Hari Blogger Nasional

Gambar diambil dari sini.

27 Oktober, Hari Blogger Nasional.

Awalnya saya sendiri tidak 'ngeh' kalau hari ini adalah Hari Blogger Nasional. Wah, kaget membaca begitu banyak twit dari para twips dengan hastag #HariBlogger atau #HariBloggerNas dan juga #BerkatNgeblog :) Maklum, dari pagi sampai menjelang sore saya masih sibuk sama urusan mengantar undangan Sosialisasi Blog yang akan diselenggarakan oleh Lembaga Publikasi Universitas Flores, pada Hari Sabtu, 29 Oktober 2011. Iya, 2 hari lagi acaranya hehehe.

Saya lantas ngetwit history singkat saya ngeblog. Mulai diajarin ngeblog sama mami vi3 lantas gabung sama Blogfam dan kemudian menjadi 'besar' hingga akhirnya bersama teman-teman membentuk Flobamora Community (Komunitas Blogger NTT). Seandainya saat itu mami vi3 nggak ngajak saya ngeblog, mungkin saya masih asyik aja main mirC, YM-an atau utak-atik Geocities sampai cengo.

Saya tidak perlu mengulang lagi cerita panjang, from Zero to Hero (kata mami vi3 untuk saya) di dunia blog. Semua sudah pernah saya ceritakan pada postingan-postingan lalu *lagi malas bongkar archive* hahaha. Sekarang saya cuma mau share sedikit tentang #BerkatNgeblog yang sudah saya rasakan selama 7 tahun belakangan. Kalau dihitung-hitung dengan jaman Geocities, bisa jadi 8 tahun.

#Eh tapi postingan ini bukan untuk ikutan kuis or lomba ya. Pengen posting karena saya adalah seorang blogger yang turut bersuka-cita pada #HariBlogger ini :)

#BerkatNgeblog saya...
Bisa gabung sama komunitas-komunitas dan membentuk komunitas sendiri. Komunitas blog tentunya. Banyak teman, banyak rejeki. Hihihi. Blog mengenyampingkan kesenjangan sosial. Jadi tidak perlu ragu meski kamuh seorang pengangguran, pun, di tengah-tengah blogger bermacam profesi dan latar belakang. Justru di komunitas blog jadi banyak informasi yang bahkan bisa membantu! Ini benar lho... masa nggak percaya sih sama saya? :p

#BerkatNgeblog saya...
Akhirnya, sesuai cita-cita dan hobby, bisa mempublish tulisan-tulisan saya. Sejak kecil saya suka menulis (membaca, musik, nonton dan makan :p). Saya masih ingat pernah mengisi satu buku tulis full dengan tulisan acak kadut, mirip tulisan menulis, karena saya belum sekolah. Masih keci ana <- orang Ende bilang, haha. Yang bikin senang, tulisan-tulisan itu ditanggapi dan ikut membuat orang senang. Lha, saya aja waktu nulisnya juga kadang ketawa sendiri. Tapi mungkin karena nulisnya disertai rasa cinta yang mendalam jadinya gitu *duillleeee* ;))
Lebih indah lagi ketika akhirnya tulisan-tulisan saya bisa dibaca juga dalam model buku. Wah, tak terira deh rasa bangganya meletup-letup! Thanks Blogfam yang udah ngasih kesempatan seindah itu. Nggak bakal terlupa. Selamanya.

#BerkatNgeblog saya...
Mewujudkan cita-cita, bersama teman-teman lain, membentuk Komunitas Blogger NTT yaitu Flobamora Community tercinta. Saya ingin memasyarakatkan blog di kota Ende. Perlahan memang jalannya. Tapi saya yakin bisa kok. Pekerjaan saya sekarang di Divisi Informasi dan Pengembangn di Lembaga Publikasi Universitas Floress turut mendukung semangat ngeblog saya. Tidak pernah mati dan selalu menyala.

