut saya pribadi, alangkah baiknya menghindar dari pada mengobati. Lebih baik mengusir dari pada mengobati. 

Semoga bermanfaat!


Cheers.

4 Komentar

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.

  1. yei... dapet resep baru biar gak ikut jerawatan, meski gak jerawatan sih xixixi

    BalasHapus
  2. Nah mengurangi stress ini yang syusah kakak...aku kalo udah seteresss uuuhh welcome deh jerawat di jidat, didagu, dibawah bibir..bawah hidung...uuhhh sebel nya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Namanya juga hidup, sis hahaha ... pasti stress itu datang meskipun kita menolak mati-matian kan :D semoga kak Sarah jarang stres lagi :*

      Hapus
Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak