Internet Governance Forum

 Frans (Papua), T, Bang Ipul (Makassar), Nike (Palembang), Muda (Aceh), Dwi (Borneo)

Well, soal teknis saya tidak terlalu paham tetapi mari coba saya sederhanakan tentang cuti dan hal-hal yang bermanfaat.

Akhirnya setelah hampir dua tahun kerja saya mengajukan surat cuti kepada atasan. Alasan utamanya adalah karena ingin menghadiri Blogger Nusantara 2012 yang diadakan di Makassar (Komunitas Angingmammiri, Makassar) setelah Blogger Nusantara 2011 diadakan di Sidoarjo, Jawa Timur. BlogNus2012 di Makassar akan berlangsung selama 3 hari 9 - 11 November 2012, jadi rencana awal saya akan memulai cuti tanggal 8 November 2012. Cuti tersebut saya sendiri akan melanjutkan perjalanan dari Makassar menuju Kupang dan Rote. Ndilalah rencana saya berubah total, tapi nyenengin karena saya diundang sebagai Civil Society/Blogger menghadiri Indonesia Internet Governance Forum atau Forum Tata Kelola Internet Indonesia. So, cuti harus dimajukan dan Alhamdulillah disetujui pula oleh atasan. Sejak 1 November 2012 saya memulai perjalanan cuti dengan mengantongi 9 tiket pesawat hahaha.

Jadwal cuti saya akhirnya menjadi : Ende - Kupang - Jakarta - Jogja - Surabaya - Kupang - Ende - Maumere - Makassar - Kupang - Ende.

How about ID Internet Governance Forum / ID IGF? Mari kita cerita-cerita.

Untuk mengantur tata kelola internet di dunia telah berlangsung beberapa kali IGF Global di negara-negara luar (sedangkan di masing-masing negara secara intern juga diadakan). Untuk tahun 2012 ini akan berlangsung di Baku, Azerbaijan, pada tanggal 6 - 9 November 2012. Dan Indonesia telah mendaulat diri menjadi tuan rumah IGF Global tahun 2013 dan akan dilaksanakan di Bali, Insya Allah. Mengirim duta dari Indonesia ke Baku tentu harus ada bekal yang dipersiapkan. Bekal tersebut telah tersedia berkat ID IGF 2012 yang terlaksana Kamis, 1 November 2012 di Hotel Borobudur, Jakarta. Deklarasi yang ditandatangani oleh beberapa elemen seperti pemerintah, bisnis dan civil society, menjadi bekal untuk IGF di Baku.

Teknisnya kira-kira begitu. Bagaimana isi deklarasinya? Bagaimana pula tata kelola internet itu sebenarnya? Nanti akan saya posting terpisah yaaaa :) Panjang soalnya hehehe. Pokoknya saya janji akan menulis tentang Internet Governance Forum secara lebih rinci.

Rabu, 1 November 2012, rombongan yang berada di bawah Internetsehat berangkat dari Hotel Amaris menuju Hotel Borobudur untuk mengikuti IGF. Acara dimulai pukul 09.00 WIB oleh MC dan dimulai dengan penandatanganan deklarasinya. Setelah itu dimulai seminar yang menampilkan begitu banyak pembicara dan diskusi / tanya - jawab. Cukup melelahkan, tapi mengasyikkan, karena kegiatan berlangsung sejak pagi hingga malam. Istilahnya dimulai sejak sarapan hingga makan malam hahaha. Yang penting jalani, hadapi, happy. Sayangnya saya dan teman-teman baik yang memasukkan kartu nama asli maupun kartu nama dadakan tidak memenangkan iPad hahaha! Yah kami memang belum beruntung.


Pukul 20.00 WIB usai acara kami menunju lantai atas untuk makan malam. Wah duduk semeja sama Bang Enda Nasution :D juga melihat Mike Orgill (Google) yang kece itu dengan puas! Wahihihi. Usai makan malam saya haha hihi di luar bareng Kang Acep, mbak Siti, mbak Dewi, Frenavit dan Nike. Tujuannya hanya satu : membully yang bisa dibully *dikeprok rame-rame* hahaha. Lucu banget deh sampai saya tidak bisa menceritakannya di sini. Yang paling keren adalah ketika akhirnya saya dapat berpose bersama Mike Orgill dan temannya (juga dari Google). Uwoooh seperti kejatuhan manggis manis deh rasanya sampai-sampai mbak Shita cuma bisa geleng-geleng kepala ngeliatnya *tersenyum dalam damai*

Dari Hotel Borobudur kita kembali ke Amaris. Dasar yaaaa memang manusia-manusia ini *termasuk saya* malah kita berangkat ke Inul Vista di Atrium. Gilaaaa padahal semua udah pada capek dan mata udah pada tinggal dua garis ituh hehe. Karaoke adalah salah satu cara pemulihan energi *kok bisa? :P* dan berkaraoke bersama itu bikin semangat terdongkrak. Uhuk *batuk rejan* terima kasih yaaaaa kita sudah memperoleh nilai tertinggi 98 kalau tidak salah :D

Pulang dari Inul Vista masih hangout bentar di depan Amaris dan akhirnya menyerah. Segera mandi dan tidur. Jadwal besok adalah kopdarrrrrrrrr.... dan kalau beruntung ya nonton Skyfall! Hihi...

Oia untuk informasi ID IGF bisa dilihat di www.igf.or.id saja.


Wassalam.

2 Komentar

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.

  1. kak Tuteh, aku pengen jugaaa dipeluk bule, eh salah ikuan IGF ;)

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak