• Start Your Day With Personal Story

    5 Pot Bunga Cantik DIY




    Lagi-lagi DIY ...

    Mungkin kalian pernah bertanya-tanya; kapan saya berhenti ngepos soal DIY ini. Haha. Saya tidak akan pernah berhenti. Cinta saya padanya kian hari kian kuat seperti kekuatan Thanos ketika memperoleh semua Infinity Stones. Ya kan, Nos *kitikin perut Thanos*. Ngepos ini gara-gara kemarin saya mencoba membikin pot bunga dari semen berwadah botol plastik bekas minuman berkola dan untuk bagian lobangnya memakai wadah plastik bekas selai. Sampai saya ngepos ini, saya belum membukanya, jadi belum tahu hasilnya nanti bakal macam apa.

    Mumpung sekarang liburan, mumpung sebentar lagi Hari Raya Idul Fitri, tidak ada salahnya mencoba mendekorasi ulang rumah. Urusan dekor-mendekor ini kesenangan saya; kalau sedang tidak sibuk bisa sepuluh kali dalam setahun saya mengubah ini-itu di dalam rumah mulai dari teras depan, ruang tamu ruang makan, kamar, dapur, bahkan beranda belakang. Tapi kalau sedang sangat sibuk, setidaknya tiga kali saya mengubah ini itu di dalam rumah saat Idul Fitri, 17 Agustus, dan tahun baru.

    Mumpung sekarang liburan *repetisi ah ini* saya mau bagi-bagi cerita tentang membikin pot bunga cantik. Meskipun di toko banyak dijual pot bunga plastik, dan juga pot bunga semen, tapi membikin sendiri itu rasanya jauh lebih puas as as as as (((echo))). Masih ada waktu ini ...

    Apa saja pot bunga cantik DIY yang bisa kita bikin?

    1. Pot Dari Semen

    Di Ende ada banyak tempat orang menjual pot bunga dari semen. Bagus-bagus, gede-gede, cantik-cantik. Harganya juga cantik sih. Hehe. Di internet juga banyak tutorial membikin pot bunga dari semen tapi ukurannya super mini, untuk diletakkan di atas meja.


    Tolong jangan fokus pada tangan saya; gede pisan! Fokus pada yang saya pegang. Bakal pot bunga seperti yang saya ceritakan di awal pos. Semen sisa dicampur air dalam wadah botol plastik bekas, dan buat lobangnya pakai wadah plastik bekas selai. Sebenarnya buat lobangnya itu memakai gelas plastik yang diisi batu (supaya berat) tapi karena mencari sampai ke lobang semut tidak ketemu si gelas plastik, pakai yang ada sajalah. Belum tahu hasilnya seperti apa. Nantilah bakal saya pamerkan. Hahaha. Karena mini, bunganya pun harus yang mini. Bagusan kaktus mini. Iya kan, Min? Thamin? Eh, Thanos.

    2. Pot Dari Ember Plastik

    Pada awal pos kalian sudah melihat ember plastik yang berisi tanaman bambu air. Bambu air ini saya peroleh dari tetangga, namanya Mama Meni, yang rumahnya memang penuh bunga. Sudah lama mintanya, dari tahun lalu, baru dikasih sekarang. Kompensasinya saya hanya membeli dua ember plastik untuk menggantikan embernya ini. Yaaa namanya juga bambu air, harus banyak air tergenang untuk dia tetap hidup. Dan ternyata air di dalam ember itu tidak hanya berfaedah untuk si bambu tapi juga untuk kekucingan di rumah buat tempat minum. Ebusyeettt.

    Pada pos di atas embernya memang belum saya hias. Rencananya bakal diikat kain tenun ikat (perca), atau pita, atau bisa juga di-cat polkadot. Nantilah ... masih ada hari. He he he.

