Local Leadership Day

Hai temans! Apa kabar? Sehat? Semoga *selalu pertanyaan ini diulang* :p hehehe. Lama ya saya belum update blog, sekali update teman bakal baca tulisan yang sangat panjang tapi juga sangat inspiratif! Hihihi. Bukan saya yang inspiratif, tapi topik utama tulisan ini lah yang inspiratif. Saya bangga... sangat bangga... menjadi bagian darinya. Dan saya harap kalian juga bisa menjadi bagian darinya. Nya, nya, nya... kebanyakan! Hahaha.

Ngelirik judul postingan kali ini, pasti banyak yang bertanya-tanya, apa sih Local Leadership Day itu? Menyoal Local Leadership Day yang disingkat LLD, mari kita kenal dulu Akademi Berbagi.

Akademi Berbagi adalah gerakan sosial nirlaba yang bertujuan untuk berbagi pengetahuan, wawasan dan pengalaman yang bisa diaplikasikan langsung sehingga para peserta bisa meningkatkan kompetensi di bidang yang telah dipilihnya. Bentuknya adalah kelas-kelas pendek yang diajar oleh para ahli dan praktisi di bidangnya masing-masing. Kelasnya pun berpindah-pindah sesuai dengan ketersediaan ruang kelas yang disediakan oleh para donatur ruangan.

Berawal dari media-social twitter dengan kelas perdana di bulan Juli tahun 2010 di Jakarta, mencoba mengkolaborasikan kegiatan online dengan offline, saat ini kelas-kelas Akademi Berbagi telah tersebar di berbagai kota di seluruh Indonesia. Disebarkan melalui cerita dari mulut ke mulut juga melalui jaringan pertemanan antar komunitas, Akademi Berbagi berusaha menjaga konsistensi kegiatan dengan terus berkomunikasi melalui jaringan berbasis internet. Sebut saja kota: Medan, Palembang, Jambi, Bandung, Solo, Semarang, Jogjakarta, Surabaya, Malang, Balikpapan, Makassar, Ambon, Ende, Madura dan masih banyak lagi kota-kota lain yang siap menyelenggarakan kelas #akber. Berbagai macam topik telah diberikan di dalam kelas-kelas Akademi Berbagi, diantaranya: Social Media, Advertising, Jurnalistik, Public Speaking, Public Relation, Financial, Entrepreneurship, Kreatif, Musik, Fotografi dan masih banyak lagi.

Semua kelas Akademi Berbagi untuk umum dan gratis! Akademi Berbagi adalah dari - untuk - oleh kita. Semua unsur pembentuknya - Guru, Murid dan Pengelola - adalah relawan yang peduli dengan pendidikan di Indonesia. Dengan motto "Berbagi bikin Happy!", Akademi Berbagi mencoba memberikan alternatif belajar baru pada masyarakat.
(diambil dari Akademi Berbagi).

Tertarik dengan kegiatan bermanfaat tersebut, saya coba menghubungi mbak Ainun (twitternya @pasarsapi) untuk tanya-tanya karena beliau adalah Penilik Akademi Berbagi. Kebetulan juga pernah ketemu sama beliau dan mas Karmin di kegiatan FGD by ICT Watch Internetsehat. Ternyata niat saya disambut baik dan muncullah #AkberENDE diantara #AkberJAKARTA, #AkberJOGJA, #AkberAMBON, #AkberMEDAN, #AkberPALEMBANG, #AkberSURABAYA, #AkberMAKASSAR, #AkberBALI dan kota-kota lain penyelenggara akademi berbagi. Dengan motto ‘Berbagi Bikin Happy’ kegiatan ini benar-benar menghadirkan kebahagiaan bagi semua relawan (Guru, Murid dan Pengelola).

#AkberEnde hingga Januari 2012 baru berjalan 4 kelas. Kelas Tools Blog dan Website, Kelas Ide Menulis Blog, Kelas Jurnalistik dan Kelas Kepribadian (yang akan dipecah hingga beberapa kelas lagi). Kegiatan ini jelas sangat bermanfaat dan saya kagum pada mereka-mereka yang bersedia berbagi ilmu dan informasi tanpa dibayar seperser pun! Fantastis! Mengingat tabiat kita adalah ‘duitnya manaaa... duit!’ hehehe. Sempat sebel juga kalo ada yang jawab, “dapat duit nggak?” kalau diajak ikutan kegiatan atau komunitas. Heloooow... tidak semua kegiatan bisa terpuaskan dengan duit, tau!

Local Leadership Day merupakan kegiatan yang diselenggarakan oleh Akademi Berbagi. Mengutip dari blognya mas Karmin,

seperti kata maxwell, para volunteer (kepala sekolah) yang mengikuti event ini diharapkan mampu mengelola akademi berbagi di kotanya masing-masing lebih profesional. sehingga kegiatan akademi berbagi yang berupa kelas-kelas pendek seminggu sekali bisa terus berlanjut.

disamping itu, para volunteer juga bisa membuat strategi planning apa yang akan dilaksanakan sesuai dengan kebutuhan kotanya masing-masing. karena setiap kota membutuhkan penangangan yang berbeda, dan hanya mereka yang berada di tengah-tengah masyarakat yang mengetahuinya.
(Karmin)

Saya sendiri tidak menyangka Akademi Berbagi akan menyelenggarakan kegiatan Local Leadership Day ini. Karena bagi saya sudah bisa membuka kelas #AkberEnde saja adalah sebuah prestasi yang mengejutkan—apalagi mendapat respon yang baik dari para relawan. Yang perlu kami tingkatkan adalah promosi, memperkenalkan Akademi Berbagi ke masyarakat Ende.

