Dropship & Reseller

Gambar dari Google.

Kian marak masyarakat Indonesia yang memanfaatkan media sosial, terutama Facebook, untuk berdagang. Postingan kemarin-kemarin saya membahas tentang Wirausahawati muda yang nyata ada di depan mata. Jadi tidak perlu berandai-andai, karena setiap hari saya menyaksikan mereka bernegosiasi dengan pembeli, menyaksikan wajah bangga mereka menerima lembaran Rupiah yang angkanya mungkin tidak menyentuh angka sejuta. Tapi kepuasan atas keringat sendiri itu memang luar biasa.

Di internet, banyak sekali tawaran untuk berbisnis dengan modal kecil, atau bahkan tanpa modal sama sekali. Tertarik? Tentu! Apalagi jika kalian adalah pengguna media sosial aktif dengan jumlah like atau komentar sehari-hari rata-rata mencapai 100 sampai 200. Tidak perlu harus sampai ribuan. Kalau cara kalian berhadapan dengan customer bagus, tentu bisnis online kalian yang tanpa modal itu akan ramai dengan sendirinya.

Dua bisnis di internet yang bakal saya ceritakan di sini adalah dropship dan reseller. Kelihatannya sama, tapi jelas beda.

Dropship

Bisnis ini sedang sangat digandrungi. Banyak juga penyedia dropship di Indonesia dan luar negeri. Tapi mendingan yang dari Indonesia karena berkaitan dengan ongkos kirim. Sistem di dropship adalah tanpa modal. Kalian tinggal mendaftarkan diri, lantas silahkan jual foto-foto katalog mereka di media sosial. Jika ada yang membeli, kalian tinggal pesan ke perusahaan dropship, melakukan pembayaran, dan mereka akan kirimkan barang pesanan langsung ke pemesan dengan mencantumkan nama agen dropship sebagai pengirim. Mudah sekali, bukan? Tunggu apalagi, buruan search!

Reseller

Bedanya dengan dropship hanya satu; kalian wajib punya modal untuk membeli barang dari mereka dan menjualnya kembali. Harga reseller tentu lebih murah dari harga konsumen. Resiko berbisnis memang selalu ada. Barang-barang yang terlihat di foto mungkin berbeda dengan barang yang dikirim. Bisa beda kualitas bahannya, beda tipis warnanya, beda ukuran, dan lain-lain. Saran saya, kalau mencari yang resikonya kecil, coba saja mulai dengan dropship tas, dompet, kipas. Karena ukuran tidak terlalu menjadi masalah. Kalau sudah cukup yakin, mulailah dengan mengunggah foto-foto baju.

Jangan malu berbisnis dropship dan/atau reseller. Bisnisnya mudah, dijalankan di mana saja, asalkan tekun pasti bisa sukses.


Salam berbisnis!

Posting Komentar

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak