Bingung Cari Judul Skripsi[?]



 Gambar diambil dari sini.

*batuk-batuk*


Coba deh dicari ke padang savana, mungkin si skripsi main layangan di sana. Atau coba cari di bioskop, kali-kali aja si skripsi malah asyik nonton Minions. Hihihi.


Saya dan teman-teman sekelas pernah berdiskusi perihal skripsi padahal sekarang kami masih semester lima. Duileeeh ... semester lima. Haha. Tapi tidak menutup kemungkinan kita mulai coba membuat proposal skripsi bukan? Tiga judul loh yang harus diajukan (meskipun hanya satu yang disetujui kelak) dan untuk mencari judul yang tepat saja masih banyak yang pusing tujuh lapis langit.


Pidana, perdata, atau bisnis?


Saya ingin mengambil perdata. Kemudian saya coba bertanya pada Ibu Titin Bagenda, Kaprodi Ilmu Hukum, tentang sebuah judul.


“Bu, kalau saya ambil judul Mengadvokasi Masyarakat Melalui Media Sosial, bagaimana?”


Ibu Titin mengerut kening, “ada, ya, istilah MENGADVOKASI?”


Saya juga ikut mengerut kening. Duh. Ada tidak ya? “Bisa saja, Bu. Atau ... advokasi masyarakat ...” bahaya nih, saya mulai ragu-ragu.


“Dasar hukumnya?” tanya Ibu Titin.


“UU ITE,” jawab saya. “Tapi UU ITE kan ada yang ...” aduh, saya mulai bingung.


“Pidana,” jawab Ibu Titin. Tegas. Beliau sendiri dosen perdata.


*saya garuk-garuk kepala*


Kembali pada obrolan bersama teman-teman dengan entengnya saya berkata, “saya mau ambil pidana ah ... nanti.” Mereka protes karena katanya saya mau ambil perdata (ini apa sih bahasanya main ambil-ambil saja). “Pidana itu luas.” Kata saya. Viktor protes karena meskipun luas tetap saja banyak mahasiswa yang pada akhirnya mengambil skripsi terkait peraturan lalu lintas dan sebagainya, dan seterusnya, dan lain-lain. Saya mengusulkan, “kecelakaan pesawat kan bisa? Ambil referensinya dari Fox Crime tuh ada acara Seconds From Disaster. Ada juga Air Crash Investigation di NatGeo. Kompleks banget karena kecelakaan pesawat, dari kasus ke kasus, memang bukan hanya kelalaian pilot. Trus ada juga tuh tentang lingkungan. Coba nonton National Geographic bagaimana marahnya Harrison Ford sama Menteri Kehutanan kita saat mereka berdiskusi soal pembakaran hutan di Pulau Kalimantan yang tidak ada habis-habisnya itu ...”


Gila. Saya berbicara seperti itu semacam proposal saya kelak langsung diterima (salah satunya) haha. Tapi setidaknya kami, 5ekawan (saya, Sampeth, Viktor, Akim, dan Effie) saling memotivasi. Kami harus menumbuhkan rasa percaya diri bahwa kami bisa. Bisa menemukan judul skripsi yang cocok, yang masuk akal, dan bisa diterima oleh dosen, pun bisa menyelesaikan skripsi tepat pada waktunya. Komitmen kami adalah harus diwisuda pada tanggal yang sama. Amin YRA. Kami bahkan berkomitmen untuk saling membantu (tapi bukan pengalihan pengerjaan skripsi) dalam menyusun skripsi kelak. Setidaknya ada niat kami untuk cepat-cepat selesai kuliah. Hihihi.


Judul skripsi bukan perkara sulit ... sebenarnya. Melihat situasi negara kita, apa-apa saja yang terjadi terkait peraturan perundang-undangan, apa saja yang terkait hukum, tentu bisa diangkat menjadi sebuah judul skripsi. Tinggal bagaimana metode dan penelitian kita kelak. Hukum itu luas. Semua aspek hidup kita diatur oleh hukum ... mencuci piring setelah makan ... misalnya ... adalah peraturan atau hukum paling dasar di dalam rumah. Hukum itu luas ... tanah, lingkungan, perkawinan, perikatan, pengangkutan, pelanggaran, tarif dan retribusi, kos-kosan, pun semuanya diatur oleh peraturan yang jelas dasar hukumnya.


Jadi, jangan bingung-bingung cari judul skripsi! Pandai-pandai melihat di sekitar kita ...


Saya tahu ini teori. Paling mudah ditulis. Tapi kalau dipikir-pikir ... ada benarnya juga. Hehehe.





Wassalam.

1 comments:

 

2read






Tuteh's bookshelf: read


Negeri 5 MenaraSamanMadreTitaniumSupernova: Ksatria, Puteri, dan Bintang JatuhThe Lost Symbol

More of Tuteh's books »



kontraktor pameranNamira Consulting Jasa Psikotes Tes Psikologi

2teh

Ende - Flores | tuteh.pharmantara@gmail.com |
ym: tutehpharmantara
Twitter : @tuteh | FB : Tuteh Pharmantara

Rolling Fairy yang suka nyebarin VIRUS BLOG. Senangnya JALAN-JALAN ke mana saja, apalagi dibayar :p Masih suka MOTRET ASAL-ASALAN dan pastinya teteup suka DIPOTRET!


flobamorataBlogFam CommunityInternet Sehat Jump To Top