Cerita Cuti #7 Kopdar Blogger Nusantara 2012



Bisa Tonji!

10 Agustus 2012. This is the day. Yup, ajang Kopdar BN2012 berlangsung hari ini. Ada yang bikin saya menjerit sepagi itu di kota orang. Siapa lagi kalau bukan Bunda Indah Juli? Akhirnya ketemu lagi. Sepertinya saya dan Bunda memang sering bertemu hihihi. Tak sabar membayangkan nanti akan bertemu om Bisot dan bang Agus Lahinta. Uwoooh. Lebih tak sabar menunggu Donat J.Co dan bang Indobrad dan Jus Pala dari Almascatie. Dari Wisma Kemensos di Jalan Perintis Kemerdekaan, Makassar, rombongan dari luar daerah diantar menuju lokasi kegiatan menggunakan bis. Bisnya nyaman sangat, jadi ingin tidur lagi. Dari panitia yang temani kita ada om Lelaki Bugis. Lokasi Kopdar Blogger Nusantara 2012 adalah Gedung LAN Antang, di Jalan Baruga. Menurut informasi dari om Bisot, gedung ini sering digunakan sebagai tempat kuliah para pegawai. Kira-kira begitulah. 



Di depan aula kami harus register untuk mendapatkan tagname dan dua kupon. Kupon makan siang dan coffee break. Suasana di dalam sungguh meriah. Selain panggung besar dengan backdrop yang luar biasa besar *tsah* di sekelilingnya juga terdapat booth-booth berbagai komunitas di Makassar. Melihat komunitas-komunitas itu jadi iri. Andaikan di Ende juga ada komunitas seperti itu. Misalnya Komunitas Jalan-Jalan Seru Makassar, Komunitas Pecinta Anak Jalanan, Komunitas Makassar Berkebun, Tangan Di Atas Makssar, Komunitas Merajut Makassar, Komunitas Makassar Backpacker, Komunitas Cinematografi. Ada pula booth milik Angingmammiri (Komunitas Blogger Makassar) panitia BN2012 dan booth milik Lintas[dot]me. Yang tidak boleh dilewatkan di sini adalah penyerahan Donat J.Co dari babang Indobrad kepada saya dengan resmi hihihi.



Di sekitar booth-booth komunitas di Makassar (dan juga dari Maros) terdapat sebuah backdrop lagi yang tak kalah besar tempat para blogger berfoto-ria. Narsis pokoknya. Saya tak mau ketinggalan foto bareng Daeng Ipul, Ketua Panitia BN2012 yang saat itu mengenakan pakaian adat dengan ikat kepala warna merah. Yuhu!

 
Kira-kira satu jam kemudian akhirnya Kopdar Blogger Nusantara 2012 dibuka oleh MC, di depan sekitar 500 peserta baik blogger maupun non-blogger dari seluruh Indonesia. Di sini saya dicolek bang Agus Lahinta. Jadilah kita seperti reunian! Ada saya, Bunda Indah Juli, bang Agus Lahinta dan om Bisot, yang kurang hanya kang Iwok Abqary—teringat kisah kami makan malam di tepi Pantai Jimbaran Bali tahun 2011 lalu. Oia bang Agus Lahinta adalah teman Petualang ACI2010 DetikCom dulu. Hihi. Kemudian, melanjutkan acara, kami menyanyikan lagu Indonesia Raya—dengan gaya saya meniru Daeng Ipul waktu IFG yaitu tangan kanan di dada kiri hahaha. Sambutan pertama datang dari Kepala Bidang Pengembangan Informasi, Aplikasi dan Telematika Pemkot Makassar yaitu Bapak Abdul Rahim AP yang mewakili Wali kota Makassar, Bapak Ilham Arief Siradjuddin. Selanjutnya sambutan dibawakan oleh Daeng Ipul. Berikutnya peserta disuguhi tarian daerah Makassar dengan pakaian empat suku besar di Sulawesi. Mereka tampil dengan sangat kerennya! Duuuh, suka deh sama tarian mereka. Saya kan membuat videonya tuh, duuuh jadi kesenggol sana-sini gegara peserta pada heboh ingin mengabadikan penampilan para penari tersebut. Usai para penari beratraksi, tampil Eyang Anjarisme mewakili SC Blogger Nusantara menyampaikan hal-hal yang berkaitan dengan kegiatan ini. Kegiatan yang merupakan milik semua blogger di seluruh Indonesia. Iya donk, namanya saja Blogger Nusantara. Dari sambutan Eyang ini lah tercetus jargon : BISA TONJI! Setelah itu masih ada atraksi sebuah tarian a la sepak takraw. Suip itu formasinya.


Acara utamanya antara lain pemaparan materi tentang blogpreneur oleh Asri Tadda, CEO Asta Media Group. Mbak Silly (twitternya @justsilly) yang merupakan pendiri Blood For Life Indonesia itu menyampaikan materi tentang social movement. Ada pula personal branding dari XL sebagai salah satu sponsor dari kegiatan ini. Hadir Mas Budi Putra (yang kemarin ikutan diculik Rara untuk makan malam sop sodara itu) menghadirkan materi tentang video streaming site. ID Blognetwork juga memberikan materi tentang fakta-fakta pengguna internet. Masih ada lagi materi dari Nawala tentang DNS dan pemblokiran situs-situs dengan aura XXX hahaha. Terakhir tampil perwakilan dari Lintas[dot]me.

Selama acara saya sempat menghilang ke sebuah ruangan bersama om Bisot dan teman-teman lain. Yah, mata butuh dicuci juga #eh hahaha. Oia, Ucha, sahabat blogger saya itu, juga hadir loh. 


Usai acara, usai coffee break, peserta dibagikan goodiebag dengan rupa-rupa isinya. Dan tentu … tidak boleh ketinggalan … foto bareng! Bareng si Ini, bareng si Itu, bareng komunitas, dan bareng-bareng yang lain. Hebatnya foto gila saya, Fauwzya dan teman-teman lain justru juga nangkring di site-nya Detik. Hihihi. Gilaaa. Hanya orang gila yang mau ikutan kita foto duduk di lantai sambil kaki nendang ke arah fotografernya *ngikik* dunia sungguh indah!


Bisa Tonji, deh pokoknya!

Pulang dari Gedung LAN Antang di Jalan Baruga, hari sudah malam, kami sekelompok tidak ikutan bis yang disediakan panitia. Itu, Ucha mau menraktir kami makan Mie Titi lagi! Ampun, bos hihihi. Porsi kecilnya saja bikin kenyang, apalagi porsi besar? Oia, rombongan yang memisahkan diri ini ada Ucha, saya, Bunda Indah Juli, bang Indobrad, Fauwzya dan Almascatie. Kembali ke tempat makan yang sama di Jalan Perintis Kemerdekaan yang dekat sama Wisma Kemensos itu.

Ucha mengantar kami kembali ke wisma. Saya dan Fauwzya buru-buru masuk kamar. Saya segera mandi. Dari kamar saya sudah mulai mendengar riuhnya kegiatan di bawah sana. Iya, ada mimbar bebas! Mimbar bebas ini dibuka dengan penampilan akustikan dari sebuah kelompok akustik yang saya tidak tahu namanya karena telat hadir hihihi. Usai acara akustikan, Daeng Ipul selaku ketua panitia mulai bicara tentang kegiatan ini dan beberapa peserta BN2012, perwakilan dari beberapa pulau di Indonesia diminta kehadirannya ke depan panggung untuk berbicara setelah komunitas-komunitas yang ada di Makassar dan pihak BlogDetik. Nah, usai saya tampil mewakilik Flobamora Community seorang laki-laki datang menemui saya. Ternyata dia anak Manggarai (kabupaten di Pulau Flores) dan menyatakan kesenangannya akan dunia blog dan tidak menyangka ada perwakilan dari NTT. Hihihi. Setelah itu masih ada pemutaran film "Linimassa 2" dari Internetsehat yang diwakili oleh Frenavit.