Local Leadership Day; SHARE KNOWLEDGE BUILD THE HOPE merupakan kegiatan yang pertama kali akan diselenggarakan dan akan berlangsung selama tiga hari yaitu tanggal 17 Februari 2012 sampai 19 Februari 2012. Lokasinya di Cico Konservasi Resort, Bogor. Acaranya memang terbatas untuk semua volunteer dari puluhan kota penyelenggara Akber. Guru aka Pemateri yang akan hadir ada Pidi Baiq (wah, favorit saya ini!), Prabu Revolusi, Anto Motul, Roby Muhamad, Glenn Marsalim, Didi Nugrahadi, Larastita, Aidil Akbar dan lain-lain. Siap-siap kenyang ilmu!

Saya harap, dengan bekal ilmu yang diperoleh dari kegiatan Local Leadership Day itu, kegiatan Akber di masing-masing kota akan lebih terarah, lebih profesional, lebih dikenal luas masyarakat dan ‘mengundang’ lebih banyak relawan. Intinya bagi saya adalah bisa ‘mendidik Indonesia’ dengan cara sederhana. Kalimat pamungkas saya, “dengan cara yang kita bisa, bukan cara yang kita tidak bisa!”

Bagi saya Akber adalah harapan. Ketika biaya pendidikan kian mahal, ketika banyak orang gagal kuliah, ketika banyak orang terkurung tempurung, ketika banyak yang haus ilmu tapi tidak tau harus ke mana, ketika Indonesia semakin terpuruk—dan saya yakin sekian persen keterpurukan itu datang dari dunia pendidikan—hadirlah Akber. Bagi saya Akber itu se-su-a-tu :)

Dalam perjalanannya, menurut saya, Akber sudah sukses. Tapi kita nggak boleh puas dengan kesuksesan yang sudah ada. Terus merasa ‘kurang’ dan ‘haus’ adalah pecut semangat untuk semakin maju, semakin berkembang, semakin kaya ilmu. The Most Inspiring Aksi Klik Hati 2011, Digital Community Leader Bubu Award 2011, Edito Choice 2011 Majalah Rolling Stone, 100 Youth Women Netizen 2011 Marketeers adalah penghargaan-penghargaan yang telah diterima oleh Akber. Tapi tentu saya berharap akan lebih banyak award yang akan diterima Akber meski bukan itu tujuan utama Akber didirikan oleh mbak Ainun Chomsun seperti yang lagi-lagi saya kutip dari blog mas Karmin,

namun bukan award itu tujuan akademi berbagi didirikan oleh ainun chomsun. tetapi lebih kepada penyebaran inspirasi untuk berbagi ke seluruh negeri, khususnya di bidang pendidikan. karena hanya dengan pendidikan kita bisa punya harapan bisa lebih berdaya.
(Karmin)

Ya... jangan mau jadi orang yang tidak berdaya karena minimnya pengetahuan. Dan jangan mau jadi orang ‘miskin’ yang tidak mau menyebar semangat kebaikan Akber kepada siapa pun. Bila ada yang berminat, Alhamdulillah. Bila ada yang masih mempertanyakan duit, jelaskan padanya dan terus mengajak meski kehadirannya adalah tidak.

Maju terus Akber!
Maju terus AkberEnde!
Follow twitter @akademiberbagi dan @akberEnde yaaaa *kedip*


Wassalam.


Link terkait :
http://fanabis.blogdetik.com/

4 comments:

  1. eeehh.. kamu mau ke Bogor Teh ? mudah-mudahan daku sedang tidak keluar kota, jadi kita bisa bersua kembali... hohoho.. btw sukses yah buat #AkberEnde nya :)

    ReplyDelete
  2. peengen bentar lg...akber soe dimulai. sedang dlm proses mengumpulkan 'massa' anak2 muda soe. hehehehe usaha sy dengan sandra baru dimulai sih..smoga jadi. minta doanya...

    ReplyDelete
  3. hihihii bu ketua ini sibuknya minta ampun. Sampe hiatus gini blognya. Sama kayak aku sih. Jarang update blog :lol:

    ReplyDelete

 

2read






Tuteh's bookshelf: read


Negeri 5 MenaraSamanMadreTitaniumSupernova: Ksatria, Puteri, dan Bintang JatuhThe Lost Symbol

More of Tuteh's books »



kontraktor pameranNamira Consulting Jasa Psikotes Tes Psikologi

2teh

Ende - Flores | tuteh.pharmantara@gmail.com |
ym: tutehpharmantara
Twitter : @tuteh | FB : Tuteh Pharmantara

Rolling Fairy yang suka nyebarin VIRUS BLOG. Senangnya JALAN-JALAN ke mana saja, apalagi dibayar :p Masih suka MOTRET ASAL-ASALAN dan pastinya teteup suka DIPOTRET!


flobamorataBlogFam CommunityInternet Sehat Jump To Top