• Start Your Day With Personal Story

    5 Penemuan Yang Tidak Digunakan Lagi




    Setelah membaca buku The Book of Origins oleh Trevor Homer, saya jadi tahu bahwa ternyata ada barang-barang penemuan yang sudah tidak digunakan lagi. Dan kali ini saya akan menulis 5 (lima) barang yang setelah ditemukan, digunakan, lantas berlalu bersama waktu dan hati yang teraniaya dan menjadi barang 'antik' sehingga tidak digunakan lagi karena bermacam alasan, misalnya tidak efektif atau dikalahkan oleh penemuan-penemuan terbaru.

    Apa saja kah barang tersebut?

    Mari kita simak!

    1. Codepiece

    Ternyata sulit sekali bagi saya untuk menemukan arti kata dari codepiece ini. Jadi, saya memutuskan untuk tetap menulis codepiece. Codepiece dipakai di Eropa pada abad ke-15 oleh laki-laki pesolek/parlente (kalau jaman sekarang disebut laki-laki metroseksual mungkin ya) untuk mendukung alat kelamin mereka. Ini yang saya bingung bentuknya semacam koteka kah? Atau apa? Entaaaah! Depresi memikirkannya *muka sungguh-sungguh*. Kadang-kadang codepiece akan dihiasi dengan perhiasan supaya lebih menonjol. Sumpah ini saya depresinya level dewa. Pada tahun 1580 barang ini sudah tidak dipakai lagi karena mereka dianggap terlihat cebol cabul. Di Aliexpress kalian masih bisa menemukan gambar codepiece loh.

    2. Chastity Belt

    Chastity Belt atau sabuk kesucian dirancang pada Abad Pertengahan untuk mencegah perempuan menikah melakukan hubungan seksual di luar nikah. Sabuk kesucian biasanya dipasang pada perempuan selama suami mereka tidak ada karena si suami sedang bertugas ke medan perang (Perang Salib). Sabuk ini tidak populer dan tidak nyaman. Dan sampai sekarang saya belum pernah melihat ada perempuan kekinian yang menggunakan sabuk ini. Padahal, jaman sekarang juga perlu sabuk semacam ini, agar tidak terjadi perselingkuhan. Itu menurut sayaaa. Jangan protes, doooonk.

    3. Claxton Earcap

    Claxton Earcap ditemukan oleh Adelaide Claxton. Dia mematenkan alat pelindung telinga tersebut pada tahun 1925, dinamai Claxton Earcap. Alat ini diduga dipakai pada malam hari oleh anak-anak untuk mengoreksi telinga yang mencuat keluar. Macam mana pula itu bentuknya telinga yang mencuat keluar? 

    4. Phrenology

    Phrenology atau frenologi adalah ilmu menentukan sifat seseorang dari bentuk tengkoraknya. Franz Joseph Gall (1758-1828) mempromosikn frenologi pada akhir abad ke-delapan belas dan awal abad ke-sembilan belas. Saya membayangkan jika frenologi masih ada sampai saat ini, sungguh terlalu. Kita tidak bisa menentukan sifat seseorang dari tengkoraknya saja. Dan, bagaimana pula terjadi karena waktu itu belum ada sinar X kan? Sinar X baru ditemukan, diperkirakan pada tahun 1895, saat Wilhelm Conrad Roentgen menemukan sebuah layar barium platinocyanide yang bercahaya di laboratoriumnya. Just info if you don't know it yet. Jadi untuk tahu sifat seseorang, harus dikuliti terlebih dahulu? Horor, Mak!


    5. Tobacco Resuscitator Kit
     
    Perkakas ini ditemukan di Inggris pada tahun 1774, dan dimaksudkan untuk menyelamatkan korban-korban tenggelam, dengan menyuntikkan asap tembakau ke dalam dubur. Idenya adalah untuk memberikan kehangatan dan stimulasi pada korban yang tampak sudah tewas, dan ini dianggap suatu pengembangan yang sangat rasional mengingat tembakau isa menyediakan dua-duanya. Peralatan tersebut diletakkan di sepanjang tepi Sungai Thames di London oleh Royal Humane Society, persis seperti ban-ban pengapung pada masa sekarang. Enough. Ini penemuan paling astajim yang saya baca ha ha ha.

    Itu dia lima penemuan yang sudah tidak digunakan lagi bahkan ada yang tidak terlalu lama dari sejak ditemukan. Tapi kalau soal sabuk kesucian itu, saya setuju sih ha ha ha *digampar berjamaah*. Penting sih untuk mempertahankan kesucian seorang istri *tsah*. Apakah kalian mengetahui barang/penemuan lain yang juga sudah tidak digunakan lagi? Bagi tahu doooonk :)


    Cheers.

    0 komentar:

    Post a Comment

     

    2teh

    Tuteh Pharmantara
    Email: tuteh.pharmantara@gmail.com
    Twitter & Foap: @tuteh
    FB: Tuteh Pharmantara
    WA: 085239014948

    Internet Sehat

    Labels

    Backpacker (39) Blogger (18) BlogPacker (17) Daily (35) Ende (73) Inspirasi (74) Jalan-jalan (23) Kaki Kereta (15) Komunitas (6) NTT (35) Quotes (6) Thought (26) Traveling (46) Yellow (2)