Acara Mimbar Bebas berakhir sekitar pukul 22.00 Wita tetapi acara ‘kumpul blogger Indonesia Tengah dan Timur’ justru baru dimulai. Kalau sudah ada Almascatie, babang Indobrad, jadilah kita nyanyi-nyanyi lagu Ambon haha. Gabung pula Fauwzya dan Bunda Indah Juli. Om Bisot hanya memantau dari jauh melihat tingkah kegilaan kami diantara para panitia yang terlihat sangat lelah! Meski lelah panitia masih harus mengurus ini itu. Aduh, gila aja minum Jus Nanas (bukan Jus Pala) dari Almascatie (yang sebenarnya dioleh-olehkan untuk babang). Dan bukan saya namanya kalau tidak memulai aksi bully-membully hihihi. Haduh selain Almas dan Fauwzya, ada Frenavit, Sametux dan Intan, terus siapa-siapa lagi ya? Banyak deh pokoknya. Entah ke mana si Hendri dan Isnaen. Kalau ada malam itu, barangkali saya yang lupa.


Peserta paling akhir dari kegiatan bully-membully ini adalah ngobrol bertiga saya, om Bisot dan om Lelaki Bugis. Ahay.

Fiuh. Pukul 02.00 Wita. Sudah saatnya kami pergi tidur. Mari kita tiduuuurrrrr … besok ada kegiatan lagi, rekreasi gitu. Kepala Asrama, Daeng Ical, sudah mengingatkan berulang-ulang. Hehehe. Baiklah. Masih ada cerita cuti selanjutnya!


Wassalam.


7 comments:

  1. Aiiih! tulisannya panjang sekali. bikin ngiri saja. :)

    ReplyDelete
  2. Yes yes... Ada saya ternyata... Hahaha.. Thanks Nadine

    ReplyDelete
  3. [url=http://louboutinmart.co.uk]christian louboutin shoes[/url] And what was driving that increase in carbon emissions? A lot of factors, but there one that risen to the top: natural deposits of oil and natural gas. [url=http://dkgoose.com]Canada Goose tilbud[/url] Twdcmcvse [url=http://www.louboutinoutletuks.co.uk]christian louboutin outlet online[/url]
    pgrldc 191587 [url=http://www.chilliwackbombersoutlet.com]canada goose men s[/url] 659012 [url=http://www.beatsbydreaonsales.com]cheap dr dre beats[/url]

    ReplyDelete
  4. [url=http://www.mulberryinoutlet.co.uk]Mulberry outlet[/url] Trails' printable online topo maps offer shaded and un-shaded reliefs, and aerial photos too! Use topographic map functionality to find elevation, print high resolution maps, save a PNG, or just learn the topography around Wood Creek Pond. http://dkgoose.com Ohmqxeikq [url=http://csrhelix.com]canada goose[/url]
    wcyqin 272020 [url=http://www.chilliwackbombersoutlet.com]canada goose for cheap[/url] 144790 [url=http://www.beatsbydreaonsales.com]cheap beats by dre[/url]

    ReplyDelete
  5. manatff mba blogger yang satu ini berharap bisa datang tapi sayang sy msh newbie....

    ReplyDelete

 

2read






Tuteh's bookshelf: read


Negeri 5 MenaraSamanMadreTitaniumSupernova: Ksatria, Puteri, dan Bintang JatuhThe Lost Symbol

More of Tuteh's books »



kontraktor pameranNamira Consulting Jasa Psikotes Tes Psikologi

2teh

Ende - Flores | tuteh.pharmantara@gmail.com |
ym: tutehpharmantara
Twitter : @tuteh | FB : Tuteh Pharmantara

Rolling Fairy yang suka nyebarin VIRUS BLOG. Senangnya JALAN-JALAN ke mana saja, apalagi dibayar :p Masih suka MOTRET ASAL-ASALAN dan pastinya teteup suka DIPOTRET!


flobamorataBlogFam CommunityInternet Sehat Jump To Top