Pelatihan Blog, Nobar & Diskusi

Foto Bareng Flobamora Community & AkMer Ende

Sudah lama saya mengenal perempuan tangguh ini. Namanya Erick tetapi saya lebih suka memanggilnya dengan Bu Ibnu. Ya, suami beliau adalah mantan Kepala Lembaga Publikasi Uniflor; Pak Ibnu, yang saat ini mengabdi di Denpasar sebagai Om**** (karena saya kuatir salah nulis) hahaha. Dari Pak Ibnu lah saya mengenal Bu Ibnu. Saat itu saya diikutsertakan dalam studi banding ke Radio Swaragama, Jogja oleh Lembaga Publikasi Uniflor dan pada beberapa kesempatan dipertemukan dengan Bu Ibnu.

Awalnya hubungan saya dan Bu Ibnu memang tidak terlalu akrab tetapi kemudian kami menjadi akrab berkat ajakan Bu Ibnu pada saya. Iya, saya diajak untuk turut menjadi panitia lokal kegiatan workshop Akademi Merdeka (Ende) di Hotel Grand Wisata selama 3 hari. Mari kita singkat dengan AkMer Ende. So, sebagai panitia lokal (kala itu di bulan Juni 2013) saya sendiri juga baru balik dari Jakarta kegiatan workshop sutradara Linimassa3, juga mengikuti kegiatan workshop dari Balai Taman Nasional Kelimutu dan National Geographic. Kali itu saya benar-benar merasakan efisiensi kerja ketika panitia lokalnya hanya dua orang. Ternyata bila masing-masing menempatkan diri dan melaksanakan perannya dengan baik, segalanya menjadi lebih mudah.

Berawal dari keinginan untuk memajukan NTT, yang sama dengan niat Flobamora Community, maka saya menyambut baik ajakan Bu Ibnu untuk terus menghidupkan AkMer Ende. Salah satu caranya adalah dengan melakukan kegiatan berkesinambungan agar tali silaturahmi tidak putus dengan anak-anak AkMer Ende tersebut. Pantai Ria, pisang goreng, ubi goreng, teh panas, adalah teman kami ketika merundingkan kegiatan. Sounds 'just a game that we playing' but it's so serously. Kami memang nampak bak dua orang yang hanya sekadar mengobrol di Pantai Ria, menikmati sunset, tetapi sebenarnya apa yang kami bahas begitu seriusnya hahaha.

Akhirnya kami memutuskan untuk bekerjasama antara AkMer Ende dengan Flobamora Community.

Hari Sabtu, 7 September 2013 yang lalu Flobamora Community bekerja sama dengan Akademi Merdeka Ende mengadakan kegiatan "Pelatihan Blog, Nobar Linimassa 2, dan Diskusi". Kegiatan ini berlangsung di Aula Telkom Ende yang difasilitasi oleh Pak Hasyim dan Ilham Himawan. Sementara itu untuk pesertanya adalah anggota Akademi Merdeka Ende Angkatan I.

Hanya ada satu kalimat yang paling suka saya katakan di sini ...
"Step by step we can change the world, start from our home ... start from our brother and sister to #NTTCerdas! Blog salah satunya, karena dengan blog kita akan terbiasa membaca dan menulis. That's the point."
Teman-teman, atau adik-adik, dari AkMer Ende sejumlah 12 orang ikut menjadi peserta kegiatan ini. Apa yang paling menimbulkan semangat saya? Itu, antusiasme. Ketika peserta menunjukkan betapa tertariknya mereka dengan materi yang kita bawakan, in case ; blog, maka saya semakin menggebu-gebu ingin mereka berkarya lewat blog. Kakak Ilham menyebarkan virus kebajikan tentang betapa blog itu selalu punya lebih banyak nilai positif dari negatif. Kakak Djho Izmail pun turut membantu peserta; kesetiaan dan kesabarannya lolos uji! Kakak Fauwzya pun turut sibuk menyediakan es buah untuk kami semua di siang yang panas itu. Dan hadir pula Irwan, dokter Said dan Kakak Fandy.

Kegiatan ini juga didukung oleh PT. Telkom Ende, yang menyediakan fasilitas berupa Aula, infocus, dan koneksi internet WIFI ID yang keren. Terima kasih kakak Ilham Himawan yang telah bersusah payah membantu peserta agar koneksi internetnya tetap jalan, tetap aye! Dengan keadaan ini saya optimis langkah kita untuk #NTTCerdas dapat terwujud meski kita harus tertatih. 

Kegiatan ini diharapkan tidak berhenti begitu saja. Peserta masih mau diajak untuk berkegiatan lagi misalnya dengan pelatihan menulis dan konten blog yang menarik. Amin.

Sampai ketemu di kegiatan selanjutnya, ya!


Wassalam.

9 Komentar

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.

  1. aha, masih pada semangat belajar ngeblog dan bikin pelatihan blog rupanya. keren!

    btw saya juga sering kerja panitia yg maksimal 4 orang utk acara besar yg melibatkan 100-200 org peserta. kadang tim inti yg minimal justru memudahkan koordinasi karena lebih sedikit 'kepala' yg terlibat. rapat gak melulu harus formal. sambil tiduran juga bisa rapat via whatsapp :)

    btw bu ibnu nama aslinya Erick atau Ericka?!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Bang. semangat itu masih ada apalagi kami di sini belum semua orang paham betul dengan esensi dan manfaat ngeblog hueheuehue. Dan soal kepanitiaan, jadinya semua mau bekerja (dengan anggota panitia yang sedikit), nggak saling harap yang kalau terlalu saling harap buntutnya semua jadi berantakan :D

      Hapus
  2. itu belum dijawab: Erick atau Ericka?! :D

    BalasHapus
  3. Oia, Erick, Bang :D *nanti saya tanyakan nama lengkapnya* beliau penerjemah buku juga :D *kemarin batal ikut semacam akreditasi penerjemah seluruh Indonesia di Jakarta soalnya ada kegiatan*

    BalasHapus
  4. ku tetep semangat buat meneyebarkan virus ngeblog

    BalasHapus
  5. Keren, cerita dengan point of view yang berbeda. Mulai sekali perangai ibu peri satu ini :D

    BalasHapus
  6. Kakak Ilham jd kaka peri klo bgitu...

    BalasHapus
  7. Huahaahaha kaka Ilham jadi Panglima Peri saja #eh :D

    BalasHapus
  8. Ini...astaga! Kayaknya semangat kalian ini ngga ada abisnya! Idenya sederhana, tapi terrealisasi semua... keren!

    BalasHapus
Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak