• Start Your Day With Personal Story

    5 Penemuan Yang Mengubah Dunia



    Hari pertama puasa. Semoga kita dapat menjalankan ibadah puasa dengan baik, terutama pada hari pertama yang biasanya terasa berat (khusus untuk saya, bukan untuk kalian, hehehe) dibanding hari-hari berikutnya. Selamat menjalankan ibadah puasa ya, kawan. Dan karena ini Kamis, mari kita membahas tentang penemuan yang mengubah dunia versi saya karena kemarin sudah menulis tentang penemuan yang sudah tidak digunakan lagi di dalam buku The Book of Origins.

    Berbicara tentang penemuan yang sudah tidak digunakan lagi (pada pos kemarin), tercetus ide untuk menulis tentang penemuan yang mengubah dunia, dan tentu saja, versi saya. Namanya juga versi saya, tentu berbeda dengan versi kalian. Kalau kalian juga punya daftar penemuan yang mengubah dunia, silahkan berbagi dengan saya di komen; tautannya juga boleh sekalian kunjungan balik hehehe.

    Jadi apa saja penemuan yang mengubah dunia versi saya? Yuk kita cek-ricek di bawah ini.

    1. Internet

    Internet berada pada urutan teratas penemuan yang mengubah dunia versi saya. Bukan saja mengubah dunia secara harafiah, tapi juga mengubah perilaku manusia. Selain berdampak positif pada kehidupan manusia, yang menjadi jauh lebih praktis, internet juga berdampak negatif jika tidak digunakan dengan bijaksana. Kita tahu bahwa megirim surat melalui surat elektronik jauh lebih cepat dan mudah, tapi kita juga tahu bahwa alamat surat elektronik dapat dibobol dengan mudah. Kita tahu bahwa internet membantu banyak orang dalam berbisnis, tapi kita juga tahu sering terjadi penipuan melalui internet. Kita tahu banyak hal baik dilakukan di Indonesia salah satunya melalui akun twitter @GNFI (Good News From Indonesia), tapi tidak dapat kita pungkiri bahwa banyak pula Orang Indonesia yang menyebarluaskan berita hoax. Dan lain sebagainya.

    Internet, sangat mengubah dunia. Contohnya seperti sekarang ini. Kalian bisa membaca tulisan saya melalui pos pada laman blog, semua karena internet. Kita jadi punya banyak teman di tempat-tempat jauh tanpa harus saling tatap muka; bahkan ada yang menjadi sahabat karib meskipun baru bertemu sekali dua. Banyak orang muda Indonesia yang sukses berbisnis online tanpa perlu susah-susah membuka ruko. Semua karena internet. Yess, internet, penemuan yang telah mengubah dunia. Sangat. Informasi lengkapnya silahkan intip Wikipedia.


    2. Pesawat

    Traveling ke luar pulau naik kapal laut? Tidak masalah. Tapi dengan pesawat tentu waktu tempuh menjadi jauh lebih singkat. Penemuan pesawat telah mengubah dunia. Namun, layaknyak penemuan pada umumnya, tidak semua berjalan mulus-mulus saja. Dimulai dari penemuannya, percobaan, sampai sekarang, kita tahu bahwa kecelakaan pesawat, meskipun sudah dihindari semaksimal mungkin melalui tindakan-tindakan preventif masih saja terjadi. Padahal, pesawat merupakan alat transportasi dengan keamanan paling tinggi. Namanya juga hidup, ada hal yang bisa diprediksi, dan ada pula yang tidak bisa diprediksi dengan mudah; salah satunya perjalanan dengan pesawat.

    Pesawat terbang benar-benar mengubah kehidupan manusia. Ada loh yang sarapan di Kupang, makan siang di Denpasar, dan makan malam di Jakarta. Semua berkat pesawat terbang yang harganya terbilang mahal hahaha. Pengalaman dengan pesawat terbang yang paling menyakitkan hati bagi saya adalah ketika pesawat komersil yang saya tumpangi nyaris kolaps sekitar duapuluh menit sebelum mendarat dari perjalanan Jakarta menuju Yogyakarta. Waktu itu sudah pasrah. Haha. Tuhan berkehendak lain. Sungguh tidak dapat diprediksi.