    3. Pot Dari Botol Plastik Bekas

    Ini nih yang paling umum. Dulu saya pernah ngepos soal botol plasti bekas yang jadi tempat semai benih daun sop dan beberapa tanaman lain. Sekarang daun sopnya sudah tidak ada karena sudah dimanfaatkan oleh banyak orang, sedangkan bunga-bunga mini jaman dulu itu sudah dipindah ke pot plastik yang lebih besar soalnya bunganya juga tumbuh besar.


    Entah itu tanaman apa saja yang tumbuh hahaha. Sebelah atas di dalam botol plastik bekas itu berisi sereh. Beda sama daun sop saya yang dulu primadona diminta sama kakak atau tetangga, si sereh mah adem ayem saja sampai dia layu sendiri *ngakak*. Oia, diantara tanaman bebungaan dan dedaunan itu, juga ada pot-pot berisi tanaman lombok/cabe. Sangat bermanfaat jika saya pengen sekali memakan ikan goreng, tinggal petik cabenya diulik bersama garam dan sedikit micin. Ah, yang sederhana itu nikmat, kawan.
     
    4. Pot Dari Ban Mobil
     
    Dulu saya pernah membooking *duhileh* ban mobil bekas punya Abang Nanu Pharmantara. Beberapa buah sudah dikumpulkan. Rencananya bakal bikin tempat duduk/kursi begitu. Eh, karena kalah langkah, ban-ban itu raib! Kata Abang, "kau sih terlambat ambil, sudah diambil orang itu."
     
    Hiksssss ... teganya Abaaaaaang.
     
    Tapi ban mobil bekas tidak saja bisa dimanfaatkan kembali menjadi tempat duduk loh, bisa juga buat pot bunga di taman yang penuh bunga mekar berseri. Seperti gambar berikut:

     

    Bukan punya saya yaaa ... ini gambarnya diambil dari sini. Keren sekali kalau ini ada di teras rumah saya. Ihiks. Teganya Abang :P

    5. Pot Dari Celana Jin

    Tahun 2016 tepatnya Bulan Oktober saya dan teman-teman, juga Kakak Pacar, pergi ke Kota Maumere untuk berburu buku-buku bekal skripsi. Tak lupa, sekalian kami jalan-jalan dan mampir di Coconut Garden Beach and Resort di dekat Geliting. Semua hal dari tempat ini sangat menarik hati. Salah satunya adalah pot bunga dari celana jin bekas.


    Unik kan? Mungkin kalian berpikir; bakal butuh banyak tanah. Tapi menurut saya, bagian bawah (bagian kaki) setengahnya bisa diisi batu, baru dilapisi tanah. Luar biasa ide ini. Cemerlang sangat!

    Bagaimana, kawan-kawan ... kalian sudah mulai mengumpulkan material bakal bikin pot bunga cantik dari barang bekas? Hyuuuuk ah, apalagi bagi kalian yang sudah selesai beberes rumah, sudah selesai mengaduk tepung, sudah selesaikan semua urusan penting seperti fidyah, zakat, dan sedekah. Tunggu apa lagi? Masa iya hanya duduk-duduk nge-game? Hihihi.


    Cheers.

    2 komentar:

    1. topengnya itu yang jadi fokus, akhirnya cari2 mana yang katanya "ember" itu.. :D

      ah ternyata disamping.. hehhe

      ReplyDelete
      Replies
      1. Hahahaha emberrrr :D topengnya bikin banyak orang gagal fokus.

        Delete

     

    2teh

    Tuteh Pharmantara
    Email: tuteh.pharmantara@gmail.com
    Twitter & Foap: @tuteh
    FB: Tuteh Pharmantara
    WA: 085239014948


    flobamorata
    Internet Sehat

    Advertisement

    Labels

    Backpacker (52) Blogger (24) BlogPacker (31) Buku (21) Daily (35) Ende (102) Filem (12) Flores (8) Indonesia (9) Inspirasi (153) Jalan-jalan (38) Kabupaten Ende (9) Kaki Kereta (18) Komunitas (6) Komunitas Blogger NTT (15) NTT (44) Nusa Tenggara Timur (31) Quotes (6) Review (43) Thought (33) Traveling (59) Yellow (2)