#PDL Videoklip Buat Bulog Idol

Selesai ngesyut di sini, foto-foto dulu donk, hehe.

#PDL adalah Pernah Dilakukan. Tulisan ringan tentang apa saja yang pernah saya lakukan selama ini, terutama tentang perjalanan ke tempat-tempat di luar Kota Ende.

***


Suatu hari seorang penyanyi ternama Kota Ende mendatangi saya. Perempuan imut berambut kriwil dan bersuara emas itu meminta bantuan saya untuk membikin video yang bakal diikutsertakan dalam Bulog Idol 2017. Saya bukan videografer profesional, hanya sekadar hobi saja. Dan hobi itu yang membikin saya langsung meng-iya-kan ketika Flora Wodangange meminta bantuan membikin video klip lagu yang dia nyanyikan untuk diikutsertakan pada seleksi awal Bulog Ido tersebut. Yay! Kerja kreatif lagi kite. 

Proses syuting video perkenalan dilakukan di empat lokasi. Di Kantor Bulog Ende, di Gudang Bulog Ende, di Situs Bung Karno, dan di Pantai Ria. Usai syuting di Situs Bung Karno, foto-foto dulu donk (lihat gambar di atas) hehe. Tapi yang utama bukan pada video perkenalan tersebut melainkan pada video klipnya itu sendiri. Duileeeeh.

Syuting video klipnya di beberapa lokasi juga. Di Mokka Coffee, di Pantai Mbu'u dekatnya Taman Firdaus, dan di Pelabuhan Bung Karno tempat kontainer ngetem. Tiga lokasi itu menurut saya bolehlah dimanfaatkan untuk latar video klipnya Oya (nama panggilan Flora) dan langsung di-iya-kan. Senangnya bekerja dengan penyanyi profesional adalah urusan wardrobe, make up, dan asesoris dia urus sendiri sehingga saya bisa lebih fokus pada proses syutingnya saja. Kan asyik kalau begini. Apalagi dia juga tidak perlu diarahkan terus-menerus karena sudah biasa di depan kamera.

Tidak perlu menjelaskan lebih jauh tentang proses syuting apalagi editing yang bikin kepala rada sakit, kalian bisa langsung lihat videonya. 

Song : Give Me One Reason to Stay Here
Singer: Tracy Chapman
Song cover by Flora Wodangange (For Bulog Idol)
Music by Noel Fernandez
Video by Tuteh Pharmantara

Bagaimana?
Sudah nonton?
Suaranya kece badai kan?

Di dalam video kalian bakal lihat seorang pria. Namanya Yoyok Purnomo, partner paling asyik kalau siaran di Radio Gomezone (dulu). Awalnya bukan Yoyok, melainkan Rikyn Radja si koreografer paling kesohor se-Ende bahkan NTT. Tapi karena Rikyn sedang ada kegiatan, akhirnya Yoyok lah yang jadi pria di dalam video klip ini ... eh jadi kalau bukan di video klip Yoyok itu perempuan? Hahaha. Maaf, Yok ... becanda. Yang jelas menyenangkan sekali bisa kerja sama dengan mereka semua.

Videonya biasa saja, tidak seperti ekspetasi orang lain tentang video klip itu, tapi setidaknya bisa lah diikutkan dalam seleksi awal Bulog Idol, dan ternyata lolos. Senangnya hati saya mendengar berita itu dari Oya. Oya pun berangkat ke Jakarta untuk mengikuti Bulog Idol. Meskipun tidak juara satu, tapi Oya telah memberikan yang terbaik saat tampil. Itu lah yang menjadi kebanggaan kami, Orang Ende. Bahwa kami juga bisa tampil di ajang nasional, bersaing dengan yang lainnya. Kalau kata teman saya, Orang NTT itu dengus nafasnya saja sudah merdu, apalagi kalau nyanyi.

Nah, siapakah Noel Fernandez? Dia adalah musisi Kota Ende, gitaris yang juga jago main keyboard. Dia adalah partner saya waktu dulu ngeband sama Cendaga Band. Kita sering nongkrong bareng, tiap hari malah, buat ngegitar atau bikin lagu. Waktu Cendaga Band bubar, saya dan Noel tetap berkarya lewat duo Notes (Noel and Tuteh Side Project). Album pertama kita tidak laku di pasaran karena memang tidak dijual bebas hahaha. Hanya untuk kalangan tertentu. Video klip di album pertama itu pun merupakan video klip paling kacau sedunia karena dibuat asal-asalan. Waktu itu saya belum terjun ke dunia videografi, hanya sekadar haha hihi geli-geli perut saja. Bagi saya, Noel dan Alimin bak saudara kandung yang paling paham apa mau saya dalam bermusik. Padahal kalau nyanyi pun suara saya ngepas banget kalau tidak bisa dibilang terlalu dipaksakan *ngakak guling-guling*

Pernah. Saya pernah begitu ... dan saya menikmatinya karena apalah artinya hidup jika tidak berkarya :)


Cheers.

1 Komentar

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.

  1. Jalan lagi jalan lagi asik nya.... ikutan napa mbak 😂

    BalasHapus
Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak