Sekolah Alam Kober AMI

"...masa emas mereka adalah saat masih anak-anak..."

Kalimat di atas merupakan kutipan yang terekam oleh saya saat Ibu Siti Halimah Sa'adiah, Kepala Sekolah; Sekolah Alam Kober AMI (kelompok bermain Air Mata Ibu), menyampaikan kata sambutan saat Wisuda angkatan ke-7. AMI sendiri merupakan singkatan dari Air Mata Ibu; nama yang penuh filosofi dan sejarah haru-biru.

Di Ende ada begitu banyak kober (kelompok bermain) atau istilah kerennya playgroup. Istilah lainnya adalah PAUD; Pendidikan Anak Usia Dini. Yang mereka pelajari ya so so lah dengan TK. Kober AMI sudah ada sejak 7 tahun yang lalu. Wisudawan/wati pertamanya sekarang sudah tamat SD. Tahun 2010 Kober AMI memulai sistem pembelajaran yang baru yaitu Sekolah Alam. Tahun 2011 Kober AMI meresmikan Sekolah Alam-nya, diresmikan oleh Wakil Bupati Ende yaitu Bapak Drs. H. Achmad Mochdar. Saat peresmian Sekolah Alam Kober AMI, untuk pertama kalinya saya ngemsi TANPA ALAS KAKI alias nyeker wkwkwkwk ;)) maklum, karpet yang mengalasi tempat pertunjukan anak AMI dipakai juga buat guling-gulingan sama mereka. Aduuhhhh nggak tega banget kalo mesti diinjek pake sepatu haha.

Sekolah Alam Kober AMI, sesuai dengan namanya, mengajak anak-anak untuk kembali ke alam. Belajar di pantai, gunung, kebun, jalan... bahkan pernah anak AMI keliling kota naik mobil patroli Polisi! Keren banget kan? Saya jadi tertantang untuk punya anak nih *lho?* xixixixixi ;))Menurut saya sistem belajar seperti ini lebih nyata. Anak-anak langsung melihat ranting itu seperti apa, memilah jenis bebatuan, mengenal pasir, mengenal tumbuhan dan nama-namanya. Aaaaarrggghhh keren sangat oih!

"Blek, anak gue besok gue sekolahin di sini dah!" celetuk saya ke Armando :p ha ha ha ha.

Apapun kegiatan Sekolah Alam Kober AMI akan selalu saya dukung. Saya suka sekolah ini, suka filosofi nama AMI-nya. Meskipun Abah (almarhum), yang memberikan nama AMI ini, sudah tiada (Abah, semoga Allah SWT membalas semua kebaikanmu) tekadnya untuk dunia pendidikan tidak akan pernah pudar. Saya akan membuat postingan khusus untuk Abah. Untuk semua jasa-jasanya di dunia pendidikan!

Okay temans, met kerja! :D


Wassalam

4 comments:

  1. wah comentt pertama nih,,,

    emz postingan'y sangt menarik nih,,
    mkzh ya bwt info'y,,,

    ReplyDelete
  2. emz bgtu ya,,
    semoga sekolah'y mkin skss dan murid" y jg mkin rajin...

    ReplyDelete
  3. Iya ka, sekolah alam bagus bgt ka konsepnya. harus dari kecil memang konsep ini:)

    Sukses mba buat AMInya,:)

    ReplyDelete
  4. Mantaplah bisa berbagi di AMI. salam sukses dan peduli sesama.

    ReplyDelete

 

2read






Tuteh's bookshelf: read


Negeri 5 MenaraSamanMadreTitaniumSupernova: Ksatria, Puteri, dan Bintang JatuhThe Lost Symbol

More of Tuteh's books »



kontraktor pameranNamira Consulting Jasa Psikotes Tes Psikologi

2teh

Ende - Flores | tuteh.pharmantara@gmail.com |
ym: tutehpharmantara
Twitter : @tuteh | FB : Tuteh Pharmantara

Rolling Fairy yang suka nyebarin VIRUS BLOG. Senangnya JALAN-JALAN ke mana saja, apalagi dibayar :p Masih suka MOTRET ASAL-ASALAN dan pastinya teteup suka DIPOTRET!


flobamorataBlogFam CommunityInternet Sehat Jump To Top