#BerkatNgeblog saya...
Diberi kesempatan yang mungkin juga diinginkan oleh banyak orang. Salah satunya menghadiri kegiatan FGD (Focuss Group Discussion) oleh Internetsehat. Dari situ, peluang untuk lebih maju, lebih memantapkan Lembaga Publikasi terpecut lagi. Terima kasih ;))

#BerkatNgeblog saya...
Aaaah. Banyak sekali manfaat yang saya dapatkan! Bahkan saya pun bisa menghasilkan uang lewat ngeblog :D hahaha. Ya salah satunya menjual tulisan! Ketika tulisan kamu memenuhi syarat untuk dibayar, kamu akan dilirik untuk diminta membuat review tentang sesuatu. Why not? Halal dan mudah. Modalnya cuma nekat dan berusaha memberikan yang terbaik. Jangan lupa dimulai dengan Bismillah.

Saya lantas mengenal mas Anton dari Bali. Kaget saya ketika dia bercerita tentang kunjungannya ke Ende. Jadi ternyata mas Anton ini diundang oleh sebuah LSM untuk memberikan pelatihan internet dan blog kepada para Petani. Kaget dobel-dobel saya! Bukan karena, "kan ada saya di Ende yang juga bisa ngajarin blog... hahaha..." tapi karena PETANI SAJA PUNYA BLOG! Kenapa anak muda yang notabene online terus di Facebook atau Twitter nggak mau nyobain blog? Coba dulu, kalau sudah tau rasanya, baru deh ketagihan. Hahaha. Saya pernah ketagihan ngeblog sampai ketika koneksi internet sekota mati, saya depresi.

Baiklah, itu cerita saya (Indomie banget) hahaha. Bagaimana cerita kalian di #HariBlogger ini, temans? Share ya!

Sejak awal sampai sekarang, saya masih punya semangat untuk terus ngeblog. 7 tahun ini sudah saya buktikan bahwa BLOG BUKAN TREND SESAAT apalagi SESAT. No! Blog adalah jiwa bagi blogger yang telah mencapai pencerahan. Saya masih harus mencapai pencerahan di tingkat yang lebih atas lagi. Hehehe.

Salam ngeblog!


Wassalam.

7 comments:

  1. Semoga #BerkatNgeblog saya bisa ketemu (di Bali) ama Nadine Van Ende ini :-)

    ReplyDelete
  2. Semoga ya, bang :D Insya Allah tidak ada halangan hahahah :D Amin!

    ReplyDelete
  3. from zero to hero.. bener2 tuh tut.. salud!!!

    ReplyDelete
  4. #berkatngeblog aku jadi kenal mbak Tuteh :)

    ReplyDelete
  5. Mami vi3 : hihihi mamiii kalo nggak diajarin sama mami waktu itu, waduh, entah jadi apa saya sekarang *halah* wkwkwkwkw ;))

    Nike : iya, sist... nggak nyangka dunia ini sempiiittttt :p

    ReplyDelete
  6. eh, serius soal pelatihan di ende itu. aku benar2 mikir kalo kamu masih di maumere. kalo saja tau kamu di ende, pasti waktu itu kontak.

    btw, ntar kamu lanjutin ya dampingin mereka. cuma lokasinya jauh-jauh. :D

    ReplyDelete
  7. Berkat dari ngeblog nya banyak banget mba, keren ih jadi terinspirasi saya sama 2teh :)

    ReplyDelete

 

2read






Tuteh's bookshelf: read


Negeri 5 MenaraSamanMadreTitaniumSupernova: Ksatria, Puteri, dan Bintang JatuhThe Lost Symbol

More of Tuteh's books »



kontraktor pameranNamira Consulting Jasa Psikotes Tes Psikologi

2teh

Ende - Flores | tuteh.pharmantara@gmail.com |
ym: tutehpharmantara
Twitter : @tuteh | FB : Tuteh Pharmantara

Rolling Fairy yang suka nyebarin VIRUS BLOG. Senangnya JALAN-JALAN ke mana saja, apalagi dibayar :p Masih suka MOTRET ASAL-ASALAN dan pastinya teteup suka DIPOTRET!


flobamorataBlogFam CommunityInternet Sehat Jump To Top