    3. Kertas

    Perubahan besar yang terjadi dengan ditemukannya kertas terdiri atas dua. Perubahan masif tentang gundulnya hutan-hutan, dan kebaikan yang luar biasa pula bagi umat manusia. Bayangkan buku-buku yang kita baca, semuanya berbahan dasar kertas (dan tinta). Perubahan buruk yang dilakukan dengan ditemukannya kertas ini adalah gundulnya hutan-hutan di dunia karena bahan dasar kertas adalah serat yang diperoleh dari tumbuhan yang berasal dari kayu maupun bukan kayu dan terdiri dari rantai - rantai selulosa yang diikat oleh lignin dan hemiselulosa. Buku bacaan, majalah, kertas ketikan, tisu dan masih banyak lagi.

    Ada tiga versi sejarah kertas ini di Wikipedia. Silahkan klik tautannya. Hehe.

    4. Alat Komunikasi

    Selain internet, saya juga memilih alat komunikasi sebagai penemuan yang mengubah dunia secara masif. Saya pernah merasakan bermain sama teman dan kakak sepupu; dua kaleng yang dihubungkan dengan benang (belajar fisika juga ya itu). Kemudian saya pernah berada pada masa telepon rumah dan telepon umum sangat berjaya. Pada saat telepon genggam mulai digunakan di Indonesia, saya termasuk salah seorang pengguna Kartu Simpati Nusantara yang waktu itu per kartu diharga Rp 250.000 (Maaaak!) dengan hardcase warna hitam. Demikianlah, demi bisa menggunakan Motorola Startac yang diberi oleh kakak yang kini bekerja di Belgia, saya dibelikan pula nomor perdana oleh (Alm.) Kakak Toto Pharmantara seharga itu. Setelah Telkomsel mengeluarkan Kartu As, rasanya rugi banget ya sudah membeli kartu yang lama itu hahaha.

    Sekarang, yang namanya telepon genggam mah bukan barang mewah lagi. Jujur, saya jadi kangen sama telepon genggam jaman dulu ha ha ha.

    5. Plastik

    Informasi lengkap tentang plastik, silahkan baca di Wikipedia. Saya hanya mau bilang bahwa plastik mengubah dunia secara masif. Hampir semua orang pasti menggunakan barang-barang berbahan plastik; kresek, botol minum, kemasan sachet, piring dan gelas, baskom, sendok, dan lain sebagainya. Sama seperti internet, plastik menjadi bagian kehidupan kita sehari-hari. Positifnya, plastik sangat bermanfaat sebagai pelindung/anti air, tapi sampah plastik bakal susah banget mengurai dan menyusahkan bumi.

    Pengen mengulang lagi soal plastik dan sampah plastik, tapi kuatir nanti kalian bosan. Yang penting, jangan lupa untuk selalu membawa botol air minum sendiri ke mana pun kalian pergi! Selain berhemat, juga mengurangi sampah plastik botol bekas air mineral. Yakeeuuun.

    Itulah lima penemuan yang menurut saya sudah mengubah dunia yang kita cintai ini secara masif.


    Cheers.

    2 komentar:

    1. Tepat,banget.
      Ke 5 penemuan sarana itu banyak merubah hal.
      Dari internet apapun sarana informasi yang dibutuhkan ada, mau belanja online juga mudah ...

      Pesawat .. tinggal berangkat dari Ende ke ... negaranya doraemon juga tinggal gesek2 layar smartphone buat beli tiket ... 😁

      ReplyDelete
      Replies
      1. Jiakakkakka Betuuulll... andai ke negaranya Doraemon bisa ketemu Doraemon, kita rampok saja pintu ke mana saja kali yaaa :D

        Delete

     

    2teh

    Tuteh Pharmantara
    Email: tuteh.pharmantara@gmail.com
    Twitter & Foap: @tuteh
    FB: Tuteh Pharmantara
    WA: 085239014948

    Internet Sehat

    Labels

    Backpacker (39) Blogger (18) BlogPacker (17) Daily (35) Ende (73) Inspirasi (74) Jalan-jalan (23) Kaki Kereta (15) Komunitas (6) NTT (35) Quotes (6) Thought (26) Traveling (46) Yellow